Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Olahraga di Pagi Hari Bagi Kesehatan Fisik

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat olahraga di pagi hari yang bermanfaat untuk tubuh.

Saat memilih waktu yang tepat untuk olahraga, yang terbaik adalah waktu yang dapat kamu lakukan secara konsisten. Waktu yang tepat bagi setiap orang bisa saja berbeda, tergantung pada aktivitas, gaya hidup dan kapasitas tubuh. Meskipun tidak ada jawaban yang cocok untuk setiap orang, olahraga di pagi hari sangat cocok karena manfaatnya yang banyak. Selain udara yang masih segar, ada manfaat olahraga di pagi hari lainnya seperti berikut ini:

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkatkan Suasana Hati


Saat olahraga pagi kamu dapat menikmati udara segar dan pemandangan di sekitar lingkungan rumah kamu dengan jelas. Hasilnya, kamu bisa lebih merasa terinspirasi dan semangat dalam memulai aktivitas selanjutnya. Selain itu, melakukan olahraga di pagi hari juga dapat menunjang produksi endorfin atau hormon yang mendukung timbulnya perasaan bahagia. Hal inilah yang membuat kamu akan merasa lebih optimis dan bebas dari stres.

2. Menambah Energi


Olahraga teratur sangatlah baik untuk meningkatkan energi tubuh kamu dalam melakukan aktivitas. Saat berolahraga oksigen dan nutrisi akan mengalir menuju paru-paru yang bermanfaat bagi kesehatan sistem kardiovaskular, ketahanan dan stamina. Oleh sebabnya, manfaat olahraga di pagi hari dianggap ampuh dalam memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas keseharian kamu.

3. Mengontrol Nafsu Makan


Apakah kamu sedang menjaga atau menurunkan berat badan untuk kepentingan kesehatan? Jika iya, maka sering berolahraga di pagi hari bisa menurunkan berat badan dan dapat membantu mengontrol nafsu makan yang terkendali sepanjang hari. Ini terjadi karena berkurangnya hormon ghrelin dalam tubuh sebagai penyebab nafsu makan yang meningkat. Maka dari itu, jika memang kamu sedang menjalankan program diet, berolahraga akan sangat dianjurkan untuk kamu lakukan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur


Apabila kamu sering mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mulai membiasakan olahraga di pagi hari secara rutin. Energi yang kamu miliki akan sedikit terkuras melalui olahraga di pagi dan jika ditambah dengan aktivitas lainnya, tentu tubuh tidak bisa menolak kesempatan untuk tidur nyenyak saat malam harinya.

banner consideration promotion bg blue

Hasil Studi 2014 di Kesehatan Vaskular dan Manajemen Risiko menemukan, bahwa orang dewasa tidur lebih nyenyak pada hari-hari mereka berolahraga pada jam 7 pagi. Setelah olahraga pagi, para peserta akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur nyenyak dan mengalami lebih sedikit waktu terbangun di malam hari. Mereka juga membutuhkan lebih sedikit waktu untuk bisa tertidur nyenyak dan paparan cahaya di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kadar melatonin di malam hari.

5. Meningkatkan Fokus


Olahraga pagi juga dapat mendorong produksi hormon kortisol. Hormon ini bermanfaat untuk membuat kita terjaga dan juga meningkatkan fokus. Umumnya, hormon kortisol ini akan meningkat di pagi hari, terutama sekitar jam 8 pagi. Jika tubuh kamu terlalu berlebihan atau kekurangan, hormon kortisol akan berdampak buruk bagi kesehatan.Namun jika kadarnya normal, hormon kortisol akan membantu meningkatkan kewaspadaan kamu.

Nah, pada saat kewaspadaan meningkat, tentunya pikiran akan lebih fokus ketika melakukan olahraga di pagi hari. Fokus sendiri adalah salah satu kunci penting dalam berolahraga karena bisa menjaga konsistensi kamu.

6. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah


Olahraga di pagi hari dapat menjaga kesehatan organ jantung secara menyeluruh. Hal ini membuat sirkulasi darah berjalan lancar, elastisitas pembuluh darah terjaga dan tekanan darah lebih normal. Maka rutinlah melakukan olahraga pagi agar kestabilan darah tetap terjaga.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat olahraga di pagi hari bagi kesehatan fisik yang bisa kamu rasakan. Karena banyak sekali manfaat ini, maka akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk berolahraga di pagi hari sebelum menjalankan aktivitas. Yuk, olahraga dengan rutin dan jalani hidup yang sehat dan bugar!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.