Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 6 Manfaat Sukun Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
10 May 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat Sukun

Buah sukun jika dilihat sekilas mirip buah nangka dengan daging buah berwarna putih yang empuk dan manis. Secara biologis, buah ini masih berkerabat dengan buah ara dan murbei. Sukun banyak digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam menu dan berbagai cara, mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang hingga dibuat menjadi keripik, kolak dan lainnya. Meski begitu manfaat sukun juga banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja? Berikut manfaatnya:


banner consideration shipping bg blue

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat sukun untuk menurunkan berat badan

Sukun mengandung kalori baik bagi tubuh yang bermanfaat bagi Anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan. Manfaat sukun dapat menurunkan berat badan secara alami karena mengandung rendah lemak dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Anda bisa konsumsi sukun dengan cara dikukus dan  dipanggang supaya hasilnya lebih efektif untuk menurunkan berat badan, bukan digoreng.


2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

manfaat sukun untuk menjaga sistem pencernaan

Buah sukun mengandung serat cukup tinggi dan tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. Teksturnya yang lembut seperti umbi-umbian, membuat buah sukun baik bagi kesehatan sistem pencernaan lambung dan usus halus Anda. Kandungan vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada sukun sangat efektif untuk membantu meredakan radang lambung.


Selain itu, kandungan seratnya juga mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam pada lambung. Tekstur lembut buah sukun tentu akan membantu menurunkan risiko terjadinya radang lambung dan kandungan anti-radangnya juga bisa mengurangi rasa sakit serta peradangan lambung.


3. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

manfaat sukun untuk menjaga tulang gigi

Kandungan asam lemak omega dalam sukun bermanfaat untuk jantung, otak dan bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang. Sedangkan kandungan kalsium, magnesium, dan kaya mineralnya bermanfaat untuk mensintesis jaringan tulang baru. Selain itu, sukun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi Anda karena kandungan kalsium dan magnesium. 


banner consideration promotion bg blue

4. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat sukun untuk mencegah penyakit jantung

Sukun merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit keras, seperti serangan jantung, jantung koroner dan kardiovaskular. Sukun juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dengan menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan. Selain itu, kalium dalam buah sukun juga berperan sebagai elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung sehingga dapat mencegah Anda dari serangan jantung.


5. Mencegah Diabetes

manfaat sukun untuk mencegah diabetes

Mengkonsumsi sukun secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi bagi Anda pengidap diabetes. Sukun akan membantu tubuh dalam penyerapan glukosa dan kandungan senyawa alami yang berperan dalam memproduksi insulin dapat mengendalikan diabetes. Daging sukun yang dikukus sangat baik dalam meregulasi kadar gula darah dalam tubuh untuk membantu sekresi dan fungsi insulin. 


6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

manfaat sukun untuk mencegah pertumbuhan sel kanker

Sukun mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini menunjukkan klaim bahwa sukun bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian klinis lebih lanjut untuk memastikannya.


Tambahkan buah sukun pada menu sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Hal ini karena konsumsi sukun secara berlebihan dapat meningkatkan risiko  perdarahan dan tekanan darah rendah, apalagi bagi Anda yang sedang menggunakan obat antihipertensi. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah manfaat sukun untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya. Dengan berbagai manfaat tersebut, mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi sukun lagi ya Lemonizen! 


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.