Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 6 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
19 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh.

Vitamin B1 dikenal juga sebagai tiamin yang merupakan nutrisi bagi tubuh untuk mengolah karbohidrat yang dikonsumsi dari makanan menjadi energi untuk beraktivitas. Manfaat vitamin B1 adalah untuk pendamping asupan karbohidrat supaya karbohidrat tidak tertimbun, yang kemudian diubah menjadi energi bagi tubuh. Perannya yang sangat penting inilah membuat vitamin B1 harus Anda konsumsi sebagai penunjang kekuatan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, banyak manfaat lainnya B1 yang bisa Anda dapatkan. Berikut ulasan manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatur Nafsu Makan


Vitamin B1 bermanfaat dalam membantu mengatur nafsu makan. Vitamin ini berfungsi dengan neurotransmitter di otak untuk memberitahu tubuh Anda ketika sedang lapar.

Selain itu, fungsi vitamin B1 juga dapat membuat tubuh Anda tahu kapan waktunya kenyang selama makan sehingga dapat mencegah makan berlebihan.

2. Metabolisme Energi


Vitamin B bekerjasama dengan vitamin lainnya untuk melepaskan energi dari lemak, protein, dan karbohidrat pada makanan yang sudah Anda konsumsi. Tubuh akan menggunakan energi ini untuk menjalankan berbagai fungsi dasar organ tubuh, seperti pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah.

Salah satu fungsi vitamin B1 adalah memetabolisme dan melepaskan energi dari karbohidrat sehingga mengkonsumsi vitamin B1 sebagai menu diet dapat bermanfaat dalam mendapatkan energi yang dibutuhkan dari makanan yang Anda makan.

3. Melindungi Tubuh Dari Infeksi


Selaput lendir membantu melindungi tubuh Anda dari masuknya benda asing yang dapat menyebabkan infeksi. Selaput ini melapisi bagian dalam rongga hidung, paru-paru dan kelopak mata Anda.

Nah, salah satu manfaatnya untuk menjaga selaput lendir Anda tetap sehat dengan memberi nutrisi untuk membangun sel yang baru. Hal inilah yang menjadikan kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan selaput lendir rusak dan mengering. Tubuh Anda mungkin tidak bisa membuat selaput lendir baru jika tubuh Anda kekurangan kadar vitamin B1.

4. Membantu Mengurangi Stres


Dr. Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center, AS mengatakan bahwa asupan vitamin B1 mungkin bisa membantu mengendalikan mood dan gangguan fisik akibat stres yang berlebih.

banner consideration promotion bg blue

Oleh karena itu, tiamin sering disebut sebagai vitamin anti stres. Asupan vitamin B1 yang cukup dalam tubuh, membuat orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

5. Menurunkan Risiko Katarak


Beberapa penelitian terdahulu telah menunjukkan, bahwa tercukupi vitamin B1 dibarengi zat gizi lainnya bisa menurunkan risiko mata katarak. Orang yang banyak mengonsumsi protein, vitamin A, B1, B2, dan B3 juga memiliki tingkat risiko terkena katarak yang lebih rendah.

Para ahli mengatakan, bahwa asupan vitamin C, E, dan B kompleks yang cukup dalam tubuh dapat melindungi lensa mata dari kemungkinan mengalami katarak. Sedangkan bagi penderita katarak, lensa memang merupakan bagian mata yang paling terdampak.

6. Memelihara Koordinasi Otot


Tanpa adanya kontraksi dan relaksasi otot yang tepat, Anda tidak akan dapat melakukan gerakan apa pun. Salah satu manfaat vitamin B1 adalah untuk memastikan bahwa otot tubuh Anda dapat terus-menerus menerima sinyal untuk berkontraksi dan rileks sehingga memungkinkannya untuk bergerak dengan bebas. Hal inilah yang menjadikan vitamin B1 bermanfaat memelihara koordinasi otot tubuh Anda.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 6 manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh Anda yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.