Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Harus Terpenuhi

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Asupan gizi ibu hamil wajib dikonsumsi agar ibu dan bayi sehat.

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami kendala untuk memenuhi asupan nutrisi janinnya. Alasannya beragam, mulai dari tubuh yang terus menolak makanan karena munculnya rasa mual, terlalu sibuk bekerja, kurangnya informasi, dan sebagainya. Padahal, asupan gizi ibu hamil harus senantiasa dipenuhi dengan optimal. Tujuannya agar kesehatan ibu dan janin terjaga. Lantas apa saja asupan gizi tersebut? Berikut ulasannya:

banner consideration shipping bg blue

1. Makanan yang Kaya Asam Folat


Asam folat dibutuhkan ibu hamil untuk pembentukan sel otak. Makanan ataupun suplemen yang kaya dengan asam folat sangat penting untuk ibu hamil. Tujuannya agar kecerdasan janin dalam kandungan terjaga. Hasil penelitian dari Journal of American Medical Association menemukan, Ibu yang mengkonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Selain itu, asam folat juga bisa mencegah keguguran, anemia, dan menurunkan risiko preeklamsia. Kamu bisa menemukan asam folat pada sayuran brokoli, bayam, dan kubis, alpukat, pepaya, jeruk, kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

2. Lemak Baik


Lemak tidak selamanya jahat, asupan gizi ini dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan. Namun, tidak ada batas minimal lemak yang harus dikonsumsi tiap harinya. Meski begitu, jangan mengonsumsi lemak secara berlebihan. Selain itu, pastikan sumber lemak yang dipilih sehat, seperti lemak nabati dari biji-bijian, kacang-kacangan dan alpukat.

3. Mengandung Zat Besi


Zat besi merupakan asupan gizi ibu hamil yang tidak boleh terlewatkan. Makanan yang mengandung zat besi bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia sendiri bisa memicu berbagai masalah bagi janin, salah satunya kelahiran prematur.

Selain itu, zat besi juga bermanfaat sebagai pembawa darah yang kaya akan oksigen pada bayi di dalam kandungan. Ketika bayi kekurangan zat besi, bisa berdampak negatif pada IQ anak kelak karena zat besi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

banner consideration promotion bg blue

4. Kalsium


Asupan gizi yang satu ini berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, perkembangan saraf dan otot janin, mengurangi risiko hipertensi dan preeklamsia. Untuk memenuhi asupan kalsium per hari, ibu hamil harus minum tiga gelas susu kedelai atau yoghurt rendah lemak juga bisa menjadi pilihan alternatif. Pada satu cangkir yoghurt mengandung lebih banyak kadar kalsium daripada segelas susu.

5. Asupan Serat


Serat penting bagi ibu hamil untuk membantu mengontrol kenaikan berat badan dan mencegah terjadinya preeklamsia. Menurut para peneliti di American Diabetes Association, serat juga bisa membantu untuk menurunkan risiko terkenanya diabetes gestasional. Manfaat serat bukan hanya merangsang perkembangan janin, namun juga bisa membantu mencegah bumil mengalami masalah buang air besar.

6. Protein


Protein memegang peranan penting bagi ibu hamil. Protein dapat membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan. Bukan cuma itu, protein juga bisa membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah mengalami sakit.

7. Susu atau Produk Olahan Susu


Susu atau produk olahannya mengandung  beragam asupan gizi yang dibutuhkan ibu di trimester pertama kehamilan, diantaranya protein, vitamin D, iodium asam folat dan kalsium. Pada trimester pertama, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi produk olahan susu yang kaya kalsium karena baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan tulang janin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah asupan gizi ibu hamil yang harus terpenuhi agar ibu dan bayi selalu dalam kondisi sehat. Jadi, jangan pernah abaikan berbagai makanan ini agar kesehatan ibu dan janin senantiasa terjaga ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.