Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahui 7 Cara Meningkatkan Kecerdasaan Emosionalmu

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara meningkatkan kecerdasan emosional sangat mudah dilakukan.

Emotional quotient (EQ) atau kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengelola, memahami, dan menggunakan emosi dengan cara yang positif. Cara meningkatkan kecerdasan emosional sangat penting diketahui. Supaya kamu bisa mengendalikan emosi dan perasaanmu.


Kecerdasan emosional sangat penting dimiliki setiap orang untuk menjalin hubungan dengan orang lain dalam situasi apapun. Termasuk rasa empati dan kemampuan mengatasi konflik yang dialami. Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara meningkatkan kecerdasaan emosional dalam diri sendiri.


Dengan meningkatnya kecerdasan emosional akan membantu kamu memanfaatkan kecerdasan intelektual yang dimiliki dengan baik dan lebih bijak. Untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada diri kamu, sebaiknya lakukan cara berikut ini:

1. Kurangi Perasaan Negatif


Agar kamu mampu mengubah perasaan negatif dalam suatu situasi. Kamu harus mengubah cara berpikir tentang hal-hal tersebut. Contohnya dengan tidak mudah berprasangka buruk terhadap orang lain. Anggap saja ada maksud positif tertentu di balik tindakan atau perilaku mereka.

2. Menjadi Pribadi yang Lebih Tenang saat Sedang Stres


Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam kesehariannya. Kebanyakan orang merasa tidak tenang saat mengalami kondisi tersebut. Ketika dalam situasi yang banyak tekanan, hal terpenting yang harus selalu diingat yaitu membuat diri tetap dalam keadaan tenang. Untuk membuat diri menjadi lebih tenang, kamu bisa melakukan hal-hal positif lain untuk mengurangi stres. Seperti berolahraga, memasak, berkebun, membaca dan lain-lain.

3. Berlatih Mengekspresikan Perasaan yang Sulit Dilakukan


Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari diperlukan tindakan untuk membuat batasan dengan seseorang. Sehingga orang lain bisa tahu posisi atau kondisi kamu saat itu. Hal tersebut mencakup:

  • Melatih diri untuk memiliki pendapat tersendiri dan tidak terpengaruh orang lain tanpa harus berkata atau bersikap kasar.
  • Katakan ‘tidak' saat menolak sesuatu tanpa merasa bersalah.
  • Prioritaskan diri sendiri terlebih dulu sebelum orang lain.
  • Berusaha untuk mendapatkan hak yang pantas kamu dapatkan.
  • Melindungi diri dari tekanan dan gangguan dari orang lain.

4. Mulailah Bersikap Proaktif Bukan Reaktif saat Ada yang Menyulut Emosi


Semua orang pasti sering berhadapan dengan orang yang memiliki kepribadian yang menyebalkan. Kamu pasti pernah atau sedang berada di lingkungan yang berisi orang-orang seperti ini. Orang-orang seperti ini akan merusak dan mempengaruhi kehidupanmu.


Dalam menghadapi orang-orang seperti ini, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dulu. Terutama saat kamu merasa sangat marah. Selain menenangkan diri cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang tersebut.

5. Mulai Berusaha Kuat dan Bangkit dari Kesulitan


Dalam menjalani hidup tidak serta merta selalu berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Ada kalanya setiap orang menghadapi kesulitan dan keterpurukan. Jangan jadikan suatu kesulitan membuat kamu merasa putus asa dan kehilangan harapan. Ambil hikmah dan pembelajaran dari setiap kesulitan yang dihadapi. Tidak ada orang sukses yang mendapatkannya dengan mudah. Perlu perjalanan panjang dan selalu tegar menghadapi keterpurukan.

6. Berlatih Berkomunikasi dengan Baik


Dalam berkomunikasi tidak hanya dilakukan melalui obrolan saja. Tapi kamu juga bisa berkomunikasi dengan memahami orang lain melalui bahasa tubuh dan ekspresi wajahnya. Untuk itu kamu harus belajar memahami ekspresi dan bahasa tubuh seseorang.

7. Mulai Mencoba Berpikir Terbuka


Cara meningkatkan kecerdasan emosional yang terakhir yaitu dengan mulai mencoba berpikir lebih terbuka. Latihan diri untuk bisa menerima kritikan dan saran dari orang lain. Terkadang beberapa orang seringkali merasa tidak terima dan cenderung tertutup dengan kritikan dan saran dari orang lain. Orang seperti itu memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan merasa apa yang dilakukan selalu benar.

Itulah 7 cara meningkatkan kecerdasan emosional yang bisa mulai diterapkan pada diri sendiri. Mengingat betapa pentingnya kecerdasan emosional agar menjadi pribadi yang lebih bijak dalam menghadapi berbagai situasi, semoga tips ini bisa membantu kamu ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.