Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan berbagai manfaat akar alang-alang.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tumbuhan alang-alang, kan? Tanaman ini termasuk tumbuhan liar dan sangat mudah ditemui karena bisa tumbuh di mana pun. Namun, tahukah kamu apa saja manfaat akar alang-alang untuk kesehatan? Sebagai obat tradisional, akar alang-alang memang sudah lama diketahui manfaatnya. Tak hanya itu, pengolahannya pun kini sudah banyak dilakukan, salah satunya dalam bentuk kapsul yang sudah banyak beredar di pasaran.


Adapun kandungan senyawa akar alang-alang yang berperan untuk kesehatan adalah sakharosa, asam sitrat, cylindrin, malic acid, coixol, arundoin, damar, simiarenol, fernenol, dan mannitol. Cara mengonsumsi akar alang-alang pun sangat mudah, yaitu dengan merebus akar lalu air rebusannya diminum. Nah, sebelum kamu minum air rebusan akar alang-alang, sebaiknya ketahui dulu apa saja manfaatnya. Simak di bawah ini.

1. Mengatasi Kencing Nanah


Kencing nanah termasuk gejala penyakit yang sangat serius. Untuk itu, perlu diatasi dengan cepat yaitu menggunakan akar alang-alang. Cara penyajiannya adalah potong kecil-kecil 300 gram akar alang-alang lalu rebus dan campurkan dengan gula batu. Diamkan 2-3 menit dan minum. Kamu bisa mengonsumsi 2-3 kali sehari dengan rutin agar kencing nanah hilang.

2. Membantu Mengatasi Kencing Darah


Banyak penyebab terjadinya kencing darah biasanya karena pendarahan dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyiapkan akar alang-alang kering kemudian direbus, tambahkan tiga irisan tang kwe (manisan labu putih) hingga mendidih. Minum air tersebut secara rutin dua kali sehari hingga kencing darah hilang.

3. Radang Hati


Beberapa penyakit radang seperti radang hati ternyata juga bisa disembuhkan dengan akar alang-alang. Dengan meminum air rebusan akar alang-alang secara rutin, maka penyakit tersebut bisa diatasi.

4. Hipertensi


Berbagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi banyak direkomendasikan, salah satunya adalah menggunakan akar alang-alang. Cara membuatnya pun sangat sederhana, rebus akar alang-alang secukupnya kemudian minum air rebusan secara rutin. Selain minum air akar alang-alang ini, untuk penderita hipertensi penting juga menghindari makanan yang bisa mengakibatkan hipertensi.

5. Obat Panas Dalam


Akar alang-alang juga banyak digunakan sebagai komposisi utama dalam meredakan panas dalam. Cara pembuatannya sedikit berbeda dengan sebelumnya, setelah dikeringkan haluskan akar alang-alang hingga menjadi bubuk. Setelah itu, kamu mengonsumsinya dengan mencampur gula ataupun madu.

6. Sebagai Obat Keputihan


Untuk para perempuan yang sering mengalami keputihan, kini bisa diselesaikan dengan akar alang-alang. Untuk membuat ramuan obat keputihan, kamu perlu menambahkan bahan alami lainnya, seperti daun pepaya dan pulasari. Kemudian rebus bersamaan dengan akar alang-alang hingga mendidih. Saring ramuan tersebut lalu minumlah rutin dua kali sehari yaitu saat siang dan malam hari.

7. Obat Asma


Khasiat lainnya adalah sebagai obat asma. Sama seperti sebelumnya untuk pembuatan ramuan obat asma juga menambahkan bahan-bahan alami. Caranya adalah 100 gram akar alang-alang, 50 gram kencur, dan 50 gram sirih direbus. Lalu saring ramuan tersebut. Sajikan ke dalam cangkir dan air ramuan siap diminum.


Kamu disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin serta teratur supaya asma cepat terobati. Untuk memaksimalkan pengobatan, kamu bisa membaca apa saja pantangan seorang penderita asma.


Itulah manfaat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk mengikuti cara pembuatan akar alang-alang sesuai penyakit yang diderita. Namun, untuk masalah penyakit yang lebih serius sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.