Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 7 Manfaat Bermain Basket yang Harus Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat bermain basket yang wajib diketahui

Olahraga yang satu ini memang menjadi kegemaran banyak orang, sehingga tak ada salahnya untuk mengetahui manfaat bermain basket. Salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola sebagai alatnya ini dapat dimainkan oleh setiap orang dari berbagai kelompok usia. Tidak hanya fisik, orang yang melakukan olahraga ini juga bisa mendapatkan manfaat secara mental.

banner consideration shipping bg blue

7 Manfaat Bermain Basket yang Perlu Diketahui


Basket melibatkan koordinasi yang baik antara otak dan gerak tubuh. Selain itu, olahraga ini menuntut adanya refleks dan kekuatan yang optimal. Ada kalanya pemain harus melakukan beberapa gerakan mendadak yang penuh perhitungan untuk memasukkan bola ke dalam ring. Itulah sebabnya, bermain bola basket memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini.

1. Tubuh Menjadi Lebih Stabil Dan Memiliki Koordinasi Bagus

Pemain basket perlu memiliki refleks yang cepat. Tujuannya agar mampu merebut maupun mempertahankan bola dari lawan. Jadi, terkadang pemain harus dapat mengubah arah atau berhenti mendadak. Hal ini memerlukan koordinasi tubuh yang baik. Itulah sebabnya, dengan melakukan olahraga ini, secara tidak langsung, bermanfaat dalam melatih koordinasi tubuh.

2. Membakar Kalori Lebih Cepat

Olahraga ini sangat bermanfaat dalam membakar kalori lebih cepat. Hal ini disebabkan gerakan yang dilakukan saat memainkannya memiliki intensitas tinggi. Pemain akan melakukan lari, melompat, dan gerakan tangan untuk mendribel bola. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan cepat, sehingga memicu pembakaran kalori.

3. Melatih Otot Menjadi Lebih Kuat

Manfaat lain dari olahraga ini adalah membuat otot menjadi lebih terlatih. Gerakan cepat dan mendadak membuat otot harus bekerja keras. Pada akhirnya, otot menjadi lebih kuat, sekaligus lentur. Selain itu, sebuah hasil studi menyatakan bahwa pemain basket memiliki tulang yang lebih kuat dan padat.
banner consideration promotion bg blue

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jika ingin memiliki jantung yang sehat, olahraga basket ini bisa menjadi pilihan. Pembakaran kalori yang lebih cepat saat melakukannya mencegah lemak mengendap pada pembuluh darah, sehingga jantung menjadi lebih sehat. Selain itu, gerakan dengan intensitas tinggi pada olahraga ini memacu jantung untuk berdetak lebih cepat. Ini merupakan latihan yang baik bagi jantung.

5. Mengoptimalkan Pertumbuhan

Melakukan olahraga basket secara rutin sedari kecil dapat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan. Hal ini disebabkan seringnya pemain basket melakukan gerakan melompat dan meraih bola yang melambung di atasnya. Gerakan ini memicu pertumbuhan badan menjadi lebih cepat. Itulah sebabnya, kebanyakan atlet basket bertubuh tinggi.

6. Melatih Kemampuan Kerjasama Dan Mengambil Keputusan

Olahraga ini dilakukan dalam sebuah tim. Oleh sebab itu, pemain dituntut untuk dapat melakukan kerjasama dengan anggota tim lain. Ini membuat masing-masing pemain terlatih dalam disiplin dan kemampuan menekan ego. Selain itu, tempo permainan yang cukup cepat membuat pemain menjadi terlatih mengambil keputusan spontan.

Olahraga ini menuntut orang yang memainkannya dapat memutuskan waktu untuk mengoper bola dan kapan harus berhenti mendadak, kemudian mengubah arah demi menghindari lawan. Pada akhirnya, pemain pun terlatih dalam menilai situasi yang dihadapi, kemudian bereaksi dengan cepat di kehidupan sehari-hari.

7. Melatih Kemampuan Otak

Basket memerlukan strategi dalam melakukan pola permainan agar dapat mencetak skor. Pemain dituntut untuk mampu memahami, menjalankan, dan menyiapkan alternatif strategi bertahan dan menyerang dengan berkoordinasi bersama anggota tim. Hal ini bermanfaat dalam melatih otak kanan agar lebih aktif.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Penjelasan di atas merupakan tujuh manfaat bermain basket yang bisa didapat ketika melakukannya secara rutin. Melihat manfaatnya yang tinggi, baik secara fisik maupun mental, tak ada salahnya mengarahkan anak untuk melakukan olahraga ini sedari kecil. Tujuannya agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.