Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Manfaat Daun Gambir untuk Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat daun gambir sangat penting untuk kesehatan tubuh setiap hari.

Gambir adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bagian tumbuhan gambir yang sering digunakan adalah daun. Manfaat daun gambir ini cukup banyak karena dalam daun gambir terdapat antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan ada sifat antibakteri juga di dalamnya. Manfaat daun gambir juga bisa untuk meningkatkan stamina. Untuk tahu lebih jauh lagi manfaat daun gambir, berikut ini penjelasannya:

1. Mengatasi Plak Gigi


Plak gigi adalah masalah yang cukup serius. Adanya plak gigi biasanya disebabkan oleh bakteri. Dalam daun gambir ada kandungan tanin yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengatasi plak gigi.


Plak gigi bisa dihilangkan secara bertahap dengan kandungan tanin dalam daun gambir. Caranya adalah dengan menggosok gigi dengan daun tersebut secara rutin sehari satu kali sebelum tidur.

2. Mengatasi Penyakit Lambung


Manfaat daun gambir selanjutnya adalah mengobati sakit lambung. Ini adalah salah satu cara tradisional yang bisa membantu meredakan sakit lambung. Caranya cukup sederhana, campur ekstrak daun gambir dengan madu lalu aduk dengan air hangat. Minum racikan tersebut 2 kali sehari, perlahan sakit lambung akan sembuh dan hilang.

3. Mengobati Diare


Tak hanya mengatasi sakit lambung, ekstrak daun gambir juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan khususnya diare. Diare adalah kondisi yang tidak bisa diremehkan. Jika dibiarkan diare bisa membuat tubuh jadi dehidrasi dan kehilangan banyak nutrisi. Baiknya segera obati diare yang salah satunya dengan cara mengonsumsi ekstrak daun gambir. Kandungan dalam ekstrak daun gambir ini bisa membasmi bakteri penyebab diare.

4. Mengobati Luka


Daun gambir juga bisa mempercepat penyembuhan luka di permukaan kulit. Daun gambir yang kaya akan antibakteri membuat luka cepat sembuh dan  mengering. Bisa menggunakan daunnya langsung atau memanfaatkan ekstrak daunnya. Langsung aplikasikan pada luka dan tunggu beberapa saat. Jika luka agak dalam, bisa diulangi sampai luka betul-betul kering. Namun, jangan lupa untuk membersihkan luka terlebih dahulu dan setelah daun gambir mengering juga harus segera dibilas bersih dengan air.

5. Mencegah Kanker Kulit


Ekstrak daun gambir sudah banyak diteliti dan hasilnya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker kulit. Dalam daun gambir ada kandungan katekin yang berperan penting untuk mencegah perkembangan sel kanker kulit. Tak heran jika banyak produk kecantikan seperti tabir surya yang menyertakan daun gambir sebagai salah satu komposisinya.


Hal ini juga sejalan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecules (MDPI) dan jurnal PubMed.gov. Disebutkan bahwa kandungan katekin ini sangat bagus dalam menjaga kulit dari paparan sinar UV.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Sistem imun bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan tinggi zat antioksidan. Daun gambir adalah salah satu sumber zat antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan.


Ekstrak daun gambir bisa dijadikan salah satu ramuan untuk bisa mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Mikroorganisme yang menjadi sumber penyakit tidak akan mudah masuk dan bersarang di dalam tubuh, sehingga tubuh pun lebih sehat.

7. Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti. Menjaga kesehatan jantung memang harus dilakukan sejak dini. Daun gambir bisa membantu siapa saja yang ingin menjaga kesehatan organ vital ini.


Hal ini tercantum dalam jurnal Molecules (MDPI) yang menyebutkan bahwa gambir bisa mencegah berbagai penyakit penyebab sakit jantung seperti obesitas dan kolesterol. Tak hanya itu karena tingginya kandungan vitamin C, gambir juga bagus untuk kecantikan karena bisa membuat tubuh memproduksi kolagen dengan maksimal.


Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapat dari daun gambir. Banyak manfaat daun gambir yang bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Meski bermanfaat, sebaiknya kamu tetap berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan gambir sebagai obat untuk penyakit tertentu. Dengan begitu, bisa kamu dapat pengobatan alami namun tetap sesuai anjuran medis.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.