Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat gandum sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Gandum merupakan makanan pokok yang sering dijadikan sebagai bahan tepung, roti, pasta, dan olahan lainnya. Meskipun bukan termasuk makanan pokok utama yang digunakan orang Indonesia, gandum masih sering dikonsumsi oleh masyarakat kita. Selain rasanya yang enak, alasannya karena manfaat gandum bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mengurangi Peradangan


Peradangan merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit kronis yang diderita tubuh. Manfaat gandum dapat membantu mengurangi peradangan tersebut.

Hasil penelitian menemukan, bahwa seseorang yang mengonsumsi gandum utuh secara rutin hampir tidak pernah meninggal karena penyakit kronis. Orang yang mengganti pola makan tidak sehat dengan mengonsumsi gandum utuh juga mengatakan tanda-tanda peradangan pada tubuh mereka berkurang.

2. Mencegah Kanker Usus Besar


Hasil penelitian memperkirakan bahwa orang yang memiliki pola makan rendah serat, memiliki risiko terkena kanker usus besar. Biji gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga memiliki potensi untuk menurunkan risiko terkenanya kanker ini.

Bahkan, penelitian lainnya juga menemukan, bahwa konsumsi makanan yang mengandung gandum tinggi, terutama roti gandum hitam (rye), dapat mengurangi resiko terkenanya kanker usus besar.

Selain kandungan akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, biji gandum juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Mencegah Batu Empedu


Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat tidak larut, seperti roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh, dapat membantu mencegah terkena penyakit batu empedu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya akan serat tidak larut memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena batu empedu.

Hal ini karena serat yang tidak larut dapat mempercepat waktu pergerakan makanan melalui usus dan mengatasi terjadinya sekresi asam empedu berlebihan yang dapat memicu pembentukan batu empedu, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan lemak darah atau trigliserida.

4. Menurunkan Kolesterol


Biji-bijian utuh, termasuk biji gandum dapat membantu menyerap kolesterol jahat dan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuhmu yang memiliki keterkaitan erat dengan penyakit jantung.

banner consideration promotion bg blue

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa wanita yang makan sekitar tiga porsi biji gandum setiap harinya, dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung sekitar 30 persen. Selain itu, konsumsi biji gandum juga dapat membantu menurunkan tekanan darah kamu.

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2


Biji gandum bermanfaat dalam menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena biji-bijian utuh merupakan sumber magnesium yang bertindak sebagai faktor pendamping lebih dari 300 enzim. Termasuk enzim yang berkaitan dengan penggunaan sekresi insulin dan glukosa di dalam tubuh kamu.

6. Menurunkan Berat Badan


Selain membantu tubuh kamu lebih sehat, mengonsumsi biji gandum juga dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, gandum mengandung serat yang dibutuhkan untuk memudahkan kamu menjaga berat badan.

Bagi kamu yang berniat untuk mengontrol berat badan, ada baiknya kamu memakan makanan yang terbuat dari gandum utuh.

Makanan yang diolah dari gandum dapat membantu kamu menurunkan berat badan lebih cepat sehingga mendapatkan berat badan yang ideal.

7. Meningkatkan Sistem Pencernaan


Konsumsi gandum secara rutin bermanfaat untuk mendapatkan sistem pencernaan yang lebih sehat.

Kandungan serat yang ada pada gandum dapat membantu usus bekerja lebih teratur dan mencegah divertikulosis yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan pada tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat gandum bagi kesehatan tubuh kamu. Yuk, mulai sekarang masukkan gandum ke dalam menu harian kamu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.