Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 7 Manfaat Senam Artistik yang Baik untuk Fisik

Rizki Indra
Rizki Indra
23 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat senam artistik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat senam artistik baik tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cabang olahraga senam dengan gerakan-gerakan tertentu dan menggunakan bantuan alat secara bersamaan. Membuat setiap gerakannya menjadi indah.

banner consideration shipping bg blue

Pada zaman kuno, banyak masyarakat yang telah melakukan senam ini, karena manfaatnya yang baik untuk melancarkan peredaran darah. Di Indonesia sendiri, olahraga senam artistik telah berkembang pesat. Bukan atlet saja yang bisa melakukan senam ini, masyarakat yang tertarik pun bisa melakukan gerakan indahnya secara rutin.

Ini Dia 7 Manfaat Senam Artistik Bagi Tubuh


Senam artistik terdiri dari berbagai macam bentuk, yaitu senam lantai, kuda-kuda pelana, kuda-kuda lompat, palang tunggal, gelang-gelang dan palang sejajar. Lantas apa saja manfaat senam ini, cek selengkapnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Salah satu manfaat dari senam artistik yang tidak diketahui banyak orang adalah meningkatkan fungsi kognitif. Berbagai gerakan yang dilakukan bermanfaat dalam melancarkan oksigen dalam tubuh secara menyeluruh. Apabila pasokan oksigen lancar, kemampuan kognitif atau berpikir akan meningkat. Tubuh pun tidak akan mudah lemas.

2. Membantu Koordinasi Tubuh

Jenis senam apapun memerlukan koordinasi yang baik. Semakin rutin berlatih, tubuh akan lebih mudah beradaptasi saat melakukan senam. Bahkan untuk melakukan gerakan yang sulit pun dibutuhkan koordinasi yang baik. Dampak positifnya, tubuh akan lebih luwes saat melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Tubuh Semakin Fleksibel

Fleksibilitas tubuh sangat dibutuhkan dalam melakukan gerakan senam. Tubuh yang terlatih melakukannya akan semakin fleksibel. Efeknya dapat mengurangi risiko mengalami cedera sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk bergerak lebih leluasa.

4. Menambah Kepercayaan Diri

Berlatih olahraga senam bermanfaat dalam meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon tersebut dapat membuat seseorang merasa bahagia sekaligus percaya diri. Manfaat tambahannya, tubuh yang fleksibilitasnya bertambah posturnya akan menjadi ideal.

banner consideration promotion bg blue

5. Dapat Membentuk Kekuatan

Senam artistik adalah salah satu senam yang memiliki gerakan yang rumit dan sulit. Bahkan para atlet pemula juga merasakan hal yang sama. Namun, berlatih gerakan senam artistik secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas sekaligus bawah.

Kekuatan otot ini didapat tidak hanya dari gerakan fleksibel senam artistik. Alat-alat yang digunakan seperti kuda pelana, palang dan gelang-gelang turut membantu terbentuknya kekuatan otot. Saat berlatih pun dianjurkan untuk hati-hati agar tidak terjadi cedera pada otot.

6. Mood Jadi Lebih Baik dan Menghindari Stres

Tergolong orang yang gampang stres? Kenapa tidak mencoba ikut senam artistik? Padatnya aktivitas benar-benar menguras tenaga hingga merasa cepat lelah. Pastinya akan merasa stres juga. Jika demikian telah menjadi alarm bahwa tubuh membutuhkan aktivitas untuk peregangan anggota badan, seperti senam artistik.

Melakukan olahraga ini dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan meningkatkan mood dan mengurangi stres. Lakukan olahraga senam di tengah kesibukan aktivitas, minimal satu jam setiap harinya agar manfaatnya semakin terasa.

7. Menurunkan Berat Badan

Jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, senam artistik adalah alternatif yang tepat. Melakukan gerakan senam artistik secara rutin di rumah dapat membakar lemak pada tubuh. Sehingga tubuh ideal bukanlah impian semata.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal secara konsisten juga harus didukung dengan pola makan yang sehat. Bukan berarti karena melakukan senam dapat membakar kalori, lalu bebas mengonsumsi makanan tidak sehat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian pembahasan tentang manfaat senam artistik. Semoga dengan adanya informasi yang disampaikan di atas, dapat meyakinkan diri bahwa senam adalah jenis olahraga yang memberikan manfaat. Meskipun bukan tergolong atlet profesional, jika dilakukan dengan rutin dan bersungguh-sungguh, maka gerakannya tidak sulit lagi dilakukan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.