Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 7 Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat senam lantai yang wajib diketahui.

Tahukah apa pengertian dan manfaat senam lantai untuk kesehatan? Senam lantai adalah suatu cabang olahraga yang terdiri dari serangkaian gerak tubuh dan dilakukan di atas matras untuk mengurangi risiko cedera. Hal ini disebabkan gerakan yang ada dalam olahraga ini rawan terjadi benturan dengan lantai.

banner consideration shipping bg blue

Manfaat Senam Lantai Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui pengertiannya, kemudian akan dibahas mengenai manfaat yang bisa didapat dengan melakukan olahraga senam lantai. Beragam manfaat kesehatan bisa didapatkan oleh orang yang melakukan senam lantai. Diantaranya adalah seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Melatih Kelenturan Otot dan Gerak Tubuh


Manfaat yang bisa didapatkan melalui latihan senam lantai secara rutin adalah melatih kelenturan. Ini disebabkan adanya beberapa gerakan dalam senam lantai yang menuntut peregangan otot. Selain melenturkan, senam lantai juga membuat otot menjadi lebih kuat dan tidak mudah cedera.

Beberapa bagian tubuh yang menjadi terlatih saat melakukan senam lantai adalah perut, kaki, betis, lengan, punggung, dan paha. Massa otot pada bagian tubuh ini menjadi lebih padat, sehingga secara keseluruhan, tubuh akan tampak semakin indah posturnya. Itulah sebabnya, pesenam umumnya memiliki tubuh bagus yang lentur dan kuat.

2. Menguatkan Tulang


Latihan senam lantai juga dapat menguatkan tulang. Sebab ada beberapa gerakan yang melatih tulang agar mampu menopang beban tubuh. Contohnya pada gerakan plank, handstand, meloncat, dan sikap lilin. Dengan rutin melakukan gerakan tersebut, tulang menjadi kuat dan mengurangi risiko pengeroposan dan pengapuran tulang.

3. Mengoreksi Postur Tubuh


Manfaat lain dari olahraga ini adalah membantu mengoreksi bentuk tubuh. Contohnya adalah postur tubuh yang bungkuk. Latihan peregangan yang ada dalam senam lantai dapat melatih otot dan tulang pada punggung agar kembali ke postur tegap. Postur tubuh tegap ini akan tampak jelas jika senam lantai dilakukan sejak kecil.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Senam lantai cukup efektif dalam membakar kalori. Sebab, gerakan yang ada dalam olahraga ini memerlukan energi yang besar dalam melakukannya. Oleh karena itu, berat badan akan lebih terjaga. Bentuk tubuh pun menjadi ideal karena hampir setiap bagiannya terlatih, sehingga menjadi lebih kencang.

banner consideration promotion bg blue

5. Meningkatkan Mood Dan Mengurangi Stres


Jika mood kurang baik atau sedang mengalami stres, melakukan senam lantai dapat membantu mengatasinya. Gerakannya memicu pelepasan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, setelah melakukan senam, otot akan lebih rileks, Istirahat pun menjadi lebih berkualitas. Efeknya, mood meningkat dan stres berkurang.

6. Menguatkan Jantung


Gerakan pada senam lantai juga dapat membantu menguatkan jantung. Sebab, peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga nutrisi dan oksigen ke organ pemompa darah ini menjadi optimal. Selain itu, otot jantung juga terlatih karena gerakan melompat dan meregangkan tubuh dapat meningkatkan laju detaknya.

7. Membantu Melatih Fokus


Tidak hanya otot saja, olahraga ini juga membantu dalam melatih fokus dan kemampuan koordinasi tubuh. Saat melakukan gerakan dalam senam lantai, pesenam dituntut untuk konsentrasi agar tidak melakukan kesalahan. Hal ini membuat pesenam terbiasa untuk fokus dan memusatkan pikirannya.

Manfaat yang bisa didapatkan dari rutin melakukan senam lantai cukup banyak. Namun, sebagaimana olahraga lainnya, senam lantai juga memiliki risiko. Di antaranya adalah cedera pada otot. Untuk menghindarinya, perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu, sehingga otot tubuh lebih siap dalam melakukan latihan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah manfaat senam lantai yang tidak hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga mental. Rutin melakukannya dengan baik dan benar akan membuat tubuh lebih lentur, kuat dan memiliki postur yang bagus. Selain itu, pikiran lebih fresh, bahagia, dan kemampuan konsentrasinya meningkat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.