Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan Kulit

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat shea butter untuk mempercantik kulit.

Manfaat shea butter sudah banyak dikenal publik sejak berabad-abad lalu. Lemak alami yang diolah dari kacang pohon shea dengan cara dikeringkan, dipanggang dan digiling ini memiliki kandungan nutrisi beragam yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut manusia. Lebih jauh, berikut merupakan beberapa manfaat ekstrak shea butter bagi kecantikan kulit yang perlu diketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Mengobati Luka Bakar Ringan


Kandungan anti radang yang ada pada shea butter diyakini mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Di samping itu, asam lemaknya bisa 'menenangkan' luka bakar ringan layaknya sunburn dengan mempertahankan kelembaban area kulit selama proses penyembuhan berlangsung.

2. Sebagai Tabir Surya dan Pelembab Bibir


Secara garis besar, shea butter mampu bekerja sebagai emolien yang bisa melembabkan sekaligus melembutkan kulit kering. Kandungan sun protection factor (SPF) dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya tambahan guna memproteksi kulit dari risiko paparan sinar matahari yang berbahaya.

3. Memperlambat Penuaan


Kemunculan kerutan dan garis halus di kulit wajah menjadi tanda-tanda penuaan yang paling dibenci para wanita. Kandungan triterpenoid yang ada di dalam shea butter diyakini ampuh meningkatkan produksi kolagen guna mengenyalkan tekstur kulit. Adapula vitamin A dan E yang sangat baik dalam membantu proses regenerasi kulit.

4. Mengurangi Stretch Marks


Stretch marks acap kali dianggap sebagai hal yang dapat mengganggu tampilan seorang wanita. Guna mengatasi hal tersebut, penggunaan shea butter dapat menjadi alternatif murah nan mudah untuk ditempuh. Kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada shea butter dapat melembabkan pun mengembalikan elastisitas kulit.

banner consideration promotion bg blue

Pada akhirnya, hal ini akan membantu mencegah sekaligus mengurangi stretch marks yang ada. Salah satu penelitian skala internasional menunjukkan bahwa asam lemak esensial yang terdapat pada shea butter bisa menghidrasi kulit dan memperlambat pertumbuhan keloid.

5. Mencegah Jerawat dan Mengobati Infeksi Kulit


Kaya akan berbagai jenis asam lemak esensial, rutin mengaplikasikan shea butter diklaim dapat mengontrol produksi minyak berlebih dan mengembalikan serta mempertahankan kelembaban kulit. Dengan demikian, kulit tidak terasa kering maupun terlalu berminyak. Nah, karena keseimbangan kadar minyak dalam kulit terjaga, risiko timbulnya jerawat dapat diminimalisir.

Selain itu, ragam nutrisi pada shea butter mampu membabat habis jamur penyebab infeksi kulit, pun dengan kutu air dan kurap. Tidak mengherankan jika kemudian shea butter banyak dimanfaatkan untuk mengobati infeksi kulit akibat tungau, misalnya saja kudis.

6. Mengatasi Peradangan


Shea butter memiliki komponen anti radang yang bisa menenangkan kulit sekaligus meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh psoriasis, dermatitis atopik atau eksim. Sejumlah penelitian yang membahas shea butter sebagai topiknya mengungkapkan bahwa penggunaan shea butter dapat dipadukan bersamaan dengan krim obat guna mengatasi eksim.

7. Mengatasi Ketombe


Mengembalikan kelembaban kulit kepala adalah satu-satunya solusi untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering atau teriritasi. Kombinasi shea butter dan pelembab lainnya ternyata dapat membantu mengurangi ketombe dan meminimalisasi resiko kulit bersisik.

Hingga saat ini, ada 2 jenis shea butter yang paling banyak ditemui dipasaran. Yakni refined shea butter dan unrefined shea butter. Secara garis besar, refined shea butter adalah shea butter yang sudah melewati proses penyaringan. Sementara unrefined shea butter adalah versi murni dari shea butter.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Jika kita bicara soal manfaat shea butter, maka unrefined shea butter memiliki efektifitas yang lebih baik dibandingkan dengan refined shea butter. Namun tentu harganya lebih mahal daripada refined shea butter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.