Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 7 Manfaat Tape Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat tape yang penting untuk tubuh.

Tape adalah salah satu makanan fermentasi yang sudah ada sejak zaman dulu. Ada beberapa jenis tape yang ada di Indonesia, seperti tape ketan dan tape singkong. Rasanya yang manis dan lembut ini membuat tape banyak digandrungi oleh masyarakat. Manfaat tape untuk kesehatan juga banyak dipercaya oleh masyarakat.

banner consideration shipping bg blue

Kendati diolah melalui proses fermentasi, tape memiliki kandungan alkohol yang terbentuk akibat proses tersebut. Simak beberapa manfaat tape untuk kesehatan berikut ini.

1. Membantu Meningkatkan Energi


Khasiat tape untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu membuat tubuh tampak lebih berenergi. Tape yang terbuat dari singkong dan ketan memiliki kandungan karbohidrat tinggi karena keduanya terbuat dari bahan makanan berkarbohidrat. Karbohidrat dikenal sebagai sumber energi tubuh yang potensial dan dapat membantu memecah protein sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

2. Membantu Menghangatkan Badan


Sebagai makanan fermentasi, tape memiliki kandungan alkohol ringan yang dapat bermanfaat dalam menghangatkan badan. Tape dapat membantu mencegah dari kedinginan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi tape, tubuh akan berubah menjadi lebih hangat. Makanan ini cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin.

3. Meningkatkan Sistem Saraf dan Otot


Tape dapat membantu meningkatkan sistem saraf dan otot pada tubuh. Hal ini dikarenakan produksi tiamin yang meningkat saat proses fermentasi terjadi. Fermentasi akan menghadirkan banyak proses kimiawi yang terjadi dalam waktu singkat dan cepat. Peningkatan sistem saraf dan otot ini akan langsung terasa setelah makan tape. Tubuh akan menjadi lebih bertenaga dan kuat.

4. Dapat Membantu Mengatasi Penyakit Darah Tinggi


Untuk Anda yang memiliki penyakit darah tinggi, tape bisa menjadi camilan yang membantu mengatasinya. Penyakit darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang wajib diantisipasi karena dapat mengakibatkan kematian. Tape bisa dikonsumsi secara rutin guna membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap dalam kondisi stabil. Kandungan kalium dalam tape akan membantu tubuh mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung tetap stabil, dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

banner consideration promotion bg blue

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Tape dapat membantu menjaga dan meningkatkan fungsi dari saluran cerna. Pada saat proses fermentasi berlangsung, produksi asam laktat dan probiotik pada tape akan meningkat. Hal inilah yang membuat tape dapat berperan baik dalam sistem pencernaan.

Kedua zat ini yakni asam laktat dan probiotik akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membunuh seluruh bakteri jahat penyebab masalah pencernaan. Selain itu, tape juga akan membantu bakteri baik dalam usus untuk menjalankan tugasnya.

6. Mencegah Anemia


Selain dapat membantu mengatasi penyakit darah tinggi, tape juga dapat membantu mencegah anemia. Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi dimana pembentukan sel darah merah tidak berjalan seperti yang dibutuhkan oleh tubuh. Timbulnya penyakit ini akan membuat tubuh menjadi lemah dan kekurangan tenaga. Tape akan membantu mencegah timbulnya anemia yang dapat membahayakan tubuh.

7. Sebagai Sumber Probiotik yang Baik Bagi Tubuh


Proses fermentasi pada tape berhasil meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya. Tingginya probiotik dalam tape ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu saja, tape juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masuknya racun.
 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah rangkaian manfaat tape bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui. Selain beberapa manfaat di atas, tape juga dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks dan dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Meski bermanfaat, tetap konsumsi tape dalam batas wajar dan tidak berlebihan ya. Sebab, konsumsi tape berlebihan bisa memicu menumpuknya kandungan gas pada tubuh.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.