Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 7 Nutrisi Untuk Bayi Agar Sehat dan Cerdas

Rizki Indra
Rizki Indra
19 May 2021
Clock Icon
3 menit
Nutrisi untuk bayi sangat dibutuhkan dan sangat penting.

Setelah memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi sumber makanan lain selain ASI. Namun, tetap saja sistem pencernaan bayi masih belum sempurna sepenuhnya. Untuk itu, sebagai orang tua, kamu tetap harus memberikan makanan yang halus dan akan mudah dicerna si kecil. Selain tekstur, pastikan juga makanan tersebut sehat dan mengandung nutrisi untuk bayi yang mendukung tumbuh kembang mereka, termasuk untuk kecerdasan otak yang optimal. Berikut nutrisi-nutrisinya:

banner consideration shipping bg blue

1. Yoghurt


Salah satu olahan susu ini memang populer dan bahkan sangat disukai banyak orang. Yoghurt sendiri diklaim baik dapat menjaga dan memperlancar sistem pencernaan.

Selain itu, yoghurt juga memiliki nilai gizi yang melimpah, seperti kalsium, protein, dan lemak sehat serta mengandung probiotik sehingga bisa membantu membangun microbiome yang kuat.

Nah, agar dapat membantu perkembangan sel-sel otak bayi yang masih dalam masa pertumbuhan, kamu bisa memasukkan makanan ini dalam menu makanan si kecil.

2. Alpukat


Bagi kamu yang sedang menjalani program diet sehat, pastinya sudah tidak asing lagi konsumsi buah satu ini. Buah alpukat ternyata juga mengandung lemak, vitamin, dan mineral tinggi yang berkontribusi sebagai lemak sehat bagi tubuh.

Kandungan tersebut juga dapat membantu perkembangan sel otak serta kecerdasan bagi bayi. Apalagi, teksturnya yang lembut juga memudahkan bayi untuk mencernanya.

3. Keju


Keju termasuk olahan susu yang ternyata juga memiliki manfaat sama. Keju mengandung asam lemak linoleat dan linolenat di dalamnya yang membantu perkembangan serabut-serabut sel saraf dan otak.

Untuk bisa dikonsumsi bayi, pilihlah keju lunak yang sudah dipotong dadu dengan ukuran kecil agar bayi mudah mengkonsumsinya. Sebagai variasi, Bunda juga bisa mencampurkan keju dengan sayuran dan buah.

4. Sereal Gandum


Untuk menyambut semangat pagi si kecil, kami bisa menyediakan sereal gandum sebagai nutrisi untuk bayi, lho. Selain sebagai sumber energi, makanan ini juga bisa membantu tumbuh kembang otak bayi agar lebih maksimal.

banner consideration promotion bg blue

Untuk cara mengolahnya, jenis sereal seperti seperti oatmeal, quinoa dan barley harus dihaluskan terlebih dahulu menjadi bubuk, selanjutnya direbus menggunakan air. Jika sudah, kamu bisa mencampurnya dengan ASI, yoghurt, campuran buah, atau sayuran.

5. Telur


Sumber makanan hewani yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dengan sumber nutrisi untuk perkembangan otak bayi. Telur dapat membantu meningkatkan konsentrasi kolin dan DHA secara signifikan. Hal ini sangat berperan penting dalam membangun perkembangan dan kecerdasan otak bagi si kecil.

6. Kacang


Kacang sering disebut sebagai sumber gizi yang baik. Hal ini karena Kandungan lemak baik, protein, dan vitamin yang ada di dalamnya. Kamu bisa memberikan beberapa jenis kacang seperti kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond untuk dicampurkan ke dalam sereal atau yoghurt.

Agar mudah dikonsumsi oleh bayi, kamu bisa menumbuknya terlebih dahulu sebelum dimakan. Namun, pastikan dulu si kecil tidak memiliki masalah atau alergi terhadap kacang-kacangan karena beberapa bayi ada yang mengalami alergi saat mengkonsumsi kacang-kacangan.

7. Pepaya


Buah yang dikenal dengan teksturnya yang lembut sangat cocok untuk diberikan sebagai variasi makanan. Kandungan enzim papain pada buah ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan si kecil dan kandungan zat besi dan asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah nutrisi untuk bayi agar sehat dan cerdas yang dapat kamu masukkan ke dalam menu hariannya. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.