Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 7 Penyebab Anak Suka Menangis Tengah Malam

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab anak menangis tengah malam yang penting diketahui.

Ketika mendengar anak menangis malam hari tanpa sebab, sering kali Lemoparents merasa bingung dan cemas, bukan? Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak menangis tengah malam dan Moms wajib tahu. Dengan mengetahui penyebab ini, Moms bisa menghindari hal yang bisa menyebabkan anak menangis. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak menangis di malam hari, yaitu:

1. Night Terror


Pernah mendengar istilah ini? Night terror adalah kelainan bawaan yang biasanya seorang anak cenderung mengalami mimpi saat tidur nyenyak serta sulit untuk dibangunkan. Faktor pemicunya biasanya adalah kelelahan, sehingga kemudian pada malam hari ia tiba-tiba menjerit dan menangis yang berlangsung hingga 30 menit. Walaupun tak berbahaya, hal ini cukup mengganggu, sehingga pastikan Lemoparents memperhatikan aktivitas anak di siang hari, ya.


Terdapat ahli yang mengatakan bahwa night terror terjadi karena sistem saraf pusat yang mengatur aktivitas otak tiba-tiba saja menjadi aktif. Hal ini bisa dialami oleh anak-anak, bayi juga orang dewasa. Pada orang dewasa, biasanya stres yang menjadi pemicunya.

2. Mimpi Buruk


Jika anak menangis pada malam hari, bisa jadi karena mereka mengalami mimpi buruk ketika tidur. Si kecil masih sulit memahami bahwa hal tersebut bukanlah kejadian nyata, maka cenderung meluapkan rasa tidak nyaman dan ketakutannya dengan cara menangis.

3. Adaptasi Suhu


Hal lain yang bisa saja membuat anak menangis pada malam hari adalah adanya adaptasi terhadap suhu ruangan yang mendadak. Si kecil bisa saja merasa kaget hingga kemudian menangis.

4. Suara


Adanya suara bising atau mengganggu yang terdengar oleh anak dari lingkungan sekitar dapat pula dikatakan sebagai penyebab anak menangis ketika tidur di malam hari. Anak kecil umumnya lebih peka terhadap suara. Jika ada sesuatu yang terasa berisik bisa membuat mereka kaget, tak nyaman, lalu menangis.

5. Pindah Posisi


Terjadinya perpindahan posisi baik anak maupun orang tua ketika tidur cenderung membuat mereka kaget atau panik hingga menangis. Bahkan, bayi bisa menangis di malam hari karena ia merasa kesepian, misalnya ketika ia terbangun tidak dalam dekapan ibunya. Jika hal tersebut menjadi pemicunya, maka biasanya tangisan akan reda seiring kehadiran Moms disisinya.

6. Digigit Serangga


Gigitan nyamuk ataupun serangga memang dapat mengganggu waktu tidur, apalagi jika terasa gatal bahkan sakit, pasti bisa membuat si kecil tidak nyaman. Hal tersebut dapat menyebabkan si kecil menangis.

7. Kondisi Badan yang Kurang Sehat


Rasa tidak nyaman akibat kondisi badan yang kurang sehat juga bisa membuat si kecil rewel dan mudah menangis. Tak jarang si kecil juga akan mengalami kesulitan tidur nyenyak. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat memicu hal ini terjadi adalah, infeksi telinga, sesak, sakit tenggorokan, demam, dan sebagainya.


Selain beberapa hal di atas, pada bayi yang menangis di malam hari, bisa juga disebabkan oleh kondisi kolik atau adanya gangguan pada pencernaan. Biasanya tangisannya akan terdengar keras dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.


Demikian informasi mengenai apa saja penyebab anak menangis tengah malam yang harus Moms ketahui. Semoga dapat menambah pengetahuan Lemoparents sebagai orang tua, mengurangi rasa cemas dan panik berlebih dan tahu apa yang harus dilakukan berikutnya untuk menenangkan tangisan anak.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.