Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 7 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 May 2021
Clock Icon
4 menit
Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat seringkali disebut sebagai gejala dari flu. Pada dasarnya, hidung mempunyai jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa kembang kempis (membuka-menutup). Sehingga hidung lebih mudah terkena iritasi atau peradangan oleh apapun yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

banner consideration shipping bg blue


Secara umum hidung mampet yang terjadi karena penumpukan ingus dan pembengkakan jaringan dalam hidung akan membaik dalam waktu kurang lebih satu minggu. Sebaliknya, penyebab hidung tersumbat yang disebabkan selain flu akan membaik lebih lama. Inilah beberapa hal yang menyebabkan hidung tersumbat: 


Penyebab Hidung Tersumbat


penyebab hidung tersumbat


1. Alergi

Penyebab hidung tersumbat yang pertama adalah alergi. Terdapat faktor eksternal yang memicu alergi. Contohnya adalah makanan, minuman, bulu hewan, polusi, jamur, ataupun obat-obatan yang menyebabkan pembuluh darah meradang di sinus. Alergi bisa berlangsung sebentar atau lama, tergantung dari pemicunya dan reaksi sistem imun tubuh. Sebab reaksi sistem imun tubuh dianggap berbahaya terhadap suatu organisme yang masuk ke tubuh.


2. Hay Fever

Lebih dikenal dengan alergi serbuk sari (rhinitis alergi) di Indonesia. Alergi ini dapat terjadi pada waktu tertentu. Kerap kali yang terkena alergi hidung tersumbat tapi tidak pilek. Alergi ini disebabkan karena adanya benda asing masuk yang mengancam kesehatan. Sehingga sistem imun tubuh bereaksi untuk membasmi benda asing tersebut, dalam hal ini adalah serbuk sari. 


3. Polip Hidung

Polip adalah daging yang tumbuh namun bukan kanker. Polip juga dapat tumbuh di dalam hidung. Meskipun pertumbuhan polip tidak membahayakan, namun hal ini dapat menjadi penyebab hidung tersumbat karena ukurannya bisa membesar. Akibatnya, polip dapat menyumbat hidung sehingga sulit bernafas.


4. Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis adalah infeksi yang terjadi pada rongga hidung (sinus). Infeksi tersebut menyebabkan produksi lendir berlebih sehingga menjadi penyebab hidung tersumbat. Gejala lain pada infeksi ini tidak hanya menyumbat hidung, namun dibarengi dengan nyeri otot pada wajah dan sakit kepala.


5. Paparan Senyawa Kimia

Iritasi pada saluran nafas menyebabkan gangguan pernafasan. Baik alergi atau infeksi pada rongga hidung. 


banner consideration promotion bg blue

6. Deviasi Septum

Septum merupakan dinding pemisah lubang hidung kanan dan kiri. Jika septum seseorang mengalami pembengkakan atau pergeseran, maka dalam dunia medis disebut dengan deviasi septum. Hal ini bisa menjadi penyebab hidung tersumbat. Akibatnya, seseorang menjadi susah bernafas. Deviasi septum dalam kondisi yang parah membutuhkan operasi untuk mengoreksi kelainan yang terbentuk dalam septum agar pernafasan penderita kembali normal.


7. Kondisi Kehamilan

Perubahan hormon yang membuat suplai darah pada ibu hamil meningkat diduga turut mempengaruhi dinding bagian dalam hidung yang mengakibatkan membran dalam hidung menjadi kering, berdarah, dan mengalami pembengkakan. Padahal membran dalam hidung harus lembab. Secara umum kondisi ini terjadi menjelang trimester pertama. Itulah kondisi yang juga menjadi penyebab hidung tersumbat. 


Penyebab hidung tersumbat sudah dijelaskan di atas. Nah, untuk cara mengatasinya bisa ditangani sendiri di rumah sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter. Simak ulasan di bawah ini.


Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


penyebab hidung tersumbat


  • Menghirup air hangat. Aktivitas ini dapat membantu lendir yang ada di dalam hidung agar mencair kemudian dapat keluar. Jika dilakukan secara terus menerus, hidung tersumbat akan teratasi. 
  • Menambah bantal. Hidung mampet bisa membaik ketika posisi kepala lebih tinggi daripada badan. Atau setidaknya tidak datar ketika tidur. Karena aktifitas menambah bantal ini dilakukan ketika akan tidur. Hal ini dapat membantu lendir yang menyumbat hidung lebih mudah untuk keluar.
  • Menggunakan semprotan hidung atau inhaler. Obat-obatan yang berupa inhaler dan semprotan untuk hidung bisa didapatkan di apotek terdekat. Menggunakan obat-obatan tersebut juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. 
  • Menjaga kelembaban ruangan. Hal ini juga bagian penting untuk mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat yang berada dalam ruangan yang lembab akan berangsur membaik. Pernafasan menjadi tidak terlalu dan kering dan sangat nyaman bagi hidung untuk melakukan pernafasan.
  • Pergi ke dokter. Jika kondisi hidung tersumbat semakin parah dan lama sembuh padahal sudah melakukan berbagai upaya, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Hal ini dapat mencegah jika terjadi sesuatu di luar dugaan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah tujuh penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya. Meski terkesan sepele, hidung tersumbat bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, sebaiknya segera tangani hal ini ya! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.