Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 7 Penyebab Tangan Berkeringat dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 May 2021
Clock Icon
4 menit
Penyebab Tangan Berkeringat

Pernahkah kamu bertanya apa penyebab tangan berkeringat? Kondisi tubuh yang mengeluarkan keringat berlebih di lokasi tertentu dan terjadi secara simetris disebut dengan primary focal hyperhidrosis. Pada umumnya terjadi di kedua sisi ketiak, telapak kaki, atau telapak tangan. 

banner consideration shipping bg blue


Hal itu membuat seseorang tidak percaya diri, terutama di bagian telapak tangan karena berhadapan langsung dengan orang lain, seperti berjabat tangan, memegang barang di tempat umum. Berikut ini dijabarkan 7 alasan penyebab tangan berkeringat dan cara mengatasinya.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat


Menurut para ahli, telapak tangan berkeringat secara berlebihan diduga karena kelenjar keringat di lokasi tertentu menjadi lebih aktif dan sensitif. Apa saja yang menjadi pemicu kelenjar keringat tersebut lebih aktif? 

1. Seseorang Merasa Emosional

Kondisi seseorang ketika gugup, takut, cemas, bahkan terlalu bersemangat bisa menjadi penyebab kelenjar keringat menjadi aktif. Akibatnya, badan termasuk telapak tangan bisa menjadi basah oleh keringat.

2. Banyak Bergerak

Hal kedua yang menjadi penyebab tangan berkeringat adalah banyak bergerak. Seseorang yang lebih aktif bergerak biasanya lebih sering berkeringat. Hal itu disebabkan oleh proses pendinginan yang dilakukan tubuh agar tetap optimal ketika suhu tubuh meningkat ketika banyak bergerak.

3. Kepanasan

Tanpa melakukan apapun, orang yang kepanasan bisa mengeluarkan keringat berlebih karena suhu tubuh yang bisa ditahan sudah melewati batas. Penyebab tangan berkeringat salah satunya melalui hal tersebut.

4. Mengonsumsi Makanan Pedas

Saat seseorang mengkonsumsi makanan pedas akan terjadi pembakaran dalam tubuh. Oleh sebab itu kelenjar keringat lebih aktif yang menjadi salah satu penyebab tangan berkeringat.

5. Faktor Genetik

Dalam beberapa kasus, faktor genetik merupakan penyebab tangan berkeringat meskipun tidak melakukan apapun. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang sebelum menginjak usia 25 tahun kebawah.

6. Gangguan Tiroid

Kadar tiroid yang tinggi juga merupakan penyebab tangan berkeringat. Biasanya hal ini ditandai dengan penurunan berat badan dan jantung berdebar. Meski di udara dingin pun, seseorang yang mengalami gangguan tiroid telapak tangannya akan basah oleh keringat.

banner consideration promotion bg blue

7. Merokok

Banyak orang yang tidak sadar bahwa nikotin pada rokok menjadi penyebab tangan berkeringat. Nikotin pada rokok menyebabkan pelepasan asetilkolin yang merangsang kelenjar keringat lebih aktif. 

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat


Berikut ini tips mengatasi telapak tangan yang berkeringat lebih.

1. Menghindari Pemicu

Hal yang paling praktis adalah menghindari mengkonsumsi atau melakukan kegiatan yang membuat kelenjar keringat aktif. Contohnya adalah menghindari makanan pedas, merokok, berada di ruang bersuhu panas tinggi, dan lain-lain.’

2. Menggunakan Salep yang Mengandung Aluminium Chloride

Untuk penggunaan salep ini dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebab kandungan didalamnya juga menimbulkan iritasi dan perih di kulit.

3. Relaksasi

Salah satu penyebab tangan berkeringat salah satunya adalah seseorang yang merasa emosional. Relaksasi adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi agar kelenjar keringat lebih pasif, seperti mendengarkan music, yoga, dan lain-lain. 

4. Penanganan Medis

Jika cara mengatasi tangan berkeringat di atas tidak mampu untuk mengurangi kadar keringat pada telapak tangan, maka saatnya seseorang ditangani dengan berbagai tindakan medis.

5. Mengkonsumsi Obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi harus berdasarkan resep dokter, biasanya akan diberi obat antikolinergik.

6. Suntik Botox

Pada umumnya suntik botox ini digunakan sebagai prosedur kecantikan. Efek dari suntik botox biasanya 4-5 hari setelah suntik dan dapat dirasakan selama kurang lebih 4 bulan.

7. Iontophoresis

Pengobatan memakai metode ini dilakukan dengan menggunakan arus listrik berdaya kecil. Telapak tangan yang berkeringat dimasukkan dalam wadah berisi air, kemudian listrik dialirkan melalui air dengan mesin khusus. Iontophoresis dilarang digunakan oleh ibu hamil, orang yang mempunyai implant logam dalam tubuh, dan yang menggunakan alat pacu jantung.

8. Operasi

Operasi dilakukan dengan memotong saraf yang mengendalikan kelenjar keringat di telapak tangan. Operasi jenis ini dapat menimbulkan komplikasi permanen. Oleh sebab itu jarang dilakukan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah penjabaran 7 penyebab tangan berkeringat dan cara mengatasinya. Jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter jika ingin mengetahui alasan telapak tangan Anda berkeringat lebih sepanjang hari. Penanganan yang tepat akan membuat Anda lebih percaya diri dan tidak terganggu akan kondisi berkeringat yang berlebihan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.