Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 8 Manfaat Istimewa Menyanyikan Lagu untuk Bayi

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
26 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Parenting tips

Lemomoms, bersenandung dan menyanyikan lagu untuk bayi pasti jadi kegiatan yang menenangkan baik untuk ibu atau sang anak. Tidak jarang, ketika mendengarkan suara sang ibu, bayi menjadi lebih tenang. Terutama saat bayi mendapat pelukan hangat dari sang ibu, ia jadi lebih mudah untuk terlelap tidur. 

banner consideration shipping bg blue


Tidak heran banyak ibu yang sering menggunakan nyanyian agar sang anak lebih cepat dan lebih mudah terlelap. Namun manfaat bernyanyi untuk bayi ternyata nggak berhenti sampai di situ saja Lemomoms. Masih banyak manfaat dari bernyanyi untuk bayi yang ternyata berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya. 


Penasaran apa saja manfaat menyanyikan lagu untuk bayi? Dilansir dari Motherly dan The National Association for the Education of Young Children, begini penjelasan selengkapnya. 


1. Meningkatkan Perkembangan Otak


Melalui penelitian diketahui bahwa nyanyian sebelum tidur dapat membantu perkembangan kognitif bayi. Ketika sang ibu menyanyikan lagu, bayi akan merasakan emosi positif serta merasakan perhatian yang lebih tinggi. 


Menurut Jessica Grahn, seorang ahli saraf kognitif dan profesor di University of Western Ontario, menyanyikan lagu untuk bayi dapat membantu perkembangan otak bayi dengan meningkatkan kemampuan bahasa, perhatian, perkembangan, ketajaman, pendengaran hingga  interaksi sosial bayi


2. Membantu bayi memahami waktu 


Ketika Lemomoms sering menyanyikan lagu pengantar tidur, bayi dapat memahami bahwa itu adalah waktu ia untuk tidur. Sementara bila Lemomoms sering menyanyikan bayi lagu saat bangun tidur, bayi juga akan menyadari bahwa itu adalah waktunya untuk bangun tidur. Lagu dapat membantu bayu memahami kegiatan apa yang akan terjadi selanjutnya. 


3.Meningkatkan kedekatan hubungan


Selain membantu perkembangan otak, menyanyikan lagu untuk bayi juga bisa meningkatkan kedekatan antara bayi dengan ibu. Ketika sering mendengar suara ibu, bayi bisa lebih mengenalnya dan merasa bahwa ia diberi perhatian. Lemomoms juga bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk ikut bernyanyi. Dengan begitu, bayi bisa merasakan kedekatan hubungan dengan anggota keluarga yang lain. 


4. Memperkenalkan kata-kata baru


Saat Lemomoms menggendong bayi dan menyanyikannya lagu, ini berarti Lemomoms juga telah membantunya untuk mengenali kata-kata baru. Lagu soal hewan, misalnya, membantu bayi lebih mengenal kosakata hewan. Begitu juga, dengan tema lagu lainnya. 

banner consideration promotion bg blue


Menyanyikan lagu untuk bayi juga bisa meningkatkan kemampuannya untuk mendengar. Bukan hanya itu, bayi juga bisa memahami bahasa dan perasaan yang diungkapkan oleh Lemomoms melalui lagu yang dinyanyikan. 


5. Membantu bayi mengenali dirinya


Bayi belum bisa memahami nama yang ia miliki secara langsung. Namun melalui nyanyian, ia bisa mulai mengenal namanya sendiri. Cobalah untuk menyelipkan nama bayi Lemomoms pada lagu yang Lemomoms nyanyikan. Dengan begitu, ia akan lebih mudah mengenalinya karena mendengar namanya disebut berulang kali. 


6. Menenangkan bayi saat rewel 


Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, menyanyikan lagu untuk bayi sebelum tidur juga dapat membuatnya merasa lebih tenang. Ketika mendengar nyanyian dari sang ibu, bayi bisa terhindar dari rewel, merasa aman dan mendapatkan perhatian. 


7. Memberikan waktu bermain 


Bernyanyi termasuk dalam cara untuk mengajak bayi bermain dan berinteraksi. Ketika diberikan nyanyian, bayi bisa merasa senang dan terhibur. Supaya bermain dan bernyanyi lebih seru, Lemomoms juga bisa ajak anggota keluarga lainnya. Dengan begitu sesi bermain dengan si kecil menjadi aktivitas keluarga yang lebih menyenangkan. 


8. Membuat bayi merasa disayang


Nyanyian untuk bayi juga bisa dianggap sebagai bentuk dan ungkapan rasa sayang. Ketika mendengar nyanyian, bayi bisa merasakan bahwa ia menerima cinta dan kasih sayang. Di samping itu, nyanyian juga dapat meningkatkan perhatian dan mengeluarkan emosi positif bayi terhadap ibu. 


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagaimana, sudah tahu kan manfaat bernyanyi untuk bayi? Mulai sekarang, Lemomoms tidak perlu ragu lagi saat akan menyanyikan lagu untuk si kecil. Meski sederhana, nyanyian dari Lemomoms ternyata sangat bermakna untuk tumbuh kembangnya.  

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.