Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 9 Makanan yang Mengandung Omega 3 Baik untuk Dikonsumsi

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan makanan yang mengandung omega 3.

Makanan yang mengandung lemak banyak dihindari oleh orang. Padahal, lemak adalah salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu yang perlu diperhatikan adalah memilih sumber lemak yang baik bagi kesehatan agar memberikan dampak positif bagi tubuh, salah satunya adalah makanan yang mengandung omega-3.

banner consideration shipping bg blue

Makanan yang mengandung sumber lemak omega-3 dipercaya bisa memelihara kesehatan otak hingga jantung. Omega-3 ada tiga jenis, yaitu ALA (alpha-linolenic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid). ALA adalah asam lemak yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Tubuh mengubah ALA menjadi EPA dan DHA.

Oleh karena itu makanan yang mengandung lemak omega-3 dianjurkan selalu ada pada makanan sehari-hari. Berikut ini 9 makanan yang mengandung omega-3 baik untuk dikonsumsi:

1. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung omega-3 paling mudah dijumpai dan dikonsumsi sehari-hari. Ada kacang kedelai (edamame) yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun produk fermentasi yang dihasilkannya seperti tempe dan tahu hingga kacang almond atau walnut. Cukup mudah didapatkan, bukan?

2. Biji-Bijian


Salah satu jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi adalah Flaxseed. Selain itu, sumber omega-3 lainnya yang berasal dari biji-bijian antara lain chia seed dan pumpkin seed. Selain mengandung omega-3, biji-bijian juga tinggi serat sehingga bermanfaat sangat baik untuk saluran pencernaan dan menjaga kita agar merasa kenyang lebih lama.

3. Sayuran Hijau


Salah satu makanan yang kaya akan omega-3 paling mudah didapatkan juga adalah sayuran hijau. Contoh dari sayuran hijau tersebut adalah bayam, rumput laut, Kale, brussel sprout, dan lain-lain. Serat yang terdapat pada sayuran hijau juga sangat tinggi dan baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Ikan Salmon


Ikan salmon dipercaya mengandung banyak omega-3. Selain itu, ikan tersebut juga mempunyai kandungan vitamin B. Sangat banyak resep sajian ikan salmon yang bisa enak untuk disantap.

5. Ikan Teri


Ikan yang biasanya dijadikan sandingan masakan tradisional ini juga mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Banyak juga kandungan lain seperti vitamin B3, Selenium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan. Kandungan omega-3 yang terdapat dalam 100 gram ikan teri sejumlah 2.113 mg. Coba apa lagi? Sangat mudah ditemukan di pasaran, bukan?

banner consideration promotion bg blue

6. Ikan Makarel


Ikan makarel diketahui mengandung banyak omega-3. Namun, dalam pengolahannya kurang baik bagi tubuh jika digoreng atau deep fried. Oleh sebab itu, mengolah ikan makarel harus hati-hati agar kandungan omega-3 tetap ada dan baik dikonsumsi oleh tubuh.

7. Tiram


Selain ikan dan sayuran hijau, kamu juga mendapatkan manfaat omega-3 dari tiram. Tiram 100 gram mengandung 435 mg omega-3. Selain omega-3, tiram juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B12, tembaga, dan zinc.

8. Produk Susu dan Telur


Produk susu dan telur seperti susu sapi, susu kedelai, yoghurt, dan telur tidak secara langsung memiliki kandungan omega-3. Mereka difortifikasi atau ditambahkan lemak omega-3 di dalamnya. Tujuan ditambahkan omega-3 adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

9. Deretan Minyak Sehat


Minyak yang mengandung omega-3 di antaranya adalah minyak zaitun, minyak flaxseed, minyak canola, dan minyak kedelai. Oleh sebab itu, sangat diperlukan memilih jenis minyak yang tepat untuk mengolah makanan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar 9 makanan yang mengandung omega 3 baik untuk dikonsumsi. Secara tidak sadar daftar makanan yang telah disebutkan diatas sudah masuk di daftar menu harian kamu, bukan? Jadi, jangan sampai daftar makanan ini kamu lewatkan di menu harian kamu ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.