Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui Bunda, 4 Penyebab Cacar Air pada Anak Balita

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Ketahui penyebab cacar air pada anak balita yang wajib dihindari.
Cacar air adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi dan dapat menimpa siapa saja termasuk balita. Sebagai orang tua, melihat sang buah hati sakit tentu akan merasa sangat khawatir dan panik. Umumnya, gejala yang muncul jika seorang anak terkena cacar air adalah mual, kehilangan nafsu makan, demam, tubuh lelah, nyeri otot, dan sakit kepala.
banner consideration shipping bg blue

Gejala yang paling umum terjadi adalah muncul bintik merah kecil-kecil yang menimbulkan rasa gatal. Ada beberapa penyebab cacar air yang perlu bunda di rumah ketahui.

1. Terinfeksi Virus



Cacar air dapat disebabkan oleh infeksi virus. Balita memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih cukup rentan. Hal inilah yang membuat virus mudah masuk ke dalam tubuhnya. Virus yang menyerang balita dan dapat menyebabkan cacar air adalah varicella zoster. Jika virus ini sudah masuk dalam tubuh, gejala awal yang paling umum adalah demam dan muncul bintik merah berisi air. Bintik merah ini tersebar ke seluruh bagian tubuh.

Virus ini cenderung tidak menyerang orang yang sudah pernah terkena cacar air atau belum mendapatkan vaksin cacar air. Meski begitu, masih tetap ada kemungkinan untuk terserang kembali.
banner consideration promotion bg blue

2. Sistem Kekebalan Tubuh Balita Lemah



Balita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dibanding dengan orang dewasa. Jika kekebalan tubuh buah hati menurun, virus atau penyakit akan lebih mudah menyerangnya. Sistem kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam melawan serta mengatasi berbagai virus yang dapat menimbulkan penyakit, cacar air adalah salah satunya. Cacar air yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini tergolong cukup menular, sehingga para orang tua harus lebih berhati-hati dalam menjaga si kecil.

3. Membiarkan Anak Bermain dengan Temannya yang Terkena Cacar Air



Cacar air adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menular dalam waktu singkat. Penyakit ini bisa menular lewat berbagai cara. Untuk itu, jika disekitar anak ada yang terkena cacar air, sebaiknya para orang tua membatasinya untuk berinteraksi satu sama lain sebelum penyakit cacar airnya sembuh. Terlebih yang bersangkutan dengan makanan dan aktifitas fisik keduanya.

Hindarkan anak dari kontak langsung dengan pasien cacar air. Cacar air bisa menular melalui banyak cara seperti air liur, batuk, bersin, atau terkena cairan dari cacar air tersebut. biasanya, virus akan mulai aktif menyebar ke tubuh selama satu atau dua hari sebelum muncul bintik merah yang terlihat seperti melepuh.

4. Patogenesis



Pada manusia, mukosa saluran pernapasan bagian atas menjadi pintu masuk utama jika terjadi infeksi. Di saluran inilah perkembangan virus terjadi. Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, virus yang menyebabkan cacar air bernama varicella zoster, virus ini akan masuk ke dalam darah dengan cara limfatik. Arus darah yang terjadi dalam tubuh akan membawa virus untuk masuk ke dalam sel epitel kulit dan juga selaput lendir.

Setelah itu akan terbentuk bubble dimana isinya adalah serous. Dalam tahap ini virus akan berkonsentrasi tinggi. Dari proses inilah penyakit cacar air muncul di seluruh tubuh. Meski tergolong sebagai penyakit ringan, di beberapa kasus langka yang terjadi, proses ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ seperti saluran pencernaan, paru-paru, dan hati.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar penyebab cacar air yang perlu bunda ketahui. Agar terhindar dari penyakit ini, selalu jaga kesehatan si kecil, beri vitamin sebagai proteksi lanjutan, dan ajak si kecil untuk menjalani pola hidup yang sehat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.