Ketahui Cara Membuat Selai Nanas Agar Tidak Lengket

Tidak lama lagi lebaran tiba. Nah, kamu pasti ingin membuat kue nastar yang enak sebagai sajian di hari raya. Salah satunya adalah kue nastar dengan isian selai nanas yang legit. Sebaiknya kamu tahu lebih dulu cara membuat selai nanas legit homemade sebagai isian kue nastar. Kamu memang bisa membeli selai yang sudah jadi di toko tapi rasanya tidak akan seenak kalau membuat sendiri dengan bahan yang masih bagus dan segar.

Selain karena buah nanas yang mudah didapatkan, membuat sendiri selai nanas sebagai isian nastar ataupun untuk olesan roti tawar lebih higienis dan bergizi. Kamu bisa memilih buah nanas yang masih segar dan menggunakan gula asli bukan gula buatan yang bisa membuat batuk.

banner consideration shipping bg blue

Simak resep dan cara membuat selai nanas yang enak dan legit di bawah ini.

1. Bahan-bahan

cara membuat selai nanas

  • 1 buah nanas yang sudah cukup matang, kupas dan cuci bersih
  • 200 gram gula pasir atau sesuai selera 
  • 2 buah jeruk lemon,peras airnya
  • ½ sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh garam

2. Cara dan Langkah Pembuatan

cara membuat selai nanas

  1. Parut buah nanas yang sudah dikupas dan dicuci bersih.
  2. Tuangkan ke dalam wajan lalu masak dengan api yang kecil saja hingga kadar airnya berkurang.
  3. Masukkan gula pasir, garam, air lemon dan kayu manis bubuk ke dalam wajan.
  4. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Menjelang selai mengental aduk-aduk hingga ke dasar wajan agar tidak lengket.
  6. Setelah tekstur selai sesuai keinginan, matikan kompor dan dinginkan.
  7. Siapkan wadah bersih yang bisa ditutup rapat lalu masukkan selai nanas ke dalamnya. Kamu bisa memakai toples ataupun wadah bekas selai.

banner consideration promotion bg blue

3. Catatan Agar Selai Nanas Lebih Sempurna 

cara membuat selai nanas

Kamu bisa mendapatkan selai nanas dengan rasa yang enak dan legit serta pastinya lebih sehat kalau membuat sendiri di rumah. Untuk hasil selai nanas terbaik kamu bisa memperhatikan beberapa catatan berikut ini.

  • Gunakan buah nanas segar dan kupas hingga bersih pada bagian matanya agar nantinya tidak gatal di lidah ketika dimakan.
  • Kalau kamu ingin tekstur selai nanas yang berserat dan terasa lebih renyah saat membuatnya nanas jangan diparut tapi cukup dicacah.
  • Sebaiknya hindari penggunaan blender untuk menghancurkan nanas karena akan menambah jumlah airnya.
  • Kamu bisa membuat selai nanas dengan variasi yang berbeda yaitu memadukannya menggunakan bahan lainnya seperti buah pepaya ataupun lainnya.
  • Agar selai nanas tidak lengket ketika membuatnya sebaiknya kamu selalu mengaduk hingga ke dasar wajan terutama saat hampir matang.
  • Kamu bisa menambahkan bahan aroma lainnya bukan hanya kayu manis dan lemon saja ke dalam selai nanas. Kamu bisa juga memakai air jeruk limau, vanili bubuk, cengkeh dan lainnya.
  • Masak selai dengan api sedang saja agar tidak gosong lalu kecilkan api ketika airnya mulai mengental dan tekstur selai mulai terbentuk.
  • Kalau ingin mendapatkan selai nanas yang tahan lama kamu bisa memasaknya setidaknya selama 30 menit lalu setelah dingin simpan di dalam lemari es.

Bagaimana? Apakah kamu berani mencoba resep dan cara membuat selai nanas homemade tersebut? Selain sebagai persiapan membuat kue nastar menjelang lebaran kamu juga bisa menyimpan selai nanas untuk olesan roti tawar saat sarapan. Selain mudah dibuat, rasa yang dihasilkan juga sangat legit dan membuat ketagihan. Yuk, coba resep ini!

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami