Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahui Jenis-jenis Promosi yang Ampuh untuk Usaha Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak jenis-jenis promosi yang bisa digunakan pengusaha pemula.

Promosi bermanfaat untuk menarik minat pelanggan terhadap produk yang kamu miliki. Dengan adanya promosi, pelanggan bisa tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tanpa adanya promosi, mustahil suatu usaha bisa berkembang. Banyak sekali jenis promosi yang bisa digunakan. Inilah jenis-jenis promosi yang ampuh untuk usaha kamu:

1. Pemasaran Tradisional


Pemasaran secara tradisional ini masih sering digunakan oleh pebisnis dalam rangka mempromosikan barang dagangannya. Media dalam promosi tradisional biasanya menggunakan TV, radio, koran, brosur, dan juga papan promosi lainnya. Dalam promosi tradisional, pemasaran bisa menjangkau sampai ke area yang luas, namun yang disayangkan adalah biayanya tergolong mahal sehingga kurang recommended untuk dilakukan oleh pebisnis pemula yang masih minim modal.

2. Promosi Langsung


Promosi langsung biasa digunakan dalam bentuk sales representative di mana terdapat interaksi secara langsung dengan pembeli. Dalam hal ini terdapat interaksi aktif antara kedua belah pihak dan juga berlangsung tawar menawar untuk mendapatkan sebuah kesepakatan harga.


Pebisnis yang melakukan penjualan dengan teknik ini biasanya memiliki kemampuan public speaking yang bagus di mana ia harus meyakinkan calon pembeli untuk percaya pada produknya. Jenis promosi ini bisa dikatakan menjadi promosi yang efektif karena kamu dapat berbicara secara langsung sehingga lebih interaktif.

3. Endorsement


Endorsement menjadi salah satu jenis pemasaran yang efektif digunakan di zaman seperti sekarang. Dengan memanfaatkan media sosial kamu bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis. Biaya yang dikeluarkan untuk promosi jenis ini tergantung dari influencer yang dipilih. Biasanya semakin banyak followers, maka akan semakin tinggi pula tarif yang dipatok.


Promosi jenis endorsement efektif digunakan untuk menjangkau pasar. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan promosi jenis ini sebaiknya kamu mengenali segmentasi pasar yang ingin dicapai. Kemudian selektif dalam memilih influencer, pilihlah yang mempunyai kesesuaian bidang dengan produk yang kamu jual. Kemudian jangan lupa untuk melakukan negosiasi dengan memilih influencer yang sesuai dengan kantong kamu.

4. Pemasaran Digital


Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, media sosial tak asing lagi digunakan untuk pebisnis sebagai media pemasaran dalam bentuk digital. Pemasaran digital ini efektif untuk dilakukan karena bisa menjangkau pasar yang spesifik dan juga luas. Banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk promosi seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Sampai saat ini pemasaran digital masih menjadi favorit karena harganya yang tergolong lebih terjangkau daripada pemasaran tradisional.

5. Promosi dengan Google Ads


Promosi dengan menggunakan google ads juga sering digunakan akhir-akhir ini. Dengan menggunakan layanan google ads, kamu bisa merasakan berbagai keuntungan dalam melakukan promosi. Pertama, target audiens yang spesifik. Dalam hal ini, kamu akan mendapatkan pasar yang lebih spesifik dan sesuai keinginan, karena dalam google ads kamu bisa mengatur segi demografis seperti lokasi, jenis kelamin, rentang usia, dan lain sebagainya.


Kedua, biaya dalam google ads dapat dikelola sendiri. Layanan ini akan memudahkan pebisnis untuk mengatur keuangan dengan lebih baik karena iklan yang dipasang bisa menyesuaikan budget yang tersedia. Ketiga, hasil iklan yang sesuai dengan keinginan.


Pada google ads kamu dapat mengetahui hasil campaign sehingga hal tersebut akan menjadi tolak ukur apakah promosi yang kita lakukan sudah efektif atau belum. Keempat, laporan yang ditampilkan akan lebih akurat. Dan kelima iklan yang dilakukan akan lebih optimal karena dengan bantuan tools.


Itulah tadi jenis-jenis promosi yang dapat kamu gunakan untuk menarik minat calon pembeli terhadap produk yang kamu tawarkan. Dari kelima jenis promosi tersebut, kamu bisa mengoptimalkan di salah jenis atau bisa mengkombinasikan beberapa untuk mencapai pasar yang diinginkan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.