Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Kamu
Buah duku mengandung kalori yang ternyata lebih tinggi dibandingkan buah jeruk maupun buah apel. Buah duku juga bersifat antioksidan, karena mengandung banyak vitamin C dan vitamin E sehingga sangat baik jika dikonsumsi secukupnya. Kandungan tersebut menjadikan manfaat buah duku sangat banyak untuk kesehatan. Yuk, simak baik-baik manfaatnya Berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan



Salah satu masalah pencernaan yang seringkali dialami kebanyakan orang adalah sembelit. Masalah pencernaan ini terjadi karena asupan serat yang tidak tercukupi dengan baik. Salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku karena dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi duku secara rutin agar kesehatan pencernaan terjaga. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh. Oleh karena itu, jika kamu sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi alternatif pengganti cemilan makanan manis. Ditambah, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat kamu tahan kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata



Buah duku memiliki kandungan riboflavin, yaitu senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Dari hasil penelitian dilakukan pada 2005 dalam Archives of Ophthalmology, seseorang yang mengalami kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko penyakit mata, terutama katarak. Tidak perlu khawatir, kamu bisa memelihara kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons buah duku secara rutin, yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin harian.

4. Sumber Vitamin B



Manfaat buah duku juga bisa diperoleh dari kandungan vitamin B yang melimpah. Buah duku memang menjadi sumber vitamin B karena mengandung berbagai vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, hingga niacin. Vitamin B tersebut bisa dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan dari fungsi sistem saraf di tubuh kamu.

5. Melawan Infeksi Bakteri



Ekstrak kulit dan bijinya buah duku bisa dimanfaatkan untuk melawan infeksi bakteri atau jamur. Hasil dari studi menunjukan, bahwa kulit dan biji buah duku mempunyai sifat antibakteri.  Kulit dan biji buah duku yang telah dikeringkan akan menghasilkan asam lansiolat yang membantu melawan infeksi beberapa jenis jamur, seperti Candida albican.

6. Menjaga Kesehatan Jantung



Buah duku mengandung vitamin C cukup tinggi sehingga dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah. Vitamin C yang ada dalam buah duku berperan penting untuk memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut



Duku termasuk satu di antara buah-buahan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Duku mengandung vitamin C dan vitamin D yang mampu mengatasi berbagai macam masalah mulut, seperti gusi berdarah, sariawan, dan bau napas.Selain itu, buah duku juga bisa membuat gigi jadi lebih kuat dan segar karena adanya kandungan fosfor, bahkan juga mengandung kalsium untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang.

Itulah manfaat buah duku untuk kesetanan yang bisa kamu coba. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, serta rasa duku yang enak, tidak heran jika buah ini sangat populer untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.