Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui Manfaat Buah Sawo Duku Untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui Manfaat Buah Sawo Duku Untuk Kesehatan
Buah sawo menjadi buah kegemaran masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis, legit, dan dagingnya yang lembut. Buah ini juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, folat, dan berbagai macam mineral penting bagi tubuh kamu, seperti kalsium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor. Kandungan tersebut menjadikan manfaat buah sawo sangat baik untuk kesetanan. Berikut manfaatnya:

1. Menghilangkan Stress



Manfaat buah sawo yang pertama yaitu sebagai obat penenang yang sangat efektif untuk melemaskan saraf dan mengurangi stres. Sawo memiliki kandungan tinggi Vitamin B yang membantu mengurangi stres dan mengatasi kelelahan.  Selain itu, sifat penenang yang dimiliki buah sawo ini efektif untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sawo juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko insomnia.

2. Cegah Anemia



Sawo mengandung zat besi yang dapat mencegah dari anemia zat besi. Tingkat kekurangan mineral esensial seperti zat besi menjadi penyebab kondisi kesehatan yang serius seperti anemia. Kekurangan zat besi ini dapat membuat kamu mudah lelah dan pusing. Mengkonsumsi buah sawo bisa membantu meningkatkan sel darah merah sehingga menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif.

3. Sehatkan Tulang



Sawo mempunyai jumlah kalsium berlimpah yang dapat membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang. Memberikan jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan mereka. Sawo juga sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang. Hal ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak. 

4. Melancarkan Pencernaan



Kandungan serat yang dimiliki dalam 100 gram buah sawo matang yaitu sebanyak 5,3 gram. Artinya, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi. Kandungan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah sawo dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kamu.

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, asupan serat dari sawo juga dapat membantu dalam meringankan berbagai gangguan pencernaan lain, seperti sembelit, diare, ambeien, dan gangguan pencernaan yang lainnya. Berbagai penelitian juga telah menunjukan hasil, bahwa serat dapat mencegah seseorang dari berbagai penyakit kronis di kemudian hari, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker usus besar.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 



Sawo mempunyai kandungan tanin yang tinggi, yaitu senyawa yang berfungsi sebagai anti-inflamasi alami. Hal ini membuat sawo dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Vitamin C yang ada dalam sawo juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Efek ini bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas berbahaya dan membantu mencegah efek virus, bakteri, dan parasit dalam sistem organ internal.

6. Mendetoksifikasi Tubuh



Buah sawo bertindak sebagai diuretik sehingga dapat membantu menghilangkan bahan limbah. Sawo akan mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh. 

Selain kaya akan serat makanan, vitamin A dan B, dan C, sawo juga dilengkapi dengan anti-oksidan. Karena adanya antioksidan polifenol, sapota ditemukan mempunyai beberapa sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal



Rutin mengkonsumsi buah sawo bisa menjadikan ginjal lebih bersih. Manfaat ini didapatkan karena senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini menjadikan tubuh menjadi lebih bersih dan sehat. Efek jangka panjang dari manfaat buah sawo ini pun akan membuat ginjal terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Itulah manfaat buah sawo untuk kesehatan yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengkonsumsi sawo ini dengan cara dimakan langsung atau dengan dibuat olahan yang lezat seperti jus, pudding, dan sebagainya. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.