Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahui Pengertian Panic Attack Selengkapnya Di Sini

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Panic attack adalah masalah psikologis yang harus diatasi.

Serangan panik atau dalam istilah psikologis disebut panic attack adalah rasa takut atau kegelisahan berlebihan yang datang secara mendadak. Serangan kepanikan mendadak ini umumnya dipicu oleh kegelisahan disertai dengan detak jantung yang lebih cepat, pusing, gemetar, ketegangan pada otot maupun napas yang lebih pendek.

banner consideration shipping bg blue

Kondisi yang menyertai serangan panik tersebut bisa berlangsung selama beberapa menit saja hingga sekitar setengah jam. Sesekali selama menjalani kehidupan seseorang akan mengalami panic attack dan kondisi akan normal kembali begitu faktor pemicunya hilang. Namun jika kondisi panik tersebut terjadi berulang dan berlangsung cukup lama maka harus diwaspadai akan adanya gangguan mental.

Berikut ini Penyebab Panic Attack Dapat Terjadi Pada Seseorang


1. Keturunan atau Genetik

Anda sebaiknya waspada kalau di dalam garis keluarga ada yang mengalami panic attack. Mengapa? Karena ternyata panic attack salah satunya dipicu oleh faktor keturunan atau genetik. Jadi orang yang di dalam anggota keluarganya terutama orang tua ada yang sering mengalami gangguan serangan panik kemungkinan besar bisa terjadi pada dirinya juga.

2. Karakteristik Individu

Karakter dan sifat manusia memang berbeda-beda dimana ada seseorang yang sangat sensitif pada apapun yang terjadi pada diri dan sekitarnya. Individu yang memiliki karakteristik sensitif memang lebih peka dan peduli pada sekitarnya hanya saja bisa menjadi bumerang. Bagi orang dengan karakteristik sensitif hal yang sepele saja bisa menjadi pemicu munculnya rasa panik yang berlebihan hingga menyebabkan gangguan mental.

3. Rasa Stres

Siapapun pasti pernah mengalami stres hanya saja responnya bermacam-macam. Ada orang yang memiliki toleransi tinggi pada rasa stres yang dirasakannya sehingga bisa mengelolanya dengan baik dan tidak menimbulkan gangguan. Namun bagi orang yang sangat mudah dipengaruhi oleh stres yang dialaminya otomatis akan lebih besar potensinya terkena serangan panik.

4. Trauma

Orang yang pernah mengalami trauma tertentu pada hidupnya dan membuat dirinya sangat tertekan. Orang yang pernah mengalami hal semacam ini sangat rentan terkena serangan panik.

banner consideration promotion bg blue

Penanganan pada Panic Attack


Apa yang harus dilakukan oleh individu yang mengalami panic attack? Penanganan pada serangan panic atau panic attack bertujuan untuk mengurangi frekuensi dan intensitas serangan kepanikan agar kualitas hidupnya bisa lebih baik. Setidaknya terdapat dua jenis penanganan pada serangan panik tersebut, yaitu :

1. Pemberian Obat-Obatan

Dokter dalam hal ini psikiater akan memberikan penanganan medis berupa pemberian obat-obatan antara lain :

  • Venlafaxine
  • Fluoxetine
  • Alprazolam
  • Sertraline
  • Clonazepam

Obat-obatan tersebut setidaknya diberikan untuk dikonsumsi oleh penderita serangan panik selama sekitar 1 tahun.

2. Terapi

Selain pemberian obat-obatan, penanganan pada penderita panic attack bisa berupa terapi. Jenis terapi yang diberikan adalah terapi kognitif dimana penderita akan diberikan semacam bimbingan untuk mendapatkan pemahaman bahwa serangan rasa panik tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya.


Terapi juga bertujuan untuk membantu penderita belajar untuk mengatasi rasa panik yang datang secara mandiri. Penderita juga akan diubah cara pandangnya dalam menghadapi kepanikan dari respon yang negatif menjadi positif.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Dari penjelasan yang diberikan diatas bisa disimpulkan bahwa panic attack adalah hal yang lumrah dialami oleh seseorang. Namun ketika datangnya lebih sering dan terjadi dalam jangka waktu lama bisa jadi sudah menjadi sebuah gangguan pada kesehatan mental orang tersebut. Maka, jika Anda merasakan ada gejala atau tanda panic attack, segera konsultasikan ke dokter kesehatan mental atau psikiater agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.