Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahui Penyebab Down syndrome Serta Gejala yang Dialaminya

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak penyebab Down syndrome yang wajib diketahui.

Penyakit Down syndrome adalah kelainan genetik yang dibawa sejak bayi lahir. Penyebab down syndrome adalah adanya kesalahan dalam pembelahan sel sehingga anak mengalami kelebihan kromosom. Penyakit ini mengakibatkan penderita mengalami gangguan kecerdasan, mental, dan perubahan fisik yang khas.

banner consideration shipping bg blue


Down syndrome adalah kelainan genetik yang sering terjadi dan belum dapat disembuhkan. Wanita yang hamil di usia terlalu muda atau terlalu tua memiliki risiko tinggi melahirkan anak dengan kondisi Down syndrome. Apa saja penyebab Down syndrome dan bagaimana gejalanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Gejala dan Penyebab Penyakit Down syndrome

Bayi yang terdiagnosa Down syndrome mudah dikenali dari roman mukanya. Anda bisa mengenali dari beberapa tampilan wajah antara lain: profil muka yang datar dan bentuk mata yang mengarah ke atas. Bayi Down syndrome memiliki bentuk telinga yang tidak normal, mengalami lemah otot, dan kelenturan yang berlebihan pada tiap persendiannya.


Down syndrome adalah penyakit kelainan genetik yang terjadi sejak bayi berada di dalam kandungan. Penyakit ini disebabkan karena kesalahan proses pembelahan sel embrio yang mengakibatkan terjadinya kelebihan kromosom. Berikut adalah hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit Down syndrome pada bayi yang lahir:

1. Faktor Genetik/Keturunan dari Orangtua


Sekitar 4% kasus Down syndrome adalah akibat genetik yang diwariskan dari salah satu orangtua. Seorang pembawa genetik (carrier) bisa saja tidak menunjukkan gejala dan tanda-tanda Down syndrome, tapi dia dapat menurunkannya ke janin.


Risiko menurunkan penyakit ini tergantung jenis kelamin orangtua yang menjadi carrier. Apabila sang ayah yang menjadi pembawa genetik, maka risiko menurunkan penyakit Down syndrome pada janin adalah 3%. Jika sang ibu yang menjadi carrier, maka risiko menurunkan penyakit Down syndrome adalah sekitar 10-15%.

2. Pernah Melahirkan Bayi yang Memiliki Penyakit Down Syndrome


Wanita yang pernah mengandung dan melahirkan bayi dengan penyakit Down syndrome memiliki peluang melahirkan bayi dengan penyakit yang sama. Sang ibu memiliki risiko 1:100 untuk memiliki bayi selanjutnya yang juga mengidap Down syndrome.

3. Hamil di Usia Terlalu Tua


Penyebab Down syndrome yang cukup sering terjadi adalah ibu yang hamil di usia tua. Wanita yang hamil pada usia di atas 30 tahun memiliki risiko 1:800 untuk melahirkan bayi dengan Down Syndrome. Risiko ini meningkat menjadi 1:350 pada wanita yang hamil pada usia di atas 35 tahun.

banner consideration promotion bg blue

4. Kekurangan Asam Folat


Down syndrome dapat dipicu akibat kekurangan asam folat di dalam tubuh. Wanita hamil yang mengalami defisit asam folat akan mengalami penurunan metabolisme tubuh dan berpengaruh terhadap proses genetik dan pembelahan sel. Oleh karenanya wanita hamil harus rajin mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi.

5. Ibu yang Merokok


Rokok mengandung zat beracun yang sering mengakibatkan bayi terlahir Down syndrome. Zat beracun ini dapat memengaruhi pembentukan kromosom janin. Ibu hamil perokok mengalami perubahan rantai kromosom menjadi lebih pendek dibanding normal. Ibu hamil yang merokok dapat menyebabkan bayi lahir dengan penyakit pada jantung dan otak.

6. Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan yang berisiko menyebabkan bayi lahir dalam kondisi Down syndrome adalah adanya paparan zat kimia atau zat asing yang diterima ibu hamil. Seorang ibu hamil sangat berisiko jika menghirup udara yang kotor akibat polusi udara yang tinggi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Demikianlah gejala serta penyebab Down syndrome yang bisa yang bisa dibahas. Ibu hamil yang tidak bersifat carrier harus menjaga kandungannya agar janin tidak menderita penyakit ini. Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan tanpa pengawet, pewarna, dan perasa buatan yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.