Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahui Tujuan Berbisnis Sebelum Anda Memulai Sebuah Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Tujuan berbisnis menjadi hal penting dalam memulai sebuah usaha.

Perlukah mengetahui apa sebenarnya tujuan berbisnis itu? Menjadi seorang pebisnis adalah sebuah keputusan yang cukup berani di saat kebanyakan orang lebih memilih cara aman dengan menjadi karyawan. Namun keberanian tersebut haruslah terukur dan menggunakan metode yang tepat. Itulah salah satu alasan mengapa memahami dulu apa tujuan bisnis perlu dilakukan.

Gambaran mudahnya seperti jika kita akan pergi tentunya harus jelas dulu kemana tujuannya agar bisa tahu dengan pasti bagaimana cara agar sampai ke tempat tersebut, apakah cukup jalan kaki atau perlu kendaraan. Begitu juga dengan bisnis yang akand dijalani harus ditentukan dulu apa yang menjadi tujuannya agar lebih mudah menyusun rencana dan strateginya.

banner consideration shipping bg blue

Pengertian dari Bisnis


Sebelum membahas lebih detail mengenai tujuan bisnis tidak ada salahnya memahami dulu apa yang dimaksud dengan bisnis. Definisi dari bisnis sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan, lembaga ataupun badan hukum yang didalamnya terdapat proses pembuatan atau produksi, pembelian, penjualan serta pertukaran barang maupun jasa.

Aktivitas dan kegiatan yang dilakukan seperti penjelasan di atas tersebut memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba. Bisnis bisa juga diartikan sebagai keseluruhan aktivitas yang dilakukan secara terorganisir oleh seseorang yang tidak berurusan di bidang perniagaan dan industri dalam rangka untuk menyediakan barang dan jasa bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat (Musselman).

Pengertian bisnis yang lainnya adalah serangkaian kegiatan terkait pembelian maupun penjualan barang dan jasa oleh pihak tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang (Peterson dan Plowman).

banner consideration promotion bg blue

Tujuan Berbisnis


Lalu apakah tujuan dari orang ataupun perusahaan dengan melakukan bisnis tersebut? Meskipun secara umum tujuan dari bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan atau laba namun secara luas tidak hanya terbatas pada hal tersebut saja.

Tujuan dari bisnis bisa dilihat dari beberapa kepentingan yang ada didalamnya. Kepentingan yang dimaksud yaitu kepentingan pemilik bisnis, kompetitor, karyawan, konsumen, supplier, masyarakat secara umum dan juga pemerintah. Jadi memang sebenarnya tujuan berbisnis tidak semuanya bersifat profit oriented atau mengejar laba semata.

Bahkan ada juga bisnis yang tujuannya adalah untuk menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu yang lama, mendapatkan kemajuan serta pertumbuhan yang positif dan meraih prestise maupun prestasi di mata masyarakat.

Berdasarkan penjelasan diatas maka secara mudah tujuan berbisnis bisa diuraikan sebagai berikut.

  1. Menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Meningkatkan kesejahteraan dari pemilik bisnis ataupun semua orang yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut.
  3. Menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara umum.
  4. Menambah tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat pada umumnya.
  5. Menunjukkan kinerja dan gengsi atau prestise.
  6. Menunjukkan keberadaan dan eksistensi pada sebuah perusahaan dalam waktu yang lama (jangka panjang).

Manfaat dari Bisnis


Selain memiliki tujuan tertentu bisnis juga mempunyai manfaat tertentu, diantaranya yaitu :

  1. Untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat.
  2. Bisa menjadi bos bagi diri sendiri.
  3. Menggaji orang lain dan diri sendiri.
  4. Lebih leluasa untuk mengatur waktu.
  5. Mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah pengertian dan tujuan berbisnis yang harus Anda pahami. Bisnis menjadi solusi bagi Anda yang memang sudah merasa jenuh dan bosan sebagai karyawan kantoran. Namun sebelum memulai usaha sendiri pastikan Anda sudah mengetahui dan memahami apa tujuan berbisnis beserta manfaat, fungsi dan hal penting lainnya. Dengan begitu, proses menjalankan bisnis bisa dilakukan dengan lebih baik dan matang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.