Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahuilah 3 Cara Mengatasi Paranoid Yang Berlebihan

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak cara mengatasi paranoid yang mudah dilakukan di rumah.

Cara mengatasi paranoid pada para penderitanya memerlukan penanganan yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Paranoid merupakan suatu gangguan psikologis dimana penderitanya akan mengalami kecurigaan dan ketakutan yang berlebihan. Penyebab pasti dari gangguan ini belumlah diketahui.


Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya ketakutan yang berlebihan ini antara lain adalah tekanan batin, stroke, demensia, skizofrenia, trauma psikologis, dan bahkan insomnia. Mengkonsumsi narkoba dan juga minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab munculnya gangguan paranoid pada seseorang.

banner consideration shipping bg blue

Ciri-Ciri Paranoid


Tidak setiap orang yang mengalami ketakutan atau kecurigaan bisa disebut menderita paranoid. Ketakutan atau kecurigaan merupakan hal yang biasa dialami oleh seseorang, namun masih dalam taraf yang wajar. Hal ini sangat berbeda dengan para penderita paranoid. Perlu pemeriksaan kejiwaan sebelum seseorang dipastikan mengidap paranoid.


Orang yang menderita paranoid biasanya bersikap lebih perfeksionis dan independen dalam banyak hal. Mereka tidak ingin bergantung terhadap orang lain . Beberapa ciri lain dari penderita paranoid adalah sebagai berikut.

  1. Kesulitan untuk bekerja sama dengan pihak lain.
  2. Sensitif terhadap kritikan.
  3. Mudah marah.
  4. Mudah memusuhi orang lain.
  5. Kesulitan untuk memahami persoalan yang dihadapi mereka sendiri.
  6. Secara sosial mudah terisolasi.

Sikap acuh dan curiga seringkali ditunjukkan oleh pengidap gangguan paranoid apabila bertemu dengan orang lain terutama dengan orang baru. Penderita selalu beranggapan bahwa orang lain tersebut akan menyakiti atau bermaksud jahat terhadap mereka.

Beginilah 3 Cara Mengatasi Paranoid Yang Perlu Diketahui

Gejala yang umum dijumpai pada penderita paranoid adalah tidak adanya rasa percaya terhadap orang lain. Penderita merasa sangat takut bahwa mereka akan disakiti. Penanganan terhadap rasa takut yang berlebihan ini perlu dilakukan secara tepat. Inilah beberapa cara mengatasi paranoid yang bisa diambil oleh penderita:

1. Pemberian Obat-Obatan


Pemberian obat-obatan tidak selalu diberikan sebagai cara penanganan penderita gangguan paranoid. Obat biasanya akan diberikan kepada penderita yang memiliki gangguan penyerta seperti ketergantungan narkoba, gejala depresi, gangguan cemas, atau juga gangguan perilaku.


Obat-obatan akan diberikan bersama dengan penanganan lainnya atau terapi psikologis. Pemberian obat bukanlah penangan yang utama karena yang perlu dilakukan adalah mencari sumber penyebab paranoid tersebut dan mengatasinya. Tapi perlu diingat bahwa pemberian obat-obatan ini harus berdasarkan resep dan anjuran dari dokter dan tidak bisa sembarangan.

banner consideration promotion bg blue

2. Melakukan Terapi Psikologis


Psikoterapi atau terapi psikologis bersama dengan psikolog atau psikiater. Terapi ini biasanya akan memerlukan jangka waktu yang cukup panjang. Psikolog atau psikiater akan melakukan rangkaian pemeriksaan sebelum membuat diagnosis tentang kondisi penderita paranoid.


Informasi-informasi dari penderita seputar masa kecil mereka, lingkungan sekolah, pekerjaan, dan juga keluarga akan sangat mendukung hasil diagnosa. Apabila sudah diperoleh diagnosa, maka akan diketahui jenis terapi yang sesuai bagi penderita tersebut. Terapi untuk satu penderita mungkin akan berbeda dengan penderita lainnya.

3. Detoksifikasi


Detoksifikasi akan dilakukan pada orang yang menderita paranoid yang juga mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Tubuh perlu dibersihkan dari pengaruh obat-obatan terlarang. Hal ini perlu untuk dilakukan karena konsumsi obat-obatan terlarang dapat menyebabkan terjadinya gangguan mental. Hal ini seringkali tidak disadari oleh para pengguna obat terlarang.


Sampai saat ini, ketakutan dan kecurigaan yang berlebih memang belum bisa disembuhkan. Namun kondisi ini dapat diminimalisir. Penanganan dan juga pengobatan yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi gejala-gejala yang dialami oleh penderita. Langkah penanganan juga akan mengubah pola pikir penderita agar lebih baik.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Demikianlah cara mengatasi paranoid yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala dan mengubah pola pikir menjadi lebih baik. Mengenali ciri paranoid dapat membantu seseorang segera melakukan konsultasi terhadap psikolog atau psikiater apabila merasa janggal dengan rasa takut mereka.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.