Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahuilah 3 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Mental

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat tertawa sangat penting untuk kesehatan mental setiap hari.

Adakah kaitan antara manfaat tertawa dengan kesehatan mental? Sebelum mengetahuinya, coba perhatikan anak-anak kecil di sekitar kita. Tampak bahwa mereka sangat mudah tertawa. Bahkan bayi sekalipun, sering tertawa tanpa alasan yang jelas. Hal ini menunjukkan bahwa tertawa merupakan kemampuan alamiah manusia.

Seiring bertambahnya usia, intensitas tertawa semakin berkurang karena orang menganggap kehidupan dewasa harus dihadapi dengan serius. Muncul anggapan bahwa orang yang mudah tertawa tidak akan sukses karena selalu bercanda dalam memandang hidupnya. Sayang sekali, padahal tertawa memberikan dampak positif, baik terhadap tubuh, maupun mental seseorang.

Sebaiknya seseorang mempertahankan kemampuan menerima dan memunculkan humor dalam hidupnya, sebab banyak sekali manfaat tertawa bagi kesehatan, terutama kesejahteraan mental. Orang yang mampu melihat sisi lucu dari setiap keadaan, biasanya memiliki kesehatan mental yang lebih stabil. Berikut ini adalah berbagai manfaat tertawa:

banner consideration shipping bg blue

1. Tertawa Meredakan Stres


Kaitan antara tertawa dengan kesehatan mental yang pertama adalah manfaatnya dalam meredakan stres. Saat pikiran sedang tertekan akibat suatu hal, tubuh bereaksi dengan menjadi lebih tegang dan kaku, sehingga justru mengakibatkan keluhan kesehatan. Contohnya adalah muncul rasa sakit kepala, tengkuk kaku, bahkan gangguan pada jantung.

Untungnya, tertawa dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot tubuh. Tubuh seseorang yang tertawa lepas akan menjadi lebih rileks, bahkan hingga 45 menit sesudahnya. Kondisi ini dapat mengurangi tekanan yang muncul akibat stres. Lambat laun, saat tubuh menjadi lebih santai, stres pun akan berkurang.

2. Membantu Menonjolkan Sikap Mental Positif


Tertawa memicu pelepasan hormon endorfin yang memberikan rasa bahagia dalam diri manusia. Hal ini memunculkan sikap mental positif yang membuat seseorang merasa mampu menghadapi kesulitannya. Selain itu, pelepasan hormon tersebut juga membantu dalam mengurangi rasa sakit secara alami.

Saat seseorang merasa tubuhnya sehat dan pikirannya positif, ia akan lebih mampu menghadapi masalah dan tidak rentan terhadap stres. Perlu diketahui bahwa stres berkepanjangan dapat mengakibatkan gangguan pada mental. Oleh sebab itu, tertawa lepas saat ada sesuatu yang lucu dapat mencegah kita mengalami gangguan mental.

banner consideration promotion bg blue

3. Tertawa Mengurangi Rasa Khawatir Berlebihan


Ada beberapa orang, mampu melihat sisi lucu dari kesulitan yang dihadapinya. Ternyata hal ini cukup membantunya. Saat menghadapi suatu masalah berat, biasanya orang akan merasa khawatir akan kemungkinan terburuk. Namun, saat mampu melihat sisi lucunya, ia akan menjadi lebih santai dan justru menemukan solusinya.

Kita perlu mengetahui bahwa rasa cemas yang berlebihan akan menimbulkan gangguan mental. Kekhawatiran akan sesuatu, apabila berlebihan akan dapat menimbulkan halusinasi yang berbahaya. Oleh sebab itu, jaga agar mood selalu baik, positif, dan bahagia, salah satunya dengan memelihara rasa humor, sehingga mudah tertawa.

Melihat manfaatnya, sangat penting bagi kita untuk kembali melatih sense of humour kita, seperti semasa kecil dahulu. Itulah sebabnya, saat ini konten humor dan candaan banyak ditemui di sosial media. Namun, perlu diketahui bahwa yang perlu kita kembangkan adalah selera humor sehat. Bukan tertawa akibat tren prank atau aksi jail yang merugikan orang lain.

Budaya prank yang berkembang saat ini sudah semakin banyak yang tidak sehat. Menertawakan kesialan seseorang akibat suatu jebakan, tentunya tidak akan memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Justru, pada akhirnya akan hilang rasa empati dalam diri yang membuat kita menjadi pribadi egois. Hal ini malah menimbulkan masalah mental baru bagi kita.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Humor yang sehat adalah saat kita tertawa bersama, tanpa harus merugikan ataupun menyakiti orang lain. bergembira bersama teman dan keluarga akan memberikan manfaat tertawa yang bagus bagi kesehatan mental. Kembangkan humor yang sehat agar dapat tertawa lepas, tanpa berubah menjadi pribadi merugikan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.