Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahuilah 4 Cara Menenangkan Bayi Rewel Di Malam Hari

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Sep 2021
Clock Icon
2 menit
Cara menenangkan bayi rewel di malam hari penting diketahui dan diterapkan dengan baik dan benar.

Sebenarnya, cara menenangkan bayi rewel di malam hari cukup sederhana dan tidak rumit. Cara yang tepat tentunya adalah dengan mencari tahu penyebab bayi itu rewel. Kebiasaan menangis pada bayi terutama saat malam hari ini merupakan salah satu proses bayi tumbuh dan berkembang. Bayi newborn hingga usia enam bulan akan sering menangis di malam hari dan perlahan akan mulai berkurang  seiring usia yang terus bertambah.


Menjelang tidur malam, biasanya bayi akan menangis karena merasa kurang nyaman atau gelisah. Hal tersebut masih terbilang normal asal tidak ada tanda bayi sedang merasakan sakit. Tentu saja tangisan tersebut harus segera dihentikan dan si kecil ditenangkan, agar ia dapat segera atau kembali tidur. Jika si kecil mendadak menangis atau menggeram ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab bayi menangis di malam hari.


Cara menenangkan bayi rewel di malam hari bisa dengan beberapa hal. Mulai dari menggendong hingga memberikan susu. Berikut ini adalah cara yang bisa dicoba untuk bisa menenangkan bayi rewel di malam hari.

1. Menggendong Bayi


Cara menenangkan bayi rewel di malam hari yang pertama adalah dengan memberikan pelukan atau menggendongnya. Ini adalah cara ampuh yang bisa dilakukan Lemoparents. Biasanya ini bisa dilakukan pada bayi yang terbangun karena kaget akan suara tertentu atau mungkin digigit nyamuk.

2. Memberikan Susu


Jika saat digendong bayi masih rewel bisa mencobanya dengan memberikan susu. Rewel bisa juga dikarenakan si kecil merasa lapar saat tengah tertidur. Jika perutnya sudah kenyang maka bayi akan tenang dan tidur nyenyak kembali.

3. Menyalakan Musik Klasik


Jika bayi tidak lapar dan tidak mau menyusu coba tetap gendong bayi dan nyalakan musik klasik. Tak hanya itu, musik dengan irama white noise seperti gemericik air, kicau burung, dan semacamnya bisa memberikan ketenangan pada bayi. Jangan lupa untuk membuat suara “ssshhh” agar tangisan bayi bisa cepat berhenti.

4. Berikan Stimulasi Sentuhan


Usap punggung bayi atau pijat kaki bayi secara lembut, bisa juga dengan mengusap kepala bayi. Stimulasi sentuhan tersebut bisa menenangkanlebih cepat sehingga si kecil bisa kembali tertidur pulas. Jangan lupa untuk meredupkan atau mematikan lampu kamar dan ganti dengan lampu tidur agar suasana kamar lebih mendukung untuk bayi tidur.


Nah, itu dia beberapa cara menenangkan bayi rewel di malam hari yang bisa dicoba. Cukup mudah bukan? Kuncinya jangan panik dan jangan emosi. Jika memang lelah lakukan bergantian dengan suami untuk menenangkan bayi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.