Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahuilah 4 Manfaat Baik Buah Duwet untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah duwet yang penting untuk tubuh.

Buah duwet dikenal juga dengan sebutan buah jamblang yang kini sudah mulai sulit ditemukan di pasaran, terutama di daerah perkotaan. Manfaat buah duwet sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi. Di dalam buah duwet mengandung serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalsium, natrium, magnesium, protein dan berbagai kandungan mineral lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain tumbuh di kawasan Indonesia, buah duwet juga ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Termasuk di negara Asia Selatan seperti India, Sri Lanka, Bangladesh. Buah ini termasuk cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak julukan di setiap daerah. Sebutan buah ini di antaranya adalah jambolan, jamun, jambul, plum jawa dan lain-lain.

Sejak dahulu buat duwet digunakan untuk pengobatan herbal. Buah duwet dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya yang paling populer di kalangan masyarakat yaitu untuk mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes. Berikut ini beberapa manfaat buah duwet yang harus diketahui:

1. Mengobati Gangguan Pencernaan


Buah duwet dipercaya bisa menjadi astringent dan mendinginkan bagian pencernaan, terutama pada organ usus. Oleh karena itu buah duwet banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi diare kronis dan gangguan pencernaan lain. Selain dapat membantu mengobati gangguan pencernaan, buah duwet juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

2. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah


Buah duwet cukup populer sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji buah duwet bisa digunakan untuk menjaga kadar gula pada penderita diabetes melitus. Itu karena di dalamnya mengandung kalsium, mangan, kromium, kalium, tembaga, dan zinc yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja insulin. Namun belum ada penelitian lebih lanjut yang meneliti bagian daging buahnya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah duwet dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah duwet secara rutin, tubuh akan lebih kuat melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Kandungan fitokimia bioaktif termasuk senyawa polifenol dan flavonoid yang ada di dalam buah duwet memiliki manfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan Melawan Radikal Bebas


Manfaat buah duwet selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Di dalam biji buah duwet mengandung asam ellagic yaitu salah satu jenis senyawa polifenol. Polifenol termasuk senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Tubuh akan mengalami stres oksidatif karena disebabkan tidak seimbangnya jumlah radikal bebas di dalam tubuh.


Kondisi tersebut dapat memicu naiknya kolesterol LDL yang bisa membuat naiknya tekanan darah dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalam buah duwet dapat mencegah stres oksidatif dengan cara memproduksi nitrit oksida dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dengan begitu tekanan darah pada tubuh akan turun dan kembali stabil.


Demikian 4 manfaat buah duwet yang sangat baik untuk kesehatan. Meski kini buah duwet semakin sulit ditemukan, namun buah ini menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan. Jadi, ketika Lemonizen menemukan buah ini maka jangan ragu untuk mengkonsumsinya ya. Dengan begitu, manfaat duwet bisa didapatkan untuk kesehatan!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.