Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Teknik Komunikasi Pada Anak yang Bisa Membuat Komunikasi Lebih Lancar

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Teknik komunikasi pada anak penting dipelajari orang tua di rumah.

Setiap orang tua sebaiknya mengetahui dan memahami bagaimana cara dan teknik komunikasi pada anak yang baik. Setiap anak membutuhkan curahan perhatian dari orang tuanya salah satunya melalui komunikasi yang terjalin dengan lancar. Jika komunikasi anak dan orang tua berjalan efektif maka setiap permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik.


Pada dasarnya tidak ada anak yang nakal, namun perilaku kurang baik yang ditunjukkan oleh anak adalah cara untuk mendapatkan perhatian. Perilaku kurang baik yang ditunjukkan oleh anak bisa jadi merupakan cara mereka untuk bisa mendapatkan perhatian. Kondisi tersebut sangat mungkin dipicu oleh kurang lancarnya komunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua. Oleh sebab itu selalu usahakan sebuah komunikasi yang baik dengan anak.


Perlu orang tua pahami juga, bahwa setiap anak memiliki masalahnya masing-masing sesuai dengan rentang usianya. Kewajiban orang tua untuk mendengarkan semua keluh kesah anak dan mencarikan solusi terbaik bagi masalah yang mereka hadapi. Hal seperti ini bukan hanya berlaku untuk anak yang sudah remaja dan dewasa saja melainkan juga usia yang jauh di bawahnya.


Justru komunikasi dengan anak harus dibina sejak mereka masih kecil agar nantinya terbiasa membicarakan semua permasalahan kepada orang tua. Nah, inilah teknik dan tips yang bisa dilakukan agar komunikasi dengan anak berjalan efektif.

1. Selalu Mendengarkan Anak


Sudah menjadi sesuatu yang wajar kalau anak cenderung menceritakan apapun yang mereka lihat dan alami kepada orang tuanya. Saat mereka menceritakan hal apapun sempatkan waktu untuk mendengarkannya. Biarpun yang mereka ceritakan adalah hal yang sangat sepele tetap jadilah pendengar yang baik.


Dengan begitu anak akan merasa bahwa apapun yang ada di dalam pikirannya bisa dibagikan dengan orang tuanya. Anak akan merasa nyaman sehingga tidak mencari kesenangan di luar rumah yang bisa membawa hal-hal negatif.

2. Ajak Anak Bercerita


Orang tua harus cermat dan peka melihat gerak gerik dan bahasa tubuh anak. Kalau merasa ada yang berbeda dari gerak gerik dan bahasa tubuh mereka kemungkinan ada masalah yang sedang dihadapi. Jangan menunggu terlalu lama agar anak menceritakan hal tersebut, sebaliknya pancing mereka untuk bicara.


Orang tua bisa memulainya dengan mengajak anak bercerita tentang apapun dan setelah dirasa nyaman tanyakan pelan-pelan apa yang sedang mereka pikirkan. Yakinkan anak kalau mereka bisa menceritakan apapun kepada Anda sebagai orang tuanya.

3. Bicara pada Waktu yang Tepat


Agar komunikasi dengan anak bisa berlangsung dengan lancar, nyaman dan efektif cari waktu yang pas untuk mengajak mereka bicara. Kalau ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada anak pilih waktu ketika mereka sedang santai dan suasana hatinya bagus. Kalau bicara pada waktu yang salah justru akan membuat anak merasa tidak nyaman dan menghindari pembicaraan.

4. Hargai Pendapat Anak


Masih banyak orang tua yang selalu menganggap bahwa pendapatnya pasti benar dan apa yang dikatakan anak pasti salah. Ini adalah sesuatu yang keliru dan harus dibenahi. Sekalipun Anda merasa tidak cocok dengan apa yang dikatakan anak dengarkanlah lebih dulu agar mereka merasa dihargai. Tanyakan kepada anak mengapa mereka memiliki pendapat seperti itu. Jika ada yang keliru atau salah pada pendapat anak maka tugas orang tua untuk memberitahukan hal yang benar.


Dengan memahami bagaimana cara dan teknik komunikasi pada anak yang efektif maka mereka akan merasa nyaman di rumah bersama orang tuanya. Dengan begitu mereka tidak lagi merasa harus mencari kehangatan di luar rumah yang bisa mendekatkan anak pada perilaku negatif. Jadi, jangan pernah abaikan pentingnya komunikasi pada anak ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.