Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahuilah 5 Manfaat Daun Rambusa untuk Kesehatan Tubuh!

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun rambusa untuk tubuh yang wajib diketahui.

Tidak banyak masyarakat yang sudah mengetahui manfaat daun rambusa. Tanaman ini memiliki nama latin Passiflora foetida, L. Pada beberapa daerah di Indonesia, buah rambusa ini juga memiliki sebutannya sendiri. Di daerah Jawa Barat, nama tumbuhan ini adalah buah rajutan, sedangkan di pulau Jawa, ada yang menyebutnya sebagai ceplukan blunsung.


Sementara itu, masyarakat Kalimantan Tengah menyebutnya dengan nama buah cemot. Terlepas dari perbedaan nama ini, ternyata buah dan daun rambusa memiliki banyak manfaat. Biasanya rambusa yang merupakan tumbuhan merambat ini tumbuh liar. Masyarakat meyakini bahwa ini termasuk salah satu jenis makanan ular. Namun, siapa sangka, ternyata manfaatnya bagi kesehatan. Tidak hanya buahnya, daunnya juga memiliki banyak khasiat. Inilah beberapa manfaat daun rambusa untuk kesehatan tubuh:

1. Memperkuat Tulang dan Gigi


Di dalam daun rambusa terkandung sejumlah magnesium dan kalsium. Tentu saja ini membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu saja, daun tumbuhan liar yang memiliki tekstur berbulu halus ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk gusi.


Mengonsumsi ekstrak daunnya merupakan cara yang praktis dan cocok dengan kepadatan aktivitas masyarakat kota. Ditambah lagi, tentu tidak mudah menemukan tumbuhan ini di kota. Namun, masyarakat pedesaan dan pedalaman, masih bisa menemukannya, sehingga bisa memanfaatkan dengan cara merebus daunnya.

2. Menjaga Kadar Kolesterol


Manfaat lain dari daun rambusa adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini terkait dengan kandungan polifenol. Zat tersebut bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan. Manfaatnya bagi tubuh adalah memperbaiki laju darah dan mencegah timbulnya plak.


Polifenol ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sebaliknya, zat tersebut juga merangsang peningkatan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, pembuluh darah lebih sehat. Menurunnya LDL berpengaruh pada kadar kolesterol yang juga ikut turun.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah, artinya juga akan memengaruhi kinerja jantung. Kandungan kalium, magnesium, kalsium, dan natrium pada daun rambusa juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. aliran darah yang lancar mengakibatkan kerja jantung tidak terlalu berat.

4. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah


Satu lagi manfaat kandungan polifenol yang ada pada daun rambusa adalah sebagai penurun kadar gula dalam darah. Tentu ini sangat berguna bagi penderita diabetes. Polifenol mampu menurunkan kadar gula dalam darah, dan membuatnya lebih stabil.


Zat antioksidan ini juga memicu tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak. Selain itu, juga meningkatkan sensitivitas tubuh terhadapnya, sehingga dapat memberi sinyal pada hati dan dan otot untuk mengubah gula dalam darah menjadi glikogen dan trigliserida. Dengan demikian, kadar gula dalam darah pun menurun.

5. Meredakan Sakit Kepala dan Sebagai Obat Luka


Masyarakat tradisional di India, ternyata juga memanfaatkan buah dan daun rambusa ini sebagai obat luka. Manfaat lainnya adalah untuk untuk mengobati sakit kepala. Cara penggunaannya adalah dengan meremasnya, kemudian diletakkan di atas luka, atau kening.


Rambusa memiliki kandungan analgesik dan hidro alkohol yang merupakan zat pereda nyeri. Daun rambusa juga memiliki kandungan zat besi yang membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Mekanisme ini akan bermanfaat dalam penyembuhan luka menjadi lebih cepat.


Melihat begitu banyak manfaat daun rambusa, tak heran jika saat ini banyak orang yang menjualnya. Baik itu dalam kondisi segar, maupun ekstraknya. Saat ini juga sudah banyak sekali obat herbal yang terbuat dari daun rambusa dan bisa dikonsumsi. Meski begitu, tetap dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter lebih dulu sebelum menggunakan daun rambusa untuk mengatasi berbagai penyakit.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.