Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahuilah 5 Manfaat Lari yang Baik untuk Kesehatanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat lari yang penting untuk kesehatan tubuh.

Lari merupakan salah satu jenis aktivitas atau olahraga yang dapat kita lakukan di waktu luang demi terjaganya kesehatan tubuh. Tak hanya dikenal dapat menjaga kondisi badan tetap dalam keadaan prima, banyak manfaat lari lainnya bisa dirasakan ketika kita melakukannya terutama jika secara rutin. Dengan olahraga lari yang biasa kita lakukan atau dilakukan secara rutin, berikut beragam manfaatnya:

1. Bantu Menurunkan Berat Badan


Olahraga lari dikenal sebagai salah satu cara untuk membakar kalori. Sehingga olahraga ini baik untuk menurunkan berat badan maupun menjaga berat badan agar tetap ideal. Pembakaran kalori ini bergantung pada kecepatan, jarak lari, serta besaran berat badan. Secara tidak langsung, lari juga dapat mencegah kolesterol, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Lutut


Tak hanya baik untuk berat badan saja, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa olahraga lari juga dapat menjaga lutut tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, pada studi lain pun disebutkan bahwa lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul. Namun perlu diingat, jika sedang dalam kondisi masalah pada sendi, sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas fisik ini secara rutin.

3. Mencegah Osteoporosis


Mungkin manfaat berlari yang satu ini sudah cukup banyak diketahui. Ya, olahraga ini memang dikenal mampu mencegah berkurangnya kepadatan tulang dan tentunya membuat tulang kita lebih sehat juga lebih terjaga.

4. Mengurangi Risiko Jantung Koroner


Dengan berlari secara rutin, dipercaya aliran darah kita akan lebih lancar. Tak hanya itu, aktivitas ini juga memicu produksi hormon dan enzim yang menjadi perangsang otot serta organ jantung guna bekerja lebih baik. Hal inilah yang akan membuat jantung kita lebih terjaga kesehatannya. Hal ini didukung oleh beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga lari yang dilakukan secara rutin, dapat menurunkan risiko adanya penyakit kardiovaskular.


Tak hanya itu saja, dengan berlari selama 30 menit atau setengah jam setiap harinya, bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik yang ada pada tubuh. Kadar trigliserida dan lemak tak baik dalam tubuh pun dapat turut berkurang.

5. Memperbaiki Suasana Hati


Tak hanya baik untuk fisik, ternyata olahraga lari juga bermanfaat untuk psikis atau mental kita, karena juga dikenal mampu memperbaiki suasana hati karena aktivitas ini dapat membantu produksi hormon endorfin di dalam tubuh, yakni hormon yang memiliki peranan untuk melawan stres.


Supaya aktivitas lari kita berjalan lebih lancar dan menyenangkan, kita bisa menerapkan beberapa tips ini, seperti: memilih sepatu lari yang nyaman, melakukan pemanasan sebelumnya, awali dengan berjalan kaki sekitar 5 menit, lakukan kombinasi antara lari dan berjalan dalam beberapa menit, tingkatkan intensitas lari secara bertahap, dan lakukan pendinginan setelah selesai berlari.


Itu dia beberapa manfaat lari yang sangat baik untuk kesehatan bisa kita rasakan terlebih jika rutin melakukannya. Untuk gaya hidup yang lebih sehat, tak hanya olahraga saja yang dibutuhkan, namun memilih asupan yang baik pun harus mulai kita jalankan. Dengan begitu, hidup yang sehat dengan badan yang bugar bisa Anda dapatkan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.