Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ketahuilah 5 Manfaat Sunscreen untuk Kecantikan Kulit

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat sunscreen yang penting diterapkan setiap hari.

Sunscreen adalah produk yang wajib kamu miliki sebagai rangkaian skincare rutin. Apalagi untuk orang Indonesia yang pada dasarnya tinggal di daerah tropis, intensitas paparan sinar mataharinya lebih tinggi. Manfaat sunscreen tidak hanya untuk melindungi kulit kamu dari sinar matahari, tetap banyak manfaat lainnya yang harus kamu ketahui.


Sunscreen mengandung SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA) yang beraneka ragam. Oleh karena itu, kamu harus cerdas memilih SPF dan PA yang cocok untuk kulit kamu. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan SPF minimal 30 dan PA+++, ini adalah standar umum yang biasanya digunakan oleh kebanyakan orang Indonesia.


Kamu bisa temui sunscreen dengan berbagai macam bentuk seperti lotion, gel, krim, ataupun spray di pasaran, harganya pun juga sangat terjangkau. Saat ingin menggunakan sunscreen di kulit kamu harus ikuti aturan pemakaiannya agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sebelum kamu membeli produk skincare tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat seperti apa yang bisa didapat dengan menggunakan sunscreen untuk kecantikan kulit kamu. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit


Skin Cancer Foundation telah mengklaim bahwa sunscreen yang memiliki SPF 15 bisa mengurangi kemungkinan pengembangan karsinoma sel skuamosa hingga 40%, termasuk risiko melanoma yang merupakan kanker kulit paling mematikan sebesar 50%.

2. Menghindari Hiperpigmentasi


Kondisi ini ditandai dengan terjadinya perubahan warna kulit yang tidak merata. Contohnya seperti timbulnya bintik hitam di wajah, tangan, dan juga pada bagian tubuh lainnya yang terkena paparan sinar matahari.

3. Melindungi dari Sunburn


Sinar matahari ini sebenarnya dibagi menjadi dua jenis yaitu sinar UVA dan UVB yang sering dikaitkan dengan kerusakan kulit. UVA termasuk penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit dan bahkan bisa memicu kanker kulit. Namun, UVB lebih berperan aktif untuk menimbulkan terjadinya kanker kulit. Oleh karena itulah, UVB lebih dikenal sebagai agen pemicu terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari (sunburn).


Luka bakar yang dihasilkan dari sengatan sinar matahari bisa menjadi langkah awal timbulkan jenis kanker yang paling mematikan. Kulit langsung menyerap radiasi ultraviolet yang ada pada sinar matahari sehingga bisa menyebabkan rusaknya materi genetik pada sel kulit.

4. Mencegah Keriput dan Garis Halus di Wajah


Hal ini disebabkan oleh sinar UVA yang terlalu lama terpapar pada kulit, sehingga menghilangkan kolagen dan elastisitas kulit. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 90% tanda-tanda penuaan disebabkan karena sinar matahari. Oleh karena itu, manfaat sunscreen sangat penting sekali dan kamu wajib menggunakan sunscreen sejak dini.

5. Menghindari Peradangan dan Kemerahan


Dengan adanya sunscreen, peradangan dan kemerahan bisa kamu hindari. Peradangan ini bisa timbul karena kulit terlalu lama terpapar dengan sinar matahari sehingga menyebabkan timbulnya rasa terbakar pada kulit dan juga kemerahan.


Kamu perlu ingat untuk menghasilkan efek yang lebih maksimal sunscreen harus digunakan setiap dua jam sekali apalagi jika kamu berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama. Akan tetapi, untuk kamu yang hanya beraktivitas di dalam ruangan cukup menggunakan sunscreen setelah tiga jam pengaplikasian pertama.


Jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskannya agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.


Demikian penjelasan singkat tentang manfaat sunscreen untuk kecantikan wajah yang harus kamu tahu. Mengingat betapa pentingnya sunscreen ini, jangan sampai untuk lupa menggunakannya apalagi ketika kamu keluar rumah, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.