Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahuilah 6 Etika Berbisnis Demi Kemajuan Suatu Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Etika berbisnis jadi salah satu kunci kesuksesan dalam membangun usaha.

Untuk bisa mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat maka sebuah perusahaan harus memiliki etika berbisnis yang baik. Etika berbisnis adalah seperangkat peraturan tidak tertulis yang digunakan sebagai landasan norma serta perilaku yang wajib dipatuhi oleh semua lapisan yang ada di dalam perusahaan tersebut atau bagi pengusaha pemula yang baru memulai usaha.

banner consideration shipping bg blue

Etika dalam berbisnis tersebut memiliki tujuan untuk membedakan hal mana yang benar dan manakah yang salah bagi perusahaan dalam mengambil setiap keputusan bisnis yang berhubungan dengan masalah moral yang berlaku pada kehidupan masyarakat. Dengan demikian diharapkan perusahaan bisa selalu mendapatkan nilai yang positif dan kepercayaan di mata masyarakat.

Perusahaan harus mengetahui bagaimana langkah dan cara untuk melakukan etika dalam berbisnis tersebut. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan etika bisnis.

1. Bersikap Jujur


Etika bisnis dimulai dengan membiasakan diri untuk bersikap jujur dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Ketidakjujuran dalam menjalankan bisnis bisa membuat masyarakat mempersepsikan bahwa perusahaan Anda telah melakukan penipuan.  

Sekali saja melakukan hal tersebut maka kepercayaan yang dibangun selama bertahun-tahun bisa hancur dalam sesaat. Padahal untuk bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan dibutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak mudah tentunya.

2. Menyebutkan Nama


Hal lain yang harus dilakukan agar perusahaan mendapatkan nilai positif karena dianggap beretika yaitu selalu menyebutkan nama. Setiap kali bertemu dengan relasi maupun stakeholder bisnis Anda jangan lupa untuk selalu menyebutkan nama. Akan lebih baik lagi kalau Anda memberikan kartu nama kepada mereka. Memperkenalkan diri dan memberikan kartu nama membantu Anda untuk tampil lebih profesional serta sebagai bentuk niat baik kepada pihak lain.

3. Mempergunakan Bahasa yang Baik


Etika seseorang bisa dilihat dari caranya berbicara kepada orang lain. Orang yang memiliki etika bagus selalu menggunakan bahasa yang baik jika berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu saat Anda sedang membicarakan bisnis dengan pihak lain misalnya investor, supplier, konsumen dan lainnya selalu pergunakan bahasa yang baik.

banner consideration promotion bg blue

Hindari memakai istilah maupun bahasa yang berkonotasi kurang baik dan terkesan kasar. Pemakaian bahasa yang baik mencerminkan bahwa perusahaan dan bisnis Anda selalu menghargai orang lain.

4. Kenakan Pakaian yang Rapi


Pakaian Anda mencerminkan siapa diri Anda. Bagaimana klien, konsumen, investor dan pihak lain yang berhubungan dengan bisnis Anda bisa percaya kalau penampilan Anda sekedarnya saja. Pakaian yang selalu rapi akan menambah tingkat kepercayaan kepada perusahaan dan bisnis Anda karena terlihat lebih profesional.

5. Berdiri Saat Jabat Tangan


Salah satu cara untuk membuat orang lain merasa dihargai adalah dengan berdiri saat melakukan jabat tangan. Sambut tamu Anda dengan mengajaknya berjabat tangan dan lakukan sambil berdiri. Setelah itu persilahkan mereka untuk duduk barulah Anda kembali ke kursi Anda. Perlakuan sederhana ini akan membuat klien merasa dihargai.

6. Ucapkan Terima Kasih


Hal sederhana lainnya yang sering disepelekan namun memiliki arti yang dalam adalah ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih yang disampaikan secukupnya dengan cara formal akan membentuk kepercayaan pada diri klien ataupun relasi bisnis. Namun jika ucapan terima kasih dilakukan secara berlebihan malah akan memberikan kesan kurang sopan jadi cukup sewajarnya saja.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagi perusahaan yang ingin bisa mendapatkan kepercayaan dan pandangan positif oleh masyarakat maka wajib hukumnya untuk menjalankan etika berbisnis tersebut. Kepercayaan masyarakat akan membuat perusahaan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga mampu mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.