Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Penyebab Bau Mulut yang Harus Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Hindari bau mulut dengan mengetahui penyebab bau mulut.

Bau mulut seringkali menjadi masalah yang cukup serius karena dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri saat bertemu maupun berbicara dengan orang lain. Tidak hanya membuat diri sendiri menjadi kurang percaya diri, bau mulut juga dapat membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman.


Fakta yang perlu Anda ketahui adalah bau mulut bukanlah suatu permasalahan yang bisa datang begitu saja melainkan diakibatkan oleh suatu hal atau kebiasaan. Berikut penyebab bau mulut yang wajib Anda ketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Tidak Sarapan


Sarapan adalah saat pengisian energi yang paling penting untuk tubuh. Hal inilah yang membuatnya tidak boleh dilewatkan karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan kurang berenergi. Selain itu, melewatkan sarapan dapat membuat mulut menjadi bau.


Hal ini dikarenakan sarapan pagi membantu meningkatkan saliva atau air liur yang ada di dalam mulut serta membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut. Maka dari itu, sebaiknya jangan lewatkan sarapan agar terhindar dari bau mulut.

2. Terjadi Masalah pada Liver


Bau mulut juga memiliki hubungan pada liver atau hati Anda. Bisa jadi terdapat masalah pada liver atau hati Anda. Saat hati mengalami kerusakan, metabolisme dalam tubuh menjadi tidak teratur dan lemak mengalami penurunan. Hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Maka dari itu, apabila dirasa bau mulut tidak kunjung hilang padahal sudah mencoba berbagai macam cara, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter.

3. Akibat Menggunakan Obat Kumur


Obat kumur memang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pada mulut. Namun, obat kumur ternyata juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Obat kumur yang memiliki kandungan alkohol dapat membuat mulut menjadi kering dan menjadi tempat bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut.


Efek sesaat yang ditimbulkan oleh obat kumur ini adalah rasa segar dalam mulut. Namun lama-kelamaan rasa segar ini akan berubah menjadi kering dan memicu munculnya bau tidak sedap pada mulut.

banner consideration promotion bg blue

4. Mendengkur


Sebagian orang biasa tidur dengan mendengkur atau apnea tidur. Orang yang mendengkur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, proses bernapas dilakukan melalui mulut. Hal ini dapat mengakibatkan air liur atau saliva menjadi cepat kering dan bakteri penyebab bau mulut menjadi berkembang cepat.

5. Mengkonsumsi Obat-Obatan


Salah satu efek samping yang seringkali muncul apabila mengkonsumsi obat-obatan seperti penghilang nyeri, obat flu dan batuk, serta obat antidepresi adalah bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan mulut dalam kondisi kering dan terasa pahit yang akhirnya membuat produksi air liur menjadi menurun dan bakteri penyebab bau mulut pun menjadi bertambah banyak.


Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan agar selalu minum air putih setelah mengkonsumsi obat. Air putih dapat merangsang lidah dan mulut untuk memproduksi lebih banyak air liur sehingga mulut tidak terasa kering.

6. Melakukan Diet Tinggi Protein


Sedang menjalani program diet tinggi protein? Meskipun cukup efektif, lebih baik mengganti metode ini dengan diet seimbang atau diet sederhana. Pasalnya, metode diet tinggi protein dapat menyebabkan bakteri yang menyebabkan bau mulut menjadi meningkat.


Asam amino menjadi pemicu utama dalam hal ini. Maka dari itu,sebaiknya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin dibanding mengkonsumsi daging, kacang-kacangan, dan telur yang tinggi akan kandungan protein.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Demikianlah enam penyebab bau mulut menjadi tidak sedap yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah bau mulut menjadi lebih parah, sebaiknya sikat gigi secara rutin dan perbanyak konsumsi air putih.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.