Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ketahuilah 6 Penyebab Wajah Kusam yang Harus Kamu Hindari

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab wajah kusam yang diketahui sejak dini.

Wajah kusam adalah salah satu permasalahan wajah yang cukup sering dialami. Ada banyak hal yang menyebabkan wajah menjadi kusam. Meski sudah menggunakan skincare khusus kulit kusam, permasalahan ini belum tentu hilang begitu saja. Salah satu alasannya adalah tidak menghentikan kebiasaan buruk yang dapat memicu kulit kusam. Berikut 6 penyebab wajah kusam yang wajib kamu ketahui:

banner consideration shipping bg blue

1. Sering Terpapar Sinar Matahari dan Polusi


Penyebab satu ini paling umum terjadi dan seringkali disepelekan begitu saja. Aktifitas padat di luar ruangan membuat kamu tidak bisa terhindar dari paparan sinar matahari dan polusi. Sinar matahari dan polusi menjadi dua kandidat terkuat yang dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Untuk mencegah dampak buruk dari sinar matahari dan polusi, kamu disarankan untuk menggunakan sun protection atau sunscreen. Tanpa bantuan dari sunscreen, kulit kamu akan rentan kusam hingga berubah warna menjadi gelap seperti terbakar. Pastikan melakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap kulit.

2. Memilih Produk Skincare yang Salah


Skincare menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih. Namun sayangnya, skincare juga bisa menjadi malapetaka bagi kulit jika pemilihannya tidak tepat. Kulit memiliki tipe yang berbeda-beda, mulai dari normal, berminyak, kering, kombinasi, hingga sensitif.

Pilih jenis skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Untuk mengatasi kulit kusam, gunakan produk skincare yang memiliki kandungan acid dan vitamin C. Dua kandungan bahan ini mampu membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

3. Tubuh Kekurangan Asupan Nutrisi Sehat


Tidak hanya diakibatkan oleh faktor luar saja, kulit kusam juga dapat terjadi apabila tubuh kekurangan nutrisi yang sehat. Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar proses metabolisme berjalan lancar. Proses metabolisme ini akan mempengaruhi kondisi kulit.

Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan zat antioksidan tinggi. Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda, makanan yang banyak mengandung garam, dan makanan yang digoreng. Cukupi kebutuhan cairan harian dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari.

banner consideration promotion bg blue

4. Stres Berlebihan


Stres yang berlebih dapat membuat kulit menjadi kusam dan terlihat lesu. Tidak hanya membuat kulit kusam, stress juga membawa dampak buruk bagi tubuh. Stress membuat kadar kortisol dalam tubuh menjadi meningkat. Hal ini akan mempengaruhi aliran darah ke kulit dan membuatnya tampak kusam. Kulit juga akan kehilangan cahaya alaminya.

5. Waktu Tidur yang Kurang

Padatnya jadwal membuat waktu tidur menjadi kacau dan tidak teratur. Jam tidur yang berantakan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam dan tidak terawat. Hal ini diakibatkan proses regenerasi sel kulit yang tidak berjalan lancar dan membuat sel kulit mati menetap lebih lama di wajah. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam perhari.

6. Tidak Melakukan Eksfoliasi


Eksfoliasi adalah salah satu tahapan penting yang wajib dilakukan untuk membuat kulit tampak sehat dan bercahaya. Tumpukan sel kulit mati dapat membuat wajah tampak kusam apabila tidak segera diangkat. Melakukan eksfoliasi secara rutin akan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah menjadi kusam. Eksfoliasi bisa dilakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Gunakan produk khusus eksfoliasi yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa penyebab kulit kusam yang wajib kamu ketahui. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar kulit tetap terjaga dan bebas dari kusam. Dengan begitu, kulit wajah kamu akan senantiasa bersih, cerah, dan sehat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.