Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahuilah 7 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh setiap hari.

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari. Jika umumnya hanya bagian dagingnya saja yang dikenal sebagai penghasil vitamin C, ternyata manfaat kulit jeruk juga tidak bisa dipandang sebelah mata lho. Kulit jeruk memiliki kandungan flavonoid dan phytochemical yang dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan.

banner consideration shipping bg blue


Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu meminimalisir dan mencegah risiko terjadinya penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Berikut 7 manfaat kulit jeruk yang wajib Anda ketahui.

1. Membantu Meningkatkan Kinerja Jantung


Kandungan flavonoid dan hesperidin yang terdapat dalam kulit jeruk dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. Tekanan darah dan kolesterol yang tidak stabil dapat membuat kinerja jantung menjadi terganggu sehingga menimbulkan penyakit yang berbahaya.

Flavon polymethoxylated atau PMFs yang ada pada kulit jeruk dikenal efektif dalam menurunkan kolesterol. Zat ini bahkan lebih manjur dalam menurunkan kolesterol dibanding obat-obatan yang dikonsumsi.

2. Membantu Mengatasi Diabetes


Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan harus dihindari. Pada dasarnya, diabetes dapat dikatakan sebagai suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah. Kulit jeruk memiliki kandungan pektin yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika ekstrak kulit jeruk dapat membantu mencegah nefropati diabetik. Kulit jeruk hanya memiliki sedikit kandungan glikemik sehingga peningkatan gula darah yang terjadi juga tidak terlalu banyak.

3. Mencegah Risiko Kanker


Seperti yang sudah dibahas di atas, kulit jeruk memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu mencegah kanker. Kulit jeruk dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa yang menjadi penyebab kanker kulit.

banner consideration promotion bg blue

Mengkonsumsi kulit jeruk secara rutin dapat membantu meminimalisir terjadinya kanker paru-paru dan kanker kulit. Kemampuan kulit jeruk dalam mencegah kanker bahkan lebih baik dibanding bagian buahnya.

4. Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif sehingga harus dijaga dengan baik. Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa limonene, citral, dan decanal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Sifat anti inflamasi yang terdapat dalam kulit jeruk mampu melawan infeksi dan meningkatkan daya penglihatan.

5. Membantu Meredakan Radang


Kulit jeruk memiliki zat anti inflamasi yang sangat bermanfaat dalam meredakan radang. Kemampuan kulit jeruk dalam menekan peradangan ini mirip dengan indometasin atau obat anti inflamasi. Tidak hanya itu saja, kandungan flavonoid yang ada pada kulit jeruk dapat membantu menembus membran dan mengatasi peradangan. Pilih kulit jeruk yang masih terlihat fresh atau segar untuk dikonsumsi.

6. Mengatasi Masalah Kulit


Anda memiliki masalah pada kulit seperti jerawat, komedo, dan pori-pori besar yang sulit untuk diatasi? Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Kandungan alami pada kulit jeruk diketahui dapat membantu menyembuhkan serta mencegah munculnya jerawat, komedo, kulit kering, dan berbagai permasalahan kulit lain. Selain itu, kulit jeruk juga dapat membantu mencerahkan kulit.

7. Membantu Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru


Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Kulit jeruk juga dapat membersihkan paru-paru yang ‘kotor’ atau tidak sehat.

Vitamin C dalam kulit jeruk dapat membantu mengangkat dan mencegah terjadinya infeksi pada paru-paru. Kekebalan yang meningkat juga akan membantu mencegah penyakit seperti flu dan pilek. Kulit jeruk sangat cocok dikonsumsi oleh para perokok untuk mempertahankan kinerja paru-paru.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah tujuh manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui. Pilih jeruk yang masih segar dan cuci bagian kulitnya hingga bersih sebelum mengkonsumsinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.