Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahuilah Penyebab Mata Merah dan Cara Mengobatinya

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Hindari mata merah dengan mengetahui penyebab mata merah.
Lemonizen, tahukah kamu apa penyebab mata merah yang umum terjadi? Bagi kamu yang sering terpapar debu dan polusi udara saat beraktivitas di luar ruangan mungkin sering mengalami mata merah. Meskipun kondisi ini biasa terjadi, namun masih banyak yang belum tahu cara mengobati mata merah yang benar.
Bahkan beberapa ada yang hanya membiarkannya begitu saja sampai mata merah mereda dengan sendirinya. Padahal, mata merah perlu diobati dengan tepat agar iritasi yang terjadi tidak semakin parah. Nah, lalu apa penyebab mata merah dan cara mengobatinya? Berikut ulasannya:

1. Konjungtivitis


Konjungtivitis merupakan penyebab mata merah yang paling sering terjadi. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak, mata terlihat merah, dan mata seakan-akan terasa kesat.
Konjungtivitis akibat alergi gejalanya berupa, mata terasa gatal, berair, dan bengkak. Sedangkan infeksi bakteri, gejala dapat disertai dengan belekan, nyeri atau gatal, serta merah dan bengkak sehingga bisa menular ke orang lain.

2. Mata Kering


Mata kering dapat terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak air mata atau karena banyaknya air mata yang menguap ke udara. Kondisi ini dapat membuat mata terasa kering dan iritasi sehingga terlihat merah. Mata kering dapat dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin, penggunaan lensa kontak secara terus-menerus, dan peradangan pada kelopak mata akibat penyakit tertentu seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan penyakit Sjogren.

3. Kelelahan (Mata Terlalu Lelah)


Jika kamu terlalu lama bekerja di depan komputer, bisa membuat mata menjadi lelah, terasa kering, dan berair terus-menerus. Bahkan kadang disertai sakit kepala dan rasa lelah yang luar biasa. Ini terjadi karena saat kamu berada di depan layar komputer atau televisi mata akan lebih jarang berkedip sehingga membuat mata menjadi kering dan merah.

4. Cedera


Cedera pada mata, seperti akibat kecelakaan, terpapar benda asing atau zat kimia, baru menjalani operasi, paparan sinar ultraviolet berlebih dan luka bakar, dapat menyebabkan mata merah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah mata akan melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke area yang cedera dan jika pembuluh darah pada mata ikut terluka maka akan terjadi pendarahan. Karenanya, jika ada benda asing yang tidak sengaja masuk dan melukai mata, segera temui dokter untuk segera ditangani.
banner consideration promotion bg blue
Untuk pengobatan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar mata merah bisa diatasi dengan cepat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan Cairan yang Keluar dari Mata



Saat iritasi, biasanya mata akan mengeluarkan kotoran mata. Bersihkan cairan ini secara rutin dengan cara mengusap sudut mata bagian dalam dulu, kemudian bagian luar. Gunakan lap atau tisu yang berbeda setiap mengusap bagian mata yang berbeda.

2. Kompres Mata



Untuk meredakan mata yang merah karena iritasi kompres mata dengan air dingin. Namun, untuk konjungtivitis yang disebabkan karena alergi dan virus, kompres mata dengan menggunakan air hangat.

3. Teteskan Obat Mata



Cara efektif mengobati mata merah adalah dengan menggunakan obat mata. Gunakanlah obat mata yang sesuai dengan penyebab mata merah. Untuk iritasi mata karena bakteri, gunakan obat tetes mata antibiotik. Sedangkan, untuk mata merah karena alergi obati dengan obat tetes mata yang mengandung steroid atau antihistamin dan mata merah akibat virus, gunakan obat antivirus.

4. Hindari Penggunaan Lensa Kontak



Kalau mata kamu sedang iritasi, jangan gunakan softlens dulu untuk sementara. Sebab, hal ini justru akan memperburuk kondisi mata. Istirahatkan dahulu mata dari lensa kontak selama beberapa waktu. Jangan lupa, jika mata merah sudah sembuh, cuci bersih lensa kontak sebelum digunakan kembali.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah penyebab mata merah dan cara mengobatinya. Sebagai kondisi yang umum terjadi, mata merah memang bisa sangat mengganggu aktivitas harian. Untuk itu, kamu bisa mempraktekkan beberapa cara diatas agar mata merah tidak mengganggu aktivitas kamu lagi.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.