Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketika Anak Sedang Sedih, Apa yang Harus Dilakukan? Ini Jawabannya

Adisti F. Soegoto
Adisti F. Soegoto
01 Sep 2021
Clock Icon
6 menit
Ketika Anak Sedang Sedih, Apa yang Harus Dilakukan? Ini Jawabannya

Rasa sedih merupakan salah satu perasaan umum yang sering dialami manusia. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga bisa merasakan kesedihan. Apa yang Lemomoms lakukan ketika anak sedang mengalami rasa sedih atau kecewa? Mungkin untuk sebagian orang tua pasti ikut merasa sedih, kecewa, berharap kesedihannya dapat segera hilang, dan  berusaha melakukan apapun agar si kecil kembali ceria.


Atau malah melarang si kecil mengekspresikan kesedihannya, sambil berkata “Ngapain nangis?” , “Gitu aja kok sedih?” bahkan menyelesaikan masalah yang anak hadapi agar anak tidak lagi merasa kecewa dengan mengeluarkan kata-kata, “Sudah jangan nangis! Kalau mainannya rusak / hilang Mama belikan lagi yang baru”. 


Sebagai orang tua, wajar apabila Lemomoms ingin si kecil selalu bahagia. But they’re still human. Wajar apabila mereka merasa sedih, kecewa, dan marah dalam hidupnya. Sebagai orang tua, Lemomoms tentu perlu membekali anak dengan kemampuan bagaimana mengatasi perasaan-perasan tidak nyaman tersebut. Mengelola emosinya, bukan malah menekannya. 


Ketika anak sedih, Lemomoms pasti ingin kesedihan itu segera hilang. Padahal, hal tersebut adalah kesempatan anak untuk melatih kemampuan mengelola emosinya. Apa yang perlu kita lakukan? Simak di bawah ini.


1. Berempati kepada anak



Coba posisikan diri Lemomoms di posisi anak. Sebagai seorang anak berusia 2 tahun (misalnya), apa yang akan dirasakan ketika mainan rusak? Sebagai anak berusia 3 tahun, apa yang dirasakan ketika sudah menunggu untuk bermain bola dengan tetapi gagal akibat hujan? 


Kesedihan dan kekecewaan yang mereka rasakan pasti sangat intense. Sangat wajar jika mereka menangis. Kadang kita sulit memahami anak karena kita melihatnya dengan kacamata kita, orang dewasa. “Masa hanya gara-gara hujan saja bisa nangis?”. Ingat, kemampuan mengelola emosi dan kemampuan berpikir mereka belum secanggih kita yang dewasa. Connect before we correct.


2. Bantu anak mengidentifikasikan emosinya



Ketika si kecil sedang sedih dan kecewa, rasa tidak nyaman pasti mereka rasakan. 

Namun mereka belum tahu apa namanya, belum mengerti mengapa rasa tidak enak itu hadir dan apa yang harus dilakukan. Tentu saja yang mereka rasakan adalah perasaan tidak enak! 


Wajar apabila tangisan mereka pecah karena frustrasi tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap perasaan tidak enak tersebut. Lemomoms perlu membantu anak mengenali emosinya. “Kamu sedih karena mainan kamu rusak ya?” , “Mama tahu kamu kecewa karena kita tidak bisa bermain bola di luar”. Ketika anak mampu mengidentifikasi emosinya, memberi nama terhadap apa yang ia rasakan dan mengetahui penyebabnya, si kecil akan lebih mudah mengkomunikasikan perasaannya. Ia akan lebih mampu mengekspresikan emosinya secara verbal, tidak lagi dengan tantrum, melempar barang, atau perilaku tidak sesuai lainnya.


3. Bantu anak mencari solusi



Kemampuan problem solving anak usia dini belum semahir orang dewasa. Namun bukan berarti Lemoms tidak dapat melatihnya sejak dini. Lemomoms dapat memberikan beberapa alternatif solusi pada anak dan berikan kesempatan padanya menentukan solusi apa yang akan ia lakukan. 


Misalnya, “Mama tahu kamu kecewa karena tidak bisa bermain bola di luar. Kita bisa bermain di dalam rumah sambil menunggu hujannya reda. Kamu mau bermain lego, petak umpet, atau membaca buku?”. Tidak hanya solusi terhadap penyelesaian masalah, anda juga bisa menawarkan beberapa pilihan untuk membantunya tenang. 


“Kamu mau mama peluk atau ditemani untuk membantumu tenang?” Beberapa anak ada yang membutuhkan waktu untuk sendiri saat menenangkan diri. Hargai itu. Lemomoms dapat sampaikan “Kalau kamu butuh sendiri untuk menenangkan diri, kamu bisa menenangkan diri di kamarmu. Mama ada di sini kalau kamu butuh”.


4. Hargai usaha anak untuk tenang



Setelah anak tenang, jangan lupa apresiasi usahanya untuk menenangkan diri dan mengatasi ketidaknyamanannya. Apresiasi Lemomoms dapat membantu anak mengembangkan self esteem mereka, membantu mereka menyadari bahwa mereka dapat mengatasi kesedihan dan kekecewaan mereka. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.