Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Kulit Mengelupas dan Kering? Baca Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik di Sini

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
23 Nov 2021
Clock Icon
6 menit
Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Ada banyak permasalahan kulit yang bisa kamu alami. Mulai dari gatal, jerawat, kemerahan, bintik-bintik hingga kulit bersisik. Nah kali ini, Lemonilo akan membahas salah satu permasalahan kulit yang mungkin pernah kamu alami yakni kulit bersisik. 


Kulit bersisik biasanya menyebabkan pengelupasan hingga rasa gatal yang tidak mudah hilang.Permukaan kulit juga menjadi kasar sehingga mengurangi kenyamanan dan kepercayaan diri. Lalu, sebenarnya apa penyebab dan cara mengatasi kulit bersisik? Cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini ya! 


Penyebab Kulit Bersisik


Dilansir dari WebMD, secara alami tubuh akan melepaskan sekitar 30.000 hingga 40.000 sel kulit setiap harinya. Kemudian, tubuh juga akan mengganti sel kulit yang lepas dengan sel kulit yang baru. Namun, kamu tidak akan merasakan proses tersebut. Sel kulit yang lepas juga biasanya tidak akan terlihat. 


Pada kondisi kulit yang normal, bagian terluarnya mengandung campuran sel kulit mati dan minyak alami yang berperan sebagai penahan air. Namun pada kondisi kulit yang rusak, kelembapan kulit akan sulit terjaga, sehingga proses pergantian kulit juga tidak akan berjalan lancar. Tampilan kulit kemudian menjadi bersisik dan mengelupas. Kondisi kulit ini bisa dipicu oleh banyak hal mulai dari efek penuaan, paparan sinar matahari, dan zat kimia keras, obat-obatan, maupun penyakit tertentu. 


Eksim (Dermatitis Atopik)

Jika kulitmu memiliki kondisi bersisik disertai bercak merah yang sangat gatal, bisa jadi kondisi tersebut adalah eksim. Kondisi ini sering kali disangka sebagai kulit kering dan sensitif. Kulit kering dan sensitif biasanya akan menimbulkan tampilan kulit yang berkerak. 


Sementara eksim dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tebal, pecah-pecah, terbakar, mengeluarkan cairan hingga berdarah. Biasanya kondisi eksim dialami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Eksim bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, alergi pada bahan pakaian, bahan kimia, hingga asap rokok. 


Psoriasis

Bila kulitmu tampak bersisik putih keperakan, kemudian menutupi bercak merah tebal, sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter. Kondisi ini bisa jadi menggambarkan bahwa kamu mengalami psoriasis. Psoriasis biasanya merupakan hasil dari sistem kekebalan yang rusak. Sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat dari biasanya, tetapi sel-sel kulit lama gagal rontok.


Sel-sel baru dan lama menggumpal, menyebabkan bercak-bercak tebal, gatal, luka, dan bersisik. Kondisi ini dapat menyebabkan kuku berlubang, hancur, atau rapuh. Faktor penyebabnya beragam, mulai dari genetik, infeksi, stres, obesitas, hingga kebiasaan merokok. Namun psoriasis tidak menular. 


Ichthyosis Vulgaris 

Kondisi kulit ini biasanya menyebabkan sel-sel kulit menumpuk, tebal dan kering sehingga terlihat seperti sisik ikan. Faktor penyebabnya juga beragam tapi paling sering diturunkan melalui keluarga. Sementara, pemicu lainnya adalah penyakit atau obat-obatan. Ichthyosis vulgaris paling sering ditemukan pada anak-anak.


Pityriasis Rosea

Kondisi Pityriasis Rosea kebanyakan dialami oleh perempuan mulai dari usia 10-35 tahun. Kulit akan menimbulkan bintik bulat berwarna merah atau cokelat, diikuti sisik yang muncul satu hingga dua minggu kemudian. Biasanya bintik akan muncul di area lengan atau kaki. 


Dermatomiositis

Dermatomiositis merupakan kondisi ruam, bersisik ungu kemerahan, kemudian diikuti dengan kelemahan otot. Kemungkinan besar kondisi ini terjadi pada perempuan pada usia anak hingga dewasa. Ruam dapat muncul di area kelopak mata, hidung, pipi, siku, lutut, buku-buku jari, dada bagian atas, atau punggung. 


Gaya Hidup 

Penyebab kulit bersisik lainnya juga bisa disebabkan oleh gaya hidup atau kebiasaan seperti:

  • Terlalu sering mandi

  • Mandi air panas

  • Penggunaan sabun yang berlebihan saat mandi 

  • Bahan dalam sabun dan produk perawatan pribadi

  • Kekurangan cairan tubuh

  • Bahan pakaian yang mengiritasi


Cara Mengatasi Kulit Bersisik


Bila kamu mengalami kondisi kulit bersisik, biasanya gel atau krim pelembap akan sangat membantu memperbaiki kondisi kulit. Namun, bila kondisi kulit bersisik bertahan lama dan diikuti gejala lain pada kulit, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat. 


Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit bersisik. Ingat ya Lemonizen, kesehatan kulit juga perlu diperhatikan karena kulit merupakan jaringan yang paling luas pada tubuh kita. Jangan sampai kesehatan kulit diabaikan dan menimbulkan kondisi yang lebih parah.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.