Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan

22 Sep 2020 @ 20:56:39
Akhir-akhir ini, makanan dengan bahan shirataki sedang naik daun. Nasi dan mie yang berbahan dasar shirataki digadang-gadang bisa menunjang mereka yang sedang menerapkan gaya hidup sehat.

Selama ini nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah. Namun tak hanya untuk membantu program diet, ternyata shirataki juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Apa itu Shirataki?

Dilansir dari Healthline, nasi atau mie shirataki terbuat dari serat akar tanaman konjak yang dinamakan glokumanan. Proses pembuatan shirataki dengan cara mencampurkan tepung glokumanan dengan air dan sedikit jeruk nipis. Setelahnya, campuran disebut dibentuk seperti mie atau nasi.

Menurut Very Well Fit, shirataki hanya mengandung 10 kalori serta bebas lemak, gula, dan sodium. Kadar karbohidratnya pun hanya 3 gram. Selain itu, shirataki sama sekali tak mengandung protein. Sehingga jika ingin tetap mendapat asupan protein, harus mendapatkannya dari sumber lain.

Dan inilah manfaat shirataki bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Telah dijelaskan di atas bahwa shirataki sama sekali tidak memiliki kandungan lemak. Itulah mengapa shirataki sangat cocok untuk dijadikan pilihan makanan saat diet. Selain itu, bahan baku shirataki, glukomanan mengandung serat kental yang sangat tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health Amerika Serikat membuktikan bahwa mengonsumsi glukomanan bisa memberikan efek kenyang lebih lama karena kandungan serat yang dimilikinya.

Semantara dikutip dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi glukomanan selama 4-8 minggu dapat kehilangan berat badan sekitar 1,4 hingga 2,5 kilogram.

2. Menurunkan kolesterol

Shirataki juga dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari Healthline, kandungan glukomanan dalam shirataki membantu tubuh mengeluarkan kolesterol lewat feses.

Tak hanya itu, kandungan glukomanan dalam shirataki juga dipercaya mampu menghambat penyerapan kolesterol di usus besar.

3. Menurunkan kadar gula dalam darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi shirataki bisa membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Dilansir dari Liputan 6, shirataki membantu penderita diabetes dengan cara menunda proses pengosongan alami lambung.

Sementara menurut Healthline, serat kental dalam shirataki menunda pengosongan perut. Sehingga kadar gula darah dan insulin meningkat bertahap karena nutrisi diserap ke dalam aliran darah.

4. Membantu mengatasi masalah sembelit

Tubuh manusia tentu membutuhkan serat agar pencernaan lebih lancar dan tidak mengalami sembelit. Serat baik dalam glukomanan merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Bakteri baik inilah yang akan membantu pergerakan dalam usus hingga proses pembuangan lancar.

Sementara dari Healthline dituliskan sebuah penelitian membuktikan bahwa sembelit kronis berhasil sembuh pada 45 persen partisipan anak yang mengonsumsi glukomanan. Sementara pada orang dewasa, glukomanan ada shirataki terbukti mampu mendorong pergerakan pada usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan sembelit dapat dicegah.

5. Menurunkan risiko kanker usus besar

Shirataki membantu tubuh untuk melakukan proses pembersihan usus besar. Hal ini dikarenakan shirataki tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh dan hanya melewati sistem pencernaan, lalu dibuang melalui usus besar. Proses inilah yang menstimulasi otot pada usus untuk melakukan proses pembersihan.

Sehingga sisa-sisa makanan dan kotoran yang sering menempel pada usus besar bisa dibersihkan. Jika kondisi usus besar bersih, maka penyerapan mineral dalam tubuh bisa lebih maksimal. Semakin sehat proses pencernaan dalam tubuh, maka bukan tak mungkin kesehatan tubuh akan semakin terjaga.

Itu dia sederet menfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi shirataki. Meski rasanya lebih hambar dibandingkan nasi atau mie yang terbuat dari tepung, namun saat ini pengolahan shirataki lebih beragam dan bisa memberikan cita rasa yang enak.

Artikel Terkait

Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains
Mulai dari kaya akan nutrisi dan mineral baik hingga mampu mengurangi peradangan..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Buah naga merupakan buah yang rendah kalori namun mengandung mineral dan vitamin penting..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
Ibu Hamil Sering Mudah Lapar? Ini 7 Rekomendasi Cemilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi
Tak hanya makanan utama, cemilan para ibu hamil pun harus sehat dan mengandung nutrisi baik untuk janin..
Shella Rafiqah Ully
05 Oktober 2020