Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Langkah-Langkah Diet yang Sehat untuk Kesehatan Tubuh Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan sehat seperti sayuran sangat penting saat melakukan diet sehat.

Anggapan salah yang sampai sekarang masih dilakukan oleh banyak orang mengenai diet adalah diet sama saja dengan tidak makan. Padahal diet sehat jauh dari tindakan tidak makan karena justru bisa mendatangkan masalah kesehatan yang serius. Buang jauh-jauh bahwa diet adalah cara untuk menjadi kurus.
banner consideration shipping bg blue
Pengertian yang benar tentang diet adalah pengaturan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sehingga cara diet yang benar dan sehat bagi setiap orang itu berbeda tergantung dari kondisinya seperti jenis kelamin,usia, kondisi kesehatan dan lainnya. Namun secara umum diet sehat bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini.

1. Pilih Jenis Makanan yang Tepat


Apa yang Anda makan sangat besar pengaruhnya pada tubuh dan kesehatan. Pemilihan makanan yang tepat tentu saja akan berpengaruh baik pada kesehatan. Namun sebaiknya jangan merubahnya secara mendadak namun lakukan perlahan dan bertahap agar tubuh tidak kaget.


Ganti menu makanan yang mengandung banyak gula dan garam dengan jenis yang lebih sehat seperti buah serta sayur mayur. Sedangkan kalau Anda ingin makan daging baik sapi maupun ayam pilih yang tanpa lemak. Lengkapi dengan kacang-kacangan serta biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, antioksidan dan serat.


2. Usahakan untuk Sarapan


Tidak sarapan juga menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan orang dengan alasan sedang diet. Sarapan adalah hal yang sangat penting agar aktivitas Anda lancar. Melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh menjadi kurang bugar dan tidak berenergi.

Bahayanya lagi justru dengan tidak sarapan kemungkinan besar saat makan siang nanti Anda akan makan berlebihan. Rasa lapar yang teramat sangat kemungkinan besar membuat Anda kalap sehingga akan makan apa saja tanpa peduli apakah sehat atau tidak. Semakin sering Anda lakukan semakin jauh dari kata diet yang sehat.


3. Kurangi Jumlah Karbohidrat


Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak memang berpotensi menggemukkan badan namun bukan berarti tubuh tidak membutuhkannya. Karbohidrat diperlukan dalam jumlah secukupnya sebagai sumber kalori yang akan menyediakan energi bagi tubuh kita.
banner consideration promotion bg blue
Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet agar kesehatan tetap terjaga maka ganti jenis karbohidratnya. Kalau biasanya Anda mengkonsumsi roti, pasta, puding dan makanan lainnya yang tinggi gula bisa diganti dengan yang lebih sehat. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks yang lebih kaya serat, misalnya pisang, kacang-kacangan dan nasi merah.


4. Atur Porsi Makan dengan Tepat


Semua makanan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sesuai kebutuhan individu. Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda sehingga Anda perlu tahu seberapa banyak yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Secara umum kalau Anda ingin mengurangi berat badan maka idealnya kurangi asupan kalori 500 kkal tiap harinya.

Kalau Anda rajin melakukan hal tersebut hasilnya adalah berat badan akan berkurang antara ½ hingga 1 kg dalam waktu seminggu. Namun jangan lupakan untuk tetap memasukkan nutrisi lengkap dalam menu makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, lemak yang sehat, vitamin dan mineral.


Cara mudah untuk mengatur porsi makan adalah dengan membagi makanan menjadi 4 bagian dalam 1 piring. Pembagiannya adalah ¼ bagian untuk karbohidrat, ¼ bagian lauk (protein hewani ataupun nabati) dan 2/4 bagian untuk sayuran dan buah.

5. Hindari Junk Food dan Rutin Berolahraga


Sebaiknya kurangi atau malah kalau bisa hindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food. Mengapa? Karena pada junk food terdapat banyak natrium dan kolesterol yang kurang baik bagi diet dan kesehatan Anda.

Untuk langkah terakhir, lengkapi diet yang sehat dengan rutin melakukan olahraga agar metabolisme tubuh meningkat sehingga kalori yang dibakar lebih banyak. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau jalan kaki di sekitar perumahan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan diet sehat. Pada dasarnya, diet yang sehat bukan lah diet yang ketat hingga harus membuat tidak makan, sebab hal ini justru akan memberi dampak buruk untuk kesehatan. Dengan melakukan diet sehat maka tubuh akan selalu bugar, berat badan ideal serta kesehatan tubuh terjaga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.