Lezat! Begini Cara Membuat Tumis Kulit Melinjo yang Enak dan Mudah Dibuat

Tumis kulit melinjo menjadi salah satu hidangan yang menarik dan juga menggugah selera. Sekiranya bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, kamu dapat mencoba menu baru yang tidak kalah enak, yaitu tumis kulit melinjo.

Memang di mata sebagian orang, tumis cangkang buah melinjo terlihat asing. Alasannya adalah masyarakat sering mengolah buah dan biji melinjo ketimbang kulitnya. Meski demikian, tetap saja kamu harus mencicipinya sesegera mungkin. Apalagi saat makan bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Inilah resep membuat tumis kulit melinjo yang bisa kamu coba:

a. Bahan

Untuk membuat tumis kulit melinjo yang lezat, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan. Diantaranya adalah:

b. Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, kamu bisa melanjutkan untuk memasak hidangan ini. Caranya adalah:

  1. Untuk menghilangkan getah yang banyak, rebus kulit melinjo selama 15 menit kemudian tiriskan.
  2. Tuangkan minyak goreng, lalu tumis bawang putih, daun salam, teri, dan cabai sampai harum.
  3. Masukan bahan lain seperti kulit melinjo, gula, garam, dan saus tiram.
  4. Tuangkan air sedikit saja kalau masakan terlalu kering. Jangan terlalu banyak, nanti bumbu tidak terasa.
  5. Aduk-aduk sampai bumbu meresap ke kulit melinjo. Lalu angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat.

Olahan Lain Tumis Kulit Melinjo

Tidak hanya tumis kulit melinjo saja yang bisa kamu coba. Ada juga makanan-makanan lain berbahan dasar serupa yang tidak kalah enaknya. Berikut ini daftar olahan kulit melinjo yang menarik untuk dicicipi :

1. Keripik Kulit Melinjo

Untuk menemani makan siang atau sebagai camilan, banyak orang yang menyukai keripik. Keripik umumnya terbuat dari ikan, buah, atau kulit hewan ternak. Nah, sekarang coba keripik berbahan dasar kulit melinjo, yuk.

2. Gulai Pliek U

Gulai biasanya terbuat dari daging sapi, ayam atau sapi. Namun sekarang, mulai muncul gulai dengan bahan lain seperti nangka. Untuk memperkaya rasa, banyak koki yang juga menambahkan kulit melinjo dalam makanan mereka.

3. Sayur Kulit Melinjo

Dulu yang disebut sayur itu mesti ada kuahnya. Untuk sekarang, tidak sedikit sayur tanpa kuah. Sebagai contoh adalah sayur kulit melinjo, makanan khas orang Banten yang sempat populer beberapa tahun lalu.

4. Tumis Melinjo Tempe

Di masyarakat, bahan pelengkap tumis kulit melinjo adalah ikan teri. Jumlahnya sesuai keinginan masing-masing orang. Cuma ada beberapa daerah yang lokasinya jauh dari pantai, sehingga mereka menggunakan bahan lain seperti tempe. Akhirnya terbentuklah menu baru bernama tumis melinjo tempe.

5. Kerupuk Melinjo

Masyarakat Indonesia itu kreatif dan unik. Buktinya mereka mampu menciptakan berbagai olahan yang bahan tidak terduga salah satunya adalah kulit melinjo. Dari bahan ini, terbentuklah makanan baru bernama kerupuk melinjo.

Nah, itulah resep tumis kulit melinjo yang bisa kamu coba. Resep ini bisa menjadi alternatif hidangan lezat untuk keluarga yang anti mainstream. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah. Jadi, yuk coba resep ini sekarang juga, Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami