Liburan Telah Tiba! Jaga Kesehatan Selama Liburan Dengan 3 Trik Ini!

21 Des 2018 @ 11:40:54
Di akhir tahun, khususnya di Bulan Desember, banyak orang mulai menyiapkan berbagai tujuan dan jadwal liburan yang tentunya mengasyikan. Apakah kamu sudah melakukannya? Ada yang sudah bepergian ke gunung, ada yang sudah cari tiket untuk ke luar negeri. Memang, semua itu tentu penting untuk dimiliki. Namun, sudahkah kamu cari cara untuk jaga kesehatan selama liburan?

Sebelum kamu mulai bepergian, tentunya kamu harus mulai mencari cara untuk jaga kesehatan selama liburan. Pastinya, kamu tidak mau sakit di destinasi wisata atau setelah liburan, bukan? Makanya, cobalah aplikasikan 3 trik berikut ini untuk jaga kesehatan selama liburan!

1. Persiapkan Perlengkapan Untuk Perkuat  Tubuhmu Dari Bahaya Penyebaran Virus, Bakteri, ataupun Penyebab Penyakit Lainnya

Persiapkan Perlengkapan Untuk Perkuat Tubuhmu Dari Bahaya Penyebaran Virus, Bakteri, ataupun Penyebab Penyakit Lainnya

Kamu tentu harus memahami bahwa liburan bukan hanya soal bersenang-senang, namun juga persebaran penyakit melalui udara. Jason Tetro, peneliti mikrobiologi dan penulis "The Germ Files", menyebutkan bahwa tempat umum yang kamu kunjungi bisa diibaratkan sebagai ruang darurat. Beragam orang dengan beragam kondisi kesehatan bisa menimbulkan hal-hal yang kamu tidak pernah duga sebelumnya, seperti serangan penyakit melalui virus, bakteri, atau mikroorganisme lain. 

Selain itu, Journal PNAS juga menyebutkan bahwa orang-orang yang melakukan penerbangan antar benua dan duduk bersamaan orang yang mempunyai masalah pernapasan 80% lebih rentan terhadap penyakit daripada yang tidak. 

Untuk menghadapi hal ini, Jason Tetro memberikan beberapa tips sebelum kamu mulai melakukan perjalanan, terutama jika kamu hendak bepergian antar benua, yaitu: 
  • Semprotkan disinfectant dimanapun kamu berada ketika melakukan perjalanan. 
  • Gunakan selalu hand sanitizer sebelum atau setelah kamu makan. 
  • Gunakan penutup hidung untuk menghindari penularan penyakit pernapasan. 

2. Jangan Lupa Mencuci Tangan dan Berganti Pakaian Setelah Menjelajahi Beberapa Tempat

Jangan Lupa Mencuci Tangan dan Berganti Pakaian Setelah Menjelajahi Beberapa Tempat

Virus, bakteria, jamur, dan mikroorganisme lain bisa menjangkiti kamu melalui udara. Nah, dalam hal ini, Jason Tetro menyebutkan bahwa mencuci tangan sesering mungkin bisa menjadi ide yang bagus untuk jaga kesehatan selama liburan. Ketika kamu memegang sesuatu atau menyentuh sesuatu, hal itu bisa menjadi saluran penyebaran penyakit. Belum lagi, kalau kamu menyentuh wajahmu. Situasi ini bisa menjadi awal masuknya penyakit ke dalam tubuhmu. 

Selain itu, kamu  juga disarankan untuk mengganti baju setiap kali kamu habis bepergian kemanapun. Bisa saja, di perjalanan, kamu banyak dihinggapi virus atau bakteri yang bisa membuat kamu menjadi sakit. Jason Tetro menyebutkan bahwa ketika seseorang mengenakan pakaian, ada 37 juta mikroorganisme yang terbang ke udara setiap jamnya.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Bergizi, Olahraga, dan Tidur Cukup Sebelum Kamu Melakukan Perjalanan

Perbanyak Konsumsi Makanan Bergizi, Olahraga, dan Tidur Cukup Sebelum Kamu Melakukan Perjalanan

Sebelum kamu memulai perjalanan, sebaiknya kamu perkuat dirimu dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, berolahraga, dan tidur cukup. Hal ini tentu akan memperkuat dan memaksimalkan kerja sistem imun untuk melindungimu dari penyakit. 

Hal ini juga berlaku ketika kamu akan melakukan perjalanan di tempat wisata. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, lakukan sedikit olahraga, dan pastikan bahwa kamu mempunyai tidur yang berkualitas untuk memastikan energimu cukup untuk liburan.

Jadi, sudah siap berlibur akhir tahun ini, Lemonizen?

Artikel Terkait

Kolaborasi Lemon dengan Bahan Alami Ini Bisa Jadi Senjata Atasi Ketombe
Ketombe yang tiba-tiba muncul di bahu pasti bikin gengges. Meski dianggap sepele, kehadirannya bisa sangat mempengaruhi ..
Shella Rafiqah Ully
11 Maret 2019
Agar Tak Latah Beli Makanan Berpengawet Buatan, Ini Tipsnya!
Makanan kemasan dengan kandungan bahan kimia berupa pemanis dan pengawet buatan tak lepas dari keseharian kita. Salah sa..
Shella Rafiqah Ully
04 Maret 2019
Sari Cuka Apel (Apple Cider Vinegar) Untuk Turunkan Berat Badan? Bisa Banget Kok!
Selain cita rasanya yang segar, sari cuka apel (Apple Cider Vinegar) mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B1, ..
Shella Rafiqah Ully
26 Februari 2019