Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Macam-Macam Diet yang Wajib untuk Dicoba di Rumah

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Apr 2021
Clock Icon
4 menit
Macam-macam diet wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Diet ada banyak macamnya dan tujuan orang melakukan diet pun juga berbeda-beda. Tidak hanya atas dasar ingin mengurangi berat badan, diet bisa dilakukan dengan alasan lain yang juga tentunya memberikan manfaat baik untuk tubuh. Macam-macam diet yang variatif bisa dilakukan di rumah namun tentu harus dengan cara yang tepat dan sesuai dengan tujuan melakukan diet itu sendiri.

Kondisi tubuh seseorang tentu berbeda-beda da nada yang perlu melakukan diet demi memiliki tubuh yang sehat. Macam-macam diet yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mudah dilakukan di rumah ada beberapa macam, apa saja itu?

banner consideration shipping bg blue

1. Diet Nasi Putih


Diet yang pertama ini termasuk diet yang cukup terkenal dan banyak peminatnya. Diet ini sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Nasi putih dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ini bisa membuat berat badan naik jika tidak dikonsumsi dengan benar. Bahkan ada kondisi tubuh seseorang yang tidak bisa mengkonsumsi nasi putih terlalu banyak seperti tubuh yang dijangkiti diabetes.

Bagi orang yang melakukan diet nasi putih ini tetap harus mencukupi kebutuhan tubuhnya akan karbohidrat. Gunakan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat namun tidak terlalu tinggi seperti oatmeal, gandum, atau beras merah. Bahan makanan tersebut bisa dikombinasikan dengan sayur dan lauk agar lebih menyehatkan.

2. Diet Nasi Merah


Untuk diet yang satu ini bukan berarti dilarang mengkonsumsi beras merah namun sebaliknya. Orang yang memilih diet ini harus mengkonsumsi beras merah dan tidak boleh makan nasi putih. Beras merah meski mengandung karbohidrat namun ada vitamin dan mineral serta serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat. Lebih penting lagi beras merah kalorinya lebih rendah daripada nasi putih.

Diet ini cocok sekali bagi orang yang gula darahnya tinggi. Agar bisa lebih mengenyangkan perut, saat mengkonsumsi nasi merah bisa menambahkan dada ayam dan sayur hijau. Kombinasi makanan tersebut selain mengenyangkan juga sangat menyehatkan tubuh.

banner consideration promotion bg blue

3. Diet Keto


Macam-macam diet yang variatif ditandai dengan adanya diet keto ini. Diet ini dilakukan dengan mengurangi atau menghindari makanan yang kandungan karbohidrat serta proteinnya tinggi. Jadi orang yang melakukan diet keto lebih dianjurkan lebih banyak mengkonsumsi lemak daripada karbohidrat dan protein.

Tujuan dari diet keto adalah tubuh mencapai tahap ketosis atau kondisi dimana tubuh sedang memproses sumber makanan menjadi energi saat sudah tidak ada lagi asupan yang mengandung karbohidrat.

Dalam dunia kesehatan diet ini diperuntukkan orang yang terjangkit diabetes tipe 2 dan anak yang punya epilepsy. Penderita jantung lemah dan punya gangguan pada syaraf juga cocok melakukan diet ini agar tubuhnya bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Diet ini harus dilakukan dengan benar agar tidak membahayakan. Meski lemak yang harus banyak dikonsumsi bukan berarti makan sembarang makanan berlemak. Makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan lemak baik yang tinggi. Misalnya lemak pada telur, daging, ayam, ikan salmon, keju, sayur, dan mentega.

Catatan penting untuk yang melakukan diet keto adalah jangka waktunya. Diet ini tidak untuk dilakukan dalam waktu yang lama. Perlu konsultasi dengan dokter agar tidak membahayakan. Biasanya diet ini hanya dilakukan dalam waktu yang singkat karena ada alasan medis.

4. Diet General Motors


Diet yang selanjutnya adalah diet GM. Ini merupakan diet yang biasa disarankan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena ingin mencapai berat badan ideal. Dengan melakukan diet GM ini orang bisa menurunkan berat badan antara 6 sampai 8 kg dalam kurun waktu 7 hari.

Cara diet GM ini adalah dengan lebih banyak makan sayur dan buah daripada nasi. Tidak boleh mengkonsumsi minuman yang menggunakan gula. Lebih dianjurkan untuk minum susu kedelai dan banyak air putih. Diet ini sama dengan diet keto yang dilakukan untuk jangka pendek saja. Jika dilakukan dalam jangka waktu panjang kebutuhan tubuh akan lemak dan nutrisi lain akan kurang dan bisa membahayakan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itu dia macam-macam diet yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentu saja saat akan melakukan diet sebaiknya menanyakan pada ahli kesehatan atau ahli gizi terlebih dahulu agar tidak berujung bahaya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.