Makan Cokelat Bikin Tubuh Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta?

05 Des 2019 @ 12:23:54
Siapa yang setuju kalau cokelat adalah makanan paling digemari di dunia? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti sulit menolak lezatnya rasa cokelat apalagi saat dijadikan berbagai olahan makanan. Dibalik aromanya yang menggugah selera, rasanya yang juga lezat, katanya cokelat juga punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bener nggak sih?

Pertama, kita harus tau dulu dari mana cokelat dibuat. Cokelat adalah bahan makanan yang terbuat dari biji kakao, sebut saja Theobroma cacao dalam bahasa latinnya ya. Biji kakao yang dipanen ini kemudian lebih dulu difermentasi dan kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari yang terik. Setelah kandungan air dalam biji kakao benar-benar menguap, biji kakao kemudian disangrai sehingga menghasilkan biji kakao yang siap diolah. 

Jadi, Apa Saja Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh?

Cokelat mengandung sejumlah zat gizi seperti protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu, cokelat juga mengandung mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi. Wow, banyak ya! Pada cokelat hitam atau dark chocolate, kandungan magnesiumnya mencapai 36 mg per 100 kalori penyajian. Cokelat juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A dan sedikit kandungan vitamin B12. 

  • Cokelat hitam bagus bagi sirkulasi jantung

Menurut jurnal penelitian yang diterbitkan Federation of American Societies for Experimental Biology, cokelat hitam berkhasiat mengembalikan kelenturan arteri dan mencegah sel darah putih yang menempel di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah arteri yang kaku dan sel darah putih serta lemak dan kolesterol diketahui sebagai penyebab utama atherosclerosis, yaitu kondisi  adanya penumpukan plak di pembuluh arteri. 

  • Kandungan flavanoid pada cokelat bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit

Cokelat dikenal memiliki flavanoid atau flavanol, kadar antioksidan tinggi yang baik bagi kulit. Prof. Wilhelm Stahl dari Universitas Heinrich Heine di Dusseldorf, Jerman, melakukan penelitian untuk mencari hubungan antara konsumsi cokelat yang tinggi antioksidan dengan kemampuan kulit menahan dampak radiasi sinar ultraviolet (UV).

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi minuman cokelat dengan kandungan antioksidan yang tinggi tidak mengalami ruam kemerahan saat terpapar sinar UV pada dosis dan durasi waktu yang sama dibanding dengan peserta yang tidak mengonsumsi antioksidan tinggi.

Eits, meski punya manfaat dalam menjaga kulit, para peneliti sepakat kalau perlindungan terbaik kulit dari sinar UV adalah dengan menggunakan payung, kacamata hitam, atau krim anti UV loh ya. Jangan malah cuma ngandalin minuman cokelat saja!

  • Ada juga cokelat yang bisa menurunkan berat badan

“Jangan banyak-banyak makan cokelat, nanti gemuk.” Nggak asing kan dengan kalimat tersebut? Well, dilansir dari laman Women’s Health Mag, cokelat justru bisa membantu menurunkan berat badan. Namun perlu diperhatikan kalau ini hanya untuk jenis cokelat tertentu yang kandungan gulanya sangat sedikit ya, seperti dark chocolate.

Will Clower, seorang ilmuwan saraf dan penulis buku Eat Chocolate, Lose Weight menyebutkan bahwa menyantap cokelat 20 menit sebelum waktu makan dapat membantu menurunkan berat badan. Cokelat punya kandungan yang dapat memicu hormon untuk mengirim sinyal kenyang ke otak sehingga dapat mengurangi porsi makanan yang masuk.

  • Kandungan PEA pada cokelat bisa bikin kamu merasa bahagia

Cokelat membuat perasaanmu jadi lebih baik. Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), yaitu sejenis zat kimia yang dihasilkan otak ketika tubuh merasa bahagia. PEA akan mendorong otak untuk melepas endorfin yang membuat kamu merasa bahagia dan lebih baik. 

Nah, itulah beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh. Untuk konsumsi cokelat yang lebih sehat, disarankan untuk memilih dark chocolate atau cokelat hitam yang memiliki kandungan gula lebih sedikit ya. Kalau mau konsumsi berbagai olahan cokelat pastikan juga kandungan-kandungan lainnya aman sehingga tidak menghilangkan manfaat cokelat secara alami dan membuat tubuhmu tetap sehat. 

Jadi, cokelat bermanfaat bagi kesehatan tubuh itu mitos atau fakta? Ya, kamu sudah tau jawabannya sekarang.


Artikel Terkait

Banyak Khasiat, Inilah 6 Manfaat ginseng dan Cara Mengolahnya
Sebagai tanaman herbal yang populer, inilah berbagai manfaat ginseng dan cara mengolahnya..
Rizki Indra
01 Juli 2020
9 Manfaat Bawang Bombay yang Harus Diketahui
Inilah manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!..
Rizki Indra
30 Juni 2020
Ini 7 Manfaat Beras Kencur, Mampu Jaga Gula Darah Hingga Diare
Beras kencur adalah jamu asli Indonesia, inilah manfaat beras kencur untuk kesehatan..
Rizki Indra
30 Juni 2020