Makan Jengkol Nggak Perlu Khawatir Bau, Kamu Harus Mengolahnya dengan Cara Ini

15 Apr 2019 @ 23:39:15
Coba Lemonizen yang suka makan jengkol pada berani unjuk gigi nggak? As we know ya, efek bau yang ditimbulkan setelah makan jengkol sering bikin orang-orang jadi malu mengaku kalau sebenarnya doyan banget sama makanan nusantara yang satu ini. Apalagi kalau lagi makan di luar bareng teman kantor dan ketahuan pesan jengkol, wih pas balik ke kantor bisa jadi bulan-bulanan dan bikin jadi nggak percaya diri karena dijauhi teman perkara bau. Nggak heran sih kalau faktanya jengkol jadi makanan yang digemari banyak orang tapi enggan untuk diakui. 

Padahal, jika diolah dengan cara yang tepat bau pada jengkol bisa hilang lho. Nih, Moni bocorin rahasia mengolah jengkol agar tidak lagi bau buat para Lemonizen. Check it out!

  • Coba Presto dengan Campurkan Berbagai Rempah

Rendam jengkol terbaikmu sehari semalam baru setelah itu kupas bersih. Ambil beberapa rempah seperti lengkuas, daun jeruk, daun salam dan serai campurkan ke dalam jengkol lalu presto selama 1 jam. Jengkol hasil presto siap untuk langsung diolah menjadi berbagai masakan. 

Cara ini sudah terbukti ampuh menghilangkan bau jengkol. Ini adalah rahasia yang dibocorkan oleh pemilik warung terkenal ‘Republik Jengkol’ untuk setiap olahan jengkol tak berbau yang laku keras di warung tersebut. Silakan dicoba ya, Lemonizen.

  • Rebus Jengkol dengan Daun Jambu Biji

Kalau kamu nggak punya panci presto di rumah, jangan berkecil hati dulu. Kamu bisa pakai cara lain untuk hilangkan bau pada jengkol yaitu dengan merebusnya bersama daun jambu biji. Sebelum direbus jengkol harus direndam semalaman dulu ya.

Setelah itu siapkan 3-5 lembar daun jambu biji berukuran sedang lalu cuci bersih, kemudian rebus jengkol yang sudah direndam semalaman bersama dengan daun jambu biji selama 10-15 menit. Ternyata, nggak hanya berkhasiat menetralisir bau, daun jambu biji juga bisa mengurangi kandungan racun pada jengkol.

  • Rendam dengan Air Cucian Beras Sebelum Dimasak

Kalau di dekat rumahmu susah menemukan daun jambu biji kamu bisa pilih cara ini untuk hilangkan bau jengkol yang akan diolah. Pertama, kupas dan cuci bersih jengkol lalu belah tiap keping bijinya menjadi dua bagian, siapkan pula air bekas cucian beras lalu rendam di dalamnya.

Merendam jengkol dengan air rendaman beras harus dilakukan beberapa kali. Jadi, setelah 24 jam buang air rendaman jengkol yang sebelumnya lalu ganti dengan air cucian beras yang baru dan rendam kembali selama 24 jam. Ulangi hingga 2-3 kali untuk memastikan bau semakin berkurang.

  • Rebus dengan Campuran Kopi Bubuk

Cara terakhir untuk menghilangkan bau pada jengkol bisa dengan merebusnya bersama campuran kopi bubuk. Caranya, cuci bersih jengkol lebih dulu lalu rebus bersama kopi bubuk tanpa gula. Rebus selama satu jam saja dengan api kecil. Cara ini berguna untuk menetralisir bau lho kata Leo Gendro chef dari Asosiasi Chef Indonesia (ICA). 

Nah, Lemonizen tunggu apa lagi? Segera tunaikan hasrat makan jengkolmu yang sudah tak terbendung lagi itu. Kini tak perlu malu dan bisa nikmati empuknya daging jengkol dengan percaya diri tanpa khawatir bau lagi. Selamat mencoba!



Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Ayah milenial berbeda dengan ayah generasi sebelumnya. Mereka membangun hubungan yang setara dalam hal mengurus rumah ta..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Mudik bersama si kecil sering bikin repot dan panik. Berikut tips mudik anti panik yang bisa orang tua terapkan sebelum ..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Menyantap aneka gorengan yang diolah dalam minyak goreng memang nikmat, namun kerap dianggap kurang sehat. Simak cara me..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019