Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Makanan Penambah Hemoglobin untuk Ibu Hamil Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Tambah hemoglobin dengan makanan penambah hemoglobin.
Hemoglobin merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan penambah hemoglobin karena rentan mengalami kadar hemoglobin yang rendah. Kadar hemoglobin yang rendah juga disebut dengan anemia. Menurut para ahli sekitar 40 persen ibu hamil di seluruh dunia mengalami kekurangan hemoglobin.
banner consideration shipping bg blue

Oleh sebab itu, para ibu hamil harus tahu makanan penambah hemoglobin untuk mencegah anemia. Jika tidak segera ditangani dan dicegah dapat menimbulkan risiko yang cukup fatal. Diantaranya yaitu bayi yang dikandung lahir prematur, ibu dan bayi mudah terserang infeksi, dan bayi mengalami cacat lahir atau terjadi gangguan tumbuh kembang pada sang bayi.
 
Bahkan kekurangan hemoglobin juga dapat menyebabkan bayi meninggal sebelum atau setelah dilahirkan. Untuk itu sebaiknya kamu menyimak daftar makanan penambah hemoglobin berikut!

1. Makanan Mengandung Zat Besi



Zat besi merupakan zat utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan sebelum hamil, menurut para ahli ibu hamil disarankan untuk mendapatkan asupan zat besi sebanyak 27 mg per harinya. Saat menginjak trimester ketiga kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak lagi yaitu sebanyak 40 mg per hari. Makanan yang tinggi kandungan zat besi yaitu daging merah, telur, bayam, brokoli, tahu, kacang polong  kerang, dan biji-bijian utuh.

2. Makanan Mengandung Vitamin B12



Selain zat besi, vitamin B12 juga sangat dibutuhkan agar produksi hemoglobin dalam sel darah meningkat dan berjalan secara optimal. Itu karena tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk mendaur ulang sel darah merah lama yang telah rusak menjadi sel darah merah baru. Maka dari itu kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kurangnya kadar hemoglobin dalam darah pada ibu hamil.
banner consideration promotion bg blue

Menurut para ahli ibu hamil sebaiknya mendapatkan asupan vitamin B12 sebanyak 2,6 mcg per harinya. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu kedelai, kacang polong, gandum, jeruk, telur, susu, sereal, bayam dan sayuran hijau lainnya.

3. Makanan Mengandung Asam Folat



Asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Asam folat berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi dalam kandungan. Menurut para ahli ibu hamil disarankan mendapat asupan asam folat sebanyak 400-500 mcg per harinya. Makanan yang mengandung tinggi asam folat diantaranya adalah daging, kacang kedelai, kacang polong, telur, alpukat, pisang, pepaya, jeruk, lemon, anggur, bayam, dan brokoli.

4. Makanan Mengandung Vitamin C



Vitamin juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar tubuh dapat menyerap zat besi dengan optimal. Agar sistem tubuh dapat menyerap zat besi lebih maksimal lagi disarankan untuk menghindari mengkonsumsi teh, kopi, dan minuman beralkohol. Sebab, minuman tersebut dapat menghambat tubuh dalam melakukan penyerapan zat besi.

Sehingga kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kurangnya kadar hemoglobin dalam tubuh ibu hamil. Beberapa makanan mengandung vitamin C diantaranya adalah jeruk, stroberi, kiwi dan lain-lain.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itulah makanan penambah hemoglobin untuk ibu hamil agar tidak mengalami anemia yang beresiko fatal jika terjadi. Saat mengandung ibu hamil memang dituntut untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan selalu memprioritaskan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya. Dengan begitu, kesehatan bayi dan ibu bisa terjaga dengan optimal dan tumbuh dengan baik.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.